Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 13 Juni 2019

Awal Mula Cinta Dilan dan Milea

Identitas Buku
Judul buku     : Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990
Pengarang     : Pidi Baiq
Penerbit     : PT. Mizan Pustaka
Tahun Terbit     : 2015
Jumlah Halaman : 346

Pendahuluan
“Dilan: dia adalah Dilanku 1990” adalah novel ke sembilan dari penulis yang bernama Pidi Baiq.  Pidi Baiq adalah seorang penulis yang lahir di Bandung, 8 Agustus 1972. Selain sebagai seorang penulis, ia juga seorang musisi dan pencipta lagu. Banyak tulisan yang dihasilkan oleh seorang seniman ini. Diantaranya adalah Drunken Monster, Drunken Molen, Drunken Mama, Drunken Marmut, Al-Asbun, At-Twiter,  Hanya Salju Pisau Batu dan pidi baik juga menulis novel yang berjudul “Dilan: Dia Adalah Dilnku Tahun 1990.”
Novel ini berceritakan tentang seorang remaja bernama Dilan. Sebutannya adalah ‘Panglima Tempur’ dalam keanggotaannya sebagai geng motor. Suatu saat, Dilan bertemu seorang perempuan bernama Milea. Ia jatuh cinta kepada Milea. Cerita ini dikemas dengan sangat menarik sehingga membuat banyak orang ingin membacanya. Apalagi novel ini bercerita tentang percintaan anak SMA pada tahun 1990 yang diceritakan seromantis mungkin dan diselingi oleh beberapa kejadian lucu.
Isi Resensi
Novel Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 menceritakan tentang kisah cinta Milea. Milea adalah seorang murid baru pindahan dari Jakarta. Saat ia berjalan menuju sekolah, ia bertemu dengan seorang teman satu sekolahnya, seorang peramal. Peramal itu mengatakan bahwa nanti mereka akan bertemu di kantin. Awalnya Milea tidak menghiraukan laki-laki peramal itu, tapi setiap hari laki-laki peramal tersebut selalu mengganggunya. Mau tidak mau, Milea mulai mencari tahu, laki-laki peramal itu bernama Dilan.
Suatu hari, saat Dilan mengikuti Milea pulang dengan angkot ia berkata, “Milea, kamu cantik, tapi aku belum mencintaimu. Enggak tahu kalau sore. Tunggu aja”. Milea diam mendengar ucapan itu, ia juga memikirkan Beni, pacarnya yang ada di Jakarta.
Dilan mendekati Milea dengan cara yang unik, mungkin itu yang membuat Milea selalu memikirkannya. Dilan memberikan coklat kepada Milea melalui tukang pos, Dilan membawa Bi Asih untuk memijiti Milea saat sedang sakit, Dilan memberikan hadiah Teka Teki Silang pada Milea sebagai hadiah ulang tahun dengan sebuah tulisan “Selamat ulang tahun, Milea. Ini hadiah untukmu, Cuma TTS. Tapi sudah kuisi semua. Aku sayang kamu. Aku tidak mau kamu pusing kaena harus mengisinya. Dilan”. Seiring berjalannya waktu, mereka menjadi akrab. Milea mulai mengetahui beberapa hal tentang Dilan.
Keunggulan Buku
Novel Dilan: Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 memiliki beberapa keunggulan seperti cerita yang mudah dimengerti karena memuat banyak dialog dengan bahasa yang mudah dipahami pula. Novel ini memiliki ukuran teks yang pas sehingga nyaman untuk dibaca. Selain itu, novel ini juga memiliki alur yang jelas dan menarik karena berkisah tentang percintaan anak SMA pada tahun 1990.
Novel ini juga memiliki cerita yang ringan sehingga mudah dipahami dan menarik. Sampul depan novel ini juga terlihat menarik karena terdapat ilustrasi tokoh Dilan yang tergambar sesuai dengan cerita dalam novel. Banyak humor yang dipaparkan dalam novel ini sehingga membuat ceritanya tidak bosan. Selain itu, dalam novel ini juga banyak ilustrasi gambar yang membuat pembaca dapat membayangkan situasi saat itu.
Kekurangan Buku
Novel ini juga memiliki kekurangan yaitu humor dalam novel ini, cenderung menggunakan menggunakan bahasa yang terlalu baku sehingga terkesan terlalu kaku.

Penutup
Novel ini memiliki cerita yang menarik dan mudah dimengerti oleh banyak orang. Novel ini menceritakan tentang percintaan anak SMA sehingga banyak yang tertarik untuk membaca novel ini karena ceritanya ringan. Tetapi humor yang dipaparkan dalam novel ini terkesan terlalu kaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar