Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 13 Juni 2019

BELAJAR UNTUK TETAP BERUSAHA BERSAMA JUNO

Penulis: Jacob Julian
Penerbit: Moka Media
Hlm. + Ukuran: iv + 296 hlm; 12,7 x 19 cm
Terbit: 2014 (cetakan pertama)
Genre: Komedi


Comedy of Juno adalah buku yang dibuat oleh Julian Jacob. Buku ini berkisah mengenai perjuangan seorang pria bernama Juno. Dia adalah vokalis dari band rocker miliknya yang bernama Botani Bonsai. Sayangnya, Juno mengalami kesialan. Sudah jatuh tertimpa tangga, mungkin itulah nasib yang menimpa Juno. Sudah didepak dari band-nya sendiri oleh temannya, dia pun kehilangan cintanya. Namun, cita-cita Juno untuk mengguncang panggung tidak padam begitu saja. Tidak bisa jadi rocker, jadi comic pun tak mengapa.
Stand-up comedy memang sedang naik daun belakangan ini. Sayangnya masih sangat jarang cerita-cerita tentang comic diboyong ke ranah buku. Kalaupun ada, ya itu tadi, isinya lebih mirip materi lawakan yang sering kita saksikan di layar kaca. Boleh dibilang Comedy of Juno membawa angin segar karena tak sekadar melawak tapi juga bercerita tentang perjuangan seseorang menjadi stand-up comedian. Apalagi Jacob pun memberi kita insight tentang dunia comic di belakang panggung yang cukup menarik.
Proses perjuangan Juno tidaklah instan. Ada jatuh bangunnya. Jacob membangun ceritanya dengan sabar dan tidak tergesa-gesa. Sayangnya, di bagian tengah cerita, kegalauan Juno terasa berlarut-larut sehingga terasa membosankan. Cerita semakin mandek dan terasa berat untuk dilanjutkan akibat faktor teknis, seperti typo yang bertebaran di mana-mana. Alur baru lancar lagi begitu Juno naik ke panggung dan mulai mahir menjadi seorang comic.

Lalu bagaimana soal komedinya? Saya sendiri menyukai humor-humor ala stand-up comedy. Komedi yang dibawakan Juno cukup jenaka mampu memancing saya untuk tertawa beberapa kali, walau tidak sampai membuat saya terpingkal-pingkal. Hook dan punchline-nya akan lebih efektif jika beberapa materi comic-nya tidak terlalu panjang. Dan, terus terang saya pun berharap Jacob juga bisa berkelakar lebih lepas di narasinya juga, tak hanya saat Juno naik ke panggung.
Mereka bilang dying is easy, comedy is hard. Jacob memang tidak gagal dalam melucu meski tidak meninggalkan kesan yang kuat, tapi yang jelas Jacob berhasil memberi kisah komedi yang berisi, tentang perjuangan meraih mimpi. Memang benar, jika satu pintu kesempatan tertutup, pintu kesempatan lainnya terbuka. Jacob membukakan pintu itu untuk Juno dengan semangat penuh tawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar