Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 13 Juni 2019

Seseorang yang patah hati

DISUSUN OLEH: ALSEFIA FADIYANI

Judul                                        : Koala Kumal
Nama pengarang                  : Raditya Dika
Tanggal terbit                        : 17 Januari 2015
Penerbit                                  : Gagas Media 
Tebal halaman                      : 250 halaman
Harga                                      : Rp 59.000,00
ISBN                                        : 0000768150
Genre                                      : Comedy,drama
     Proses menuju kedewasaan adalah hal yang lumrah bagi seorang penulis. Perubahan itu bakalan terasa kepada pembaca setia yang memang dari awal mengikuti karya sang penulis. Reaksinya pasti berbeda-beda kepada penulis. Tapi kebanyakan yang terjadi adalah kecewa berat karena penulis tersebut karyanya langsung meledak. Apakah raditya dika termasuk dalam kategori sukses pada karya perdana nya ? jelas . kambing jantan menggebrak dengan menawarkan sesuatu yang berbeda, komedi kasar yang merupakan adaptasi langsung dari blog.
Raditya dika yang akrab dipanggil dika. Dia adalah seorang penulis muda yang hebat, banyak karya-karyanya yang membintangi sebuah film terlaris dimasanya. Sekarang ini dia liris novel ketujuh yang berjudul koala kumal. Ini merupakan film komedi yang banyak ditunggu oleh penggemanya, karena sudah 3 thn berhenti menulis buku. Sekarang di tiga tahun ini, dia disibukkan proyek populer malam minggu miko dan film dari adaptasi novel-novelnya. Dimana dia berperan sebagai penulis skenario,pemain, sekaligus sutradara.

      Koala kumal ini sebuah novel yang menjelaskan tentang patah hati. Tentang orang yang dulunya saling memberi rasa nyaman , namun saat bertemu lagi perasaan itu sudah berubah toal. Persis seperti seekor koala yang berimigrasi  dari hutan tempat tinggalnya , namun saat kembali koala itu kebingungan karena hutan yang pernah jadi rumahnya habis dibabat manusia.mayoritas isinya tentang patah hati, tentang kenyamanan yang punah ditelan cinta yang baru. Koala kumal sedikit lebih tipis dari buku-buku sebelumnya. Judul-judul buku sebelumnya juga memakai nama-nama binatang.
       Koala kumal menceritakan seorang cowo yang bernama dika . dia adalah cowo yang baru saja batal menikah karena pacarnya selingkuh dengan cowo yang bernama james. Patah hatinya membuat dika kesulitan menulis bab terakhir dari bukunya. Suatu hari dika bertemu dengan cewek yang bernama Trisna cewek yang unik membuat pandangan Dika terhadap dunia menjadi berbeda. Dika pun pergi bersama Trisna mereka menjadi akrab. Trisna berniat membantu tugas akhirnya untuk menulis bab terakhir dalam bukunya. Karena dia masih patah hati dengan Andrea. Trisna pun mencoba membuat Dika berhenti patah hati. Trisna menyuruh Dika membalas dendam kepada Andrea.

      Kelebihan novel ini adalah dari segi penyampaian ceritanya yang menggunakan bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti oleh semua kalangan. Selain itu dalam segi isi cerita yang bergenre komedi dan kisahnya mampu membuat lucu, tertawa para pembaca. Mengajak untuk melupakan orang yang telah menyakiti. Banyak kata penyemangat dan motivasi
     Kekurangan novel sendiri tidak terlalu banyak ,ada saja bahasa yang vulgar dan bahasa yang sedikit gaul sehingga sebagian pembaca kadang kurang mengerti secara pasti. Cerita klimaks nya kurang greget.Lalu ada juga pesan-pesan yang kurang mengenakkan seperti dendam . namun kekurangan tersebut bisa ditutupi dengan adanya mudah dipahami dan dapat disembunyikan adanya lelucu.

     Kesimpulan dari novel yang saya baca ini adalah menarik untuk dibaca, banyak kata-    kata motivasi, kata penyemangat , tepat dibaca oleh siapa saja. Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari koala kumal, terutama bagi yang sedang patah hati. Patah hati adalah proses menuju kedewasaan . sering patah hati tidak berarti kita harus putus asa mengejar cinta yang harus kita perjuangkan. Kalau cinta memang butuh perjuangan. Tanpa perjuangan cinta itu kosong. Tidak banyak kata yang bisa saya katakan hanya sepenggal resensi buku ini. Maaf jika masih banyak salah dalam penulisan dan kurang tepatnya saya berucap. Banyak kurang lebih nya saya mohon maaf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar