Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 14 Juni 2019

Cinta Gak Pernah Salah

Disusun Oleh : LULU SEPTIANA



Judul          : SUMMER BREEZE (NOVEL)
Jenis Buku : Novel / fiksi
Penulis         : ORIZUKA
Penerbit : Puspa Swara, Anggota Ikapi
Tahun Terbit         : 2006
Jumlah Halaman  : IV + 216 halaman
ISBN : 979 24 4862 4
Harga Novel : Rp 35.000
   
          Novel ini bercerita mengenai kisah tiga anak manusia yang terlibat cinta segitiga. Dimana mereka adalah Reina, Ares dan Orion. Ares dan Orion merupakan saudara kembar. Ketika masih kecil mereka membuat janji yang akan mereka tepati 10 tahun ke depan. Mereka menuliskan apa yang mereka inginkan dalam bentuk surat dan mengubur surat tersebut.Orion dan Ares merupakan saudara kembar yang sangat berbeda sifatnya. Ares adalah preman kampus. Ia ditakuti oleh anak-anak kampus. Semua orang menganggap dia bodoh, terutama ayahnya. Ayahnya sangat membenci dia. Ia sangat tidak suka kelakuan Ares yang berantakan. Bagi dia, semua kelakuan yang dilakukan Ares salah di matanya. Berbeda dengan saudara kembarnya, Orion.
          Orion sangat disukai oleh semua orang, baik di kampus maupun di rumahnya. Sifatnya berkebalikan 180◦ dari saudara kembarnya. 10 tahun kemudian, datanglah seorang wanita dihadapan mereka berdua ketika mereka berdua merayakan ulang tahunnya, yaitu Reina, teman mereka sejak kecil. Bagi Orion Reina merupakan kado terindah saat ulang tahun. Berbeda dengan Ares, ia sama sekali tidak menanggapi kedatangan Reina. Reina sangat mencintai Ares dan Orion. Tetapi, Reina lebih sayang dan cinta terhadap Ares. Ketika Orion mengetahui bahwa Reina lebih memilih saudara kembarnya daripada dia, dia sangat marah.
          Karena selama ini, Orion sangat mencintai Reina. Ternyata, Ares mengidap penyakit disleksia. Di mana penyakit ini, ia tidak bisa membaca tulisan. Ketika Reina mengetahui ini, ia sangat sedih. Suatu hari, Reina berniat membuka surat permohonan mereka yang 10 tahun lalu. Disitulah Reina menunjukkan permohonanya dahulu, yang isinya, “Reina pegen selalu bersama Ares, habis Reina suka sama Ares”. Di situlah mereka sadar bahwa sebenarnya mereka memiliki perasaan yang sama. Ketika melihat pertandingan basket, tim Orion menang melawan tim dari universitas kencana. Namun, dibalik kemenangan tim Orion ada seseorang yang tidak menyukai kemenangan Orion, yaitu Reno. Ia pun menyuruh beberapa orang untuk menghabisi Orion. Saat orang-orang suruhan Reno memukuli Orion, datanglah Ares yang membantu Orion. Sehingga Ares babak belur dan sempat koma selama 1 bulan, hingga tidak lama Ares pun meninggal dunia.
          Alurnya jelas, sehingga membuat para pembaca seperti ikut merasakan suasana  sesuai dengan isi cerita. Menceritakan tentang kesetiaan dan keteguhan seorang gadis meski sudah berpisah selama puluhan tahun, Isi dari novel tersebut menggunakan kata-kata yang sederhana, sehingga pembaca lebih mudah memahami novel tersebut.
          Ada beberapa kata yang menggunakan bahasa Inggris, sehingga membuat bingung pembaca dalam memahami kata-kata tersebut, Isinya sebagian kecil menceritakan tentang kebiasaan merokok dan perkelahian yang tidak patut di contoh.
Novel karya Orizuka ini memang cukup menarik dan sangat cocok di baca oleh semua kalangan khususnya para remaja. Novel ini dapat menginspirasi seseorang yang dapat terus berjuang meskipun sedang mengalami penyakit disleksia dan ia juga dapat mengejar cita-citanya meskipun dengan penuh perjuangan dan pengorbanan. Dan novel ini juga mengajarkan tentang artinya perhatian dan komunikasi dalam keluarga.
Pengarang seharusnya mencantumkan data diri lengkap agar pembaca mudah memahami latar belakang kehidupan pengarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar