Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 14 Juni 2019

Sampai Kapan pun, kau adalah milikku dalam novel “MINE”

DISUSUN OLEH DELIA PUTRI PUSPITA



Judul                          : Mine
Penulis                     : Dewi Wulansari
Penerbit                     : Pastel Books
Tahun Terbit             : Pertama, Juli 2017
Tempat penerbit       : Bandung
Jumlah Halaman     : 304 halaman
ISBN                        :  978-602-6716-02-6
Harga                       : Rp. 60.000
                         
           



Arnetta Zahra Prasetya mengikuti MOS saat menjadi siswa baru Sekolah Menengah Atas. Sewajarnya, remaja SMA ada keisengan para panitia. Netta menjadi salah satu korban keisengan mereka, dia diminta untuk menembak salah satu teman mereka yang bernama Aiden. Anehnya, seperti tanpa berpikir Aiden pun mengiyakan menjadi pacar Netta.
Netta kaget, teman-teman Aiden yang menyuruh Netta pun kaget. Meski memang itu termasuk harapan mereka. Aiden terkenal sebagai siswa yang cool. Ya, dia pendiam, dingin baik kepada laki-laki ataupun perempuan. Tentu ini ada sebabnya. Dia galau, atau masih tidak bisa move on karena diputus oleh pacarnya.
Sebenarnya Aiden sendiri heran, mengapa dia mengucapkan kata “Oke” ketika ditembak Netta. Padahal itu pertemuan pertama mereka dan tentu saja tidak saling mengenal. Awalnya, dia berpikir untuk bermain-main, namun melihat ada yang berbeda dari Netta, akhirnya dia pun menyeriusi hubungannya dengan Netta.
Kisah kemudian, cukup datar. Hanya soal anak kehidupan anak SMA, persahabatan dan juga Aiden dan Netta. Makan bersama, dijemput, diantar dan sebagainya.  Aiden pun bisa melupakan mantan pacarnya, Lisna. Dia merasa akan bahagia bersama Netta.
Namun, masalah kemudian datang. Bella, teman sejak kecil Aiden menjadi penyebabnya. Dia mengatakan kepada Netta bahwa Aiden hanya menjadikan Netta menjadi tempat pelampiasan. Karena selama ini Aiden masih akan terus menunggu Lisna. Tentu saja, Netta menjadi sedih, ditambah lagi Aiden sempat mengatakan bahwa apa yang diucapkan Bella itu benar.
Apa yang diucapkan Bella itu benar, ketika di awal-awal menjadi pacar Netta, namun akhirnya Aiden pun mencintai Netta dan dia ingin serius. Mendengar penjelasan Aiden, Netta pun memberi kesempatan kedua kepada Aiden. Padahal, Netta bisa jadi akan menyukai kembali orang yang dulu sempat dia sukai sebelum berpacaran dengan Aiden, yaitu Daffa teman kakak Netta Arya.
Ketika Netta terluka, sedih juga marah karena dibohongi Aiden, Daffalah yang menemani dan menghiburnya. Tetapi, Netta dan Aiden kembali berpacaran. Dan tentu saja, kisah dalam novel ini masih memiliki konflik. Yang membuat saya cukup suka, adanya konflik keluarga.
Ketika Aiden mendengar Papanya dikeluarkan dari kantor tempat bekerjanya, Aiden ingin membantu Papa dan keluarganya. Dia menjadi tukang ojek, meski harus dia lakukan dengan bolos sekolah. Arya menjadi pembicaraan di sekolah, juga di luar sekolah. Karena ada yang melihat dia membonceng banyak wanita, mereka mengira Arya berubah menjadi nakal.
Hingga akhirnya Arya bermasalah dengan guru, dan orangtuanya mengetahui. Setelah ada pembicaraan yang awalnya cukup sengit, akhirnya Arya sadar, dia akan membantu orangtua dengan cara belajar yang baik di sekolah.
Konflik masih ada namun masih seputar masalah Aiden dan Netta, dan Lisna kembali datang ke kota mereka. Hingga konflik tajam, cukup berat, namun penyelesaian yang terlalu mudah. Meski begitu, novel yang ketika akan diterbitkan oleh penerbit telah dibaca hampir 4 juta kali dibaca di wattpad ini layak untuk dijadikan teman menemani weekend Anda.
Tidak hanya menghibur, namun ada makna, salah satunya dari kutipan di dalamnya ini. “Enggak semua yang diucapkan oleh orang lain itu bener, dan enggak selamanya salah. Dan kalau lo Cuma terima informasi orang mentah-mentah, gue yakin lo bakal nyesel pada akhirnya.”
Telah di baca hampir 4 juta kali di wattpad, Ceritanya mudah di pahami untuk para pembaca, bahasanya menarik untuk para remaja
Di halaman 286 chapter 35 belum di cetak dengan dengam sempurna masih ada halaman yang kepotong
Novel Mine sangat menarik untuk para remaja ceritanya seperti yang ada di kehidupan nyata alurnya sangat mudah di mengerti
Sebaiknya dalam mencetak harus lebih teliti supaya tidak ada kesalahan sehingga membacanya kurang mengerti. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar