Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 13 Juni 2019

CINTA YANG MULAI TUMBUH KEMBALI DALAM NOVEL RAIN OVER ME


Penulis Resensi : DWI RIZKI APRILIYANI
                   Kelas : XI AKUNTANSI 2



Judul Novel        : Rain Over ME (dan cinta pun kembali menyapa)
Penulis                : Arini Putri
Penerbit              : Gagas Media
Tahun Cetak       : 2011
Kota Terbit          : Jakarta
Tebal  Buku         : 360 halaman

Rain Over Me (dan cinta pun kembali menyapa) merupakan sebuah novel yang bergenre romance yang mengungsung tema korea. Novel pertama hasil karya Arini Putri ini mengisahkan kisah cinta seorang pemuda keturunan korea bernama Hyu Bin yang tidak bisa melupakan dan berpindah kelain hati terhadap cinta pertamanya yang terlarang.
Pada awalnya Hyu Bin adalah seorang anak yang nakal, kasar dan keras kepala. Ketika ayahnya menikah lagi dengan wanita keturunan Indonesia yang memiliki seorang anak perempuan bernama Yuna, sifat Hyu Bin yang seperti itu perlahan menghilang karena sikap lembut yang diberikan Yuna. Setiap hari Yuna memberikan sikap perhatian dan lembut kepada Hyu Bin sehingga membuat Hyu Bin jatuh hati kepada Yuna. Hyu Bin tahu bahwa cintanya itu terlarang karena menyukai adik tirinya dan ia berusaha untuk menghentikan rasa cintanya.
Pada saat itu, Nenek Yuna yang berada di Indonesia sedang sakit yang mengharuskan ibunya pulang ke Indonesia dan tinggal untuk sementara waktu di Indonesia dengan membawa Yuna ikut pergi bersamanya. Beruntung sekali karena kejadian itu, Hyu Bin dan Yuna berpisah sehingga dapat menghetikan rasa cinta yang berkembang dalam diri Hyu Bin.
Sejak kepergiaan Yuna, Hyu Bin sangat merasa sedih dan sikap buruk yang pernah ada dalam dirinya kembali muncul. Ayah Hyu Bin yang mengetahui sikap Hyu Bin menjadi anak yang susah diatur langsung menghukum Hyu Bin. Hyu Bin dihukum untuk bekerja disalah satu restaurant milik ayahnya. Saat bekerja disana Hyu Bin bertemu dengan seorang gadis yang juga bekerja sebagai pelayan restaurant bernama Han Chae Rin. Chae Rin memiliki sikap yang galak tetapi dia sangat baik dan ramah terhadap semua orang. Sikap galak yang dimiliki Chae Rin sering membuat Hyu Bin menjadi sangat kesal karena sikapnya itu hanya diberikan kepada Hyu Bin. Chae Rin sangat membenci Hyu Bin dikarenakan Hyu Bin adalah anak orang kaya. Pada saat masih kecil, Chae Rin mempunyai kenangan buruk dan pahit terhadap orang kaya sehingga ia membenci Hyu Bin.
Walaupun Hyu Bin sering kesal dan sering bertengkar dengan Chae Rin, tetapi ketika Chae Rin didekati pria lain Hyu Bin merasa tidak suka terhadap pria itu. Terutama saat Chae Rin sedang dekat dengan pria bernama Jeon Suk. Jeon Suk adalah seorang pria yang sudah lama menyukai Chae Rin dan ia terus berusaha untuk merebut hati dan perhatian Chae Rin, tetapi Chae Rin tidak pernah menanggapi perasaanya. Chae Rin bersikap seperti itu karena Jeon Suk juga seorang anak dari keluarga kaya.
Sekian lama akhirnya Yuna pun kembali ke korea untuk bertemu Hyu Bin. Hyu Bin yang dapat bertemu dengan malaikat kecilnya lagi sangat senang sekali. Hyu Bin dan Yuna akhirnya bisa bersama lagi. Yuna sering datang ke restaurant tempat berkerja Hyu Bin. Chae Rin yang melihat kebersamaan mereka mulai merasakan perasaan cemburu, karena ia melihat Hyu Bin lebih bahagia dan tersenyum ketimbang bersamanya. Walaupun Chae Rin dan Hyu Bin sering bertengkar, namun mulai terlihat bahwa ada suatu perasaan diantara mereka berdua. Akhirmya Yuna pun menyadari perasaan yang ada pada diri Hyu Bin dan Chae Rin. Yuna pun melepaskan Hyu Bin karena ia tidak mau merusak kebahagiaan di antara mereka berdua. Cinta Hyu Bin dan Chae Rin akhirnya bersatu.
Keunggulan novel ini adalah memiliki cerita yang menarik untuk dibaca, apalagi dikalangan para remaja yang sangat menyukai negeri korea. Alur cerita yang tidak begitu rumit dengan penggunaan bahasanya yang jelas dan mudah dipahami sehingga dapat membuat pembaca mudah untuk memahami dan mengikuti alur cerita.
Kekurangan novel ini terletak pada alur yang terlalu mudah ditebak pada akhir ceritanya dan pada bagian biografi penulis kurang lengkap sehingga pembaca kurang mengenal sosok sang penulis.
Semoga resensi yang saya buat dapat bermanfaat bagi para pembaca buku yang ingin mengetahui informasi atau isi dari novel rain over me. Walaupun ada sedikit kekurangan dalam buku tersebut, saya mengharapkan agar itu tidak dianggap sebagai halangan untuk membaca novel ini “Rain Over ME”. Serta harapan saya bagi penulis adalah lebih tingkatkan lagi kualitas bukunya dari segi kekurangan tersebut atau merevisinya agar menjadi buku yang lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar