Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 13 Juni 2019

Menjaga Jodoh Orang dalam Novel "Dilan"

Disusun Oleh : KHOEROTUL FIYANI



Judul Buku          : Dilan 1990
Penulis                : Pidi Baiq
Tahun Terbit        : 2015
Penerbit              : Pastel Books
Jumlah halaman : 332 halaman
Nomor Edisi        : ISBN 978-602-7870-41-3
Harga                  : Rp. 50.000,-

Sinopsis

Dilan: dia adalah Dilanku 1990 adalah novel ke sembilan dari penulis yang bernama Pidi Baiq.  Seorang pria multitalenta, yang lahir di Bandung, 8 agustus 1972. Pidi Baik adalah seorang seniman yang punya banyak kelebihan. Selain sebagai seorang musisi dan pencipta lagu, ia juga seorang penulis, ilustrator, pengajar dan komikus. Pidi Baiq mengaku imigran dari surga yang diselundupkan ke Bumi oleh ayahnya di Kamar Pengantin dan tegang. Banyak tuliasan yang telah dihasilkan oleh seorang seniman ini. Diantaranya buku yang berjudul Drunken Monster, Drunken Molen, Drunken Mama, Drunken Marmut, Al-Asbun, At-Twiter,  Hanya Salju Pisau Batu dan pidi baik juga menulis novel yang berjudul “Dilan: Dia Adalah Dilnku Tahun 1990. Novel Dilan bergenre romantic. 

Novel Dilan ini diangkat dari kisah percintaan di masa-masa SMA. 2 tokoh yang diangkat adalah Milea dan Dilan. Dilan adalah sosok lelaki yang memiliki kepribadian yang cukup aneh, pasalnya ia adalah cowok yang bandel dan sering berulah, ia pun sering mengikuti kegiatan geng motor, namun anehnya Dilan ini selalu mendapatkan peringkat pertama di kelasnya. Hal ini yang membuat Milea penasaran dengan sosok Dilan. Walaupun Dilan sering dikenal banyak ulah namun cowok cerdas ini menyukai sastra yang selalu ia buat untuk Milea.

      Novel Dilan ini seolah menceritakan curhatan hati dari seorang Milea yang hanyut dalam gombalan dari Dilan, ia bingung dengan sikap Dilan yang aneh, seolah mengungkapkan perasaannya pada Milea namun seperti diambang, karena Milea tidak mendapatkan suatu kepastian dari Dilan.

       Dilan adalah sosok cowok yang sangat menyukai sastra sehingga dalam menyatakan cinta pun ia memiliki cara yang berbeda dan unik sehingga Milea merasa bingung dengan perasaan Dilan yang sesungguhnya Milea. Kisah Dilan ini diangkat seperti tahun 1990 yang sangat unik, walaupun kisah ini menceritakan kisah percintaan masa putih abu-abu namun ini dikemas dengan cara yang berbeda.

Kelebihan yang terdapat dalam novel ini penulis Pidi Baiq berhasil membuat para pembacanya terbawa perasaan dengan kisah percintaan Dilan dan Milea. Bahasa yang digunakan oleh penulis pun ringan dan dapat dengan mudah diterima oleh para pembaca. Kisah Dilan ini diangkat dari kisah nyata dan berhasil membuat para pembaca sangat penasaran dengan apakah benar adanya sosok Dilan dan Milea dikehidupan nyata. Dalam novel ini juga dibubuhi dengan gambar SD yang membuat para pembaca tidak bosan.

Hanya saja dibagian akhir cerita Dilan ini sepertinya masih menggantung dan tidak diberikan titik yang jelas sehingga para pembaca dibuat penasaran. Masih banyak kisah yang belum terjawab dari novel Dilan ini, seolah menggantung dan banyak sekali konflik yang belum terselesaikan dari kisah novel Dilan. Kekurangannya juga penulis menggambarkan sosok Dilan yang sangat romantis dengan kata-kata namun tidak memberi kepastian untuk Milea.

       Terlepas dari kelemahan-kelemahannya, novel ini memiliki manfaat sebagai penghilang stress. Mengapa tidak, pada hampir seluruh bagiannya penulis mengajak para pembaca untuk terus tertawa dengan karakter jenaka dan cerita yang menghibur para pembacanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar