Follow Us @literasi_smkn23jkt

Rabu, 05 Juni 2019

Petualangan Seorang Agi

Judul Buku                 : Cybergirl Runaway, Pelarian Sedih Sang Putri Senja
Penulis                       : Bella Zoditama
Penerbit                     : De Teens
Kota Penerbit            : Yogyakarta
Tahun Terbit               : Oktober 2016
Jumlah Halaman       : 223 hal

Penulis memilih buku ini karena buku ini banyak diminati oleh para kaum remaja. Tidak hanya itu di dalamnya juga terdapat banyak pelajaran yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dan buku ini sangat ringan dan cocok dibaca diwaktu yang santai.
Agi, putri dari seorang pengusaha kaya sekaligus sang putri senja. Kehidupan Agi segalanya terpenuhi tapi tidak dengan rasa kasih sayang dari kedua orang tuanya. Agi merasa kedua orang tuanya tidak memperhatikannya karena sibuknya bekerja. Kesedihan Agi akhirnya dicurahkan dalam sebuah tulisan diakun blog pribadinya yang bernama putri senja. Semakin hari rasa lelah dan jenuh pun telah menjadi makanan sehari-hari Agi. Hingga akhirnya Agi memiliki pemikiran untuk kabur dari rumah hanya untuk melihat bagaimana reaksi kedua orangtuanya jika tahu dia pergi.
Perjalanan agi untuk kabur dari rumah tak semulus yang ia bayangkan. Banyak berbagai rintangan yang harus dilewati. Hingga suatu saat Agi bertemu dengan seorang lelaki yang bernama Ridho. Ridho menolong Agi dan mengajaknya untuk tinggal dirumahnya bersama keluarga Ridho. Agi merasakan suasana yang berbeda di rumah Ridho. Suasana yang tak pernah ia dapatkan sebelumnya dikeluarganya. Yaitu suasa kekeluargaan. Di rumah Ridho juga ia mendapat banyak pengalaman dan pelajaran.
  Di lain sisi Marcel sahabat Agi dan keluarga Agi sedih dan bingung dengan kepergian Agi dari rumah. Keluarga Agi pun melaporkan ke polisi dan memberitahukan tentang kehilangan anaknya. Mamah Agi sedih sekali dengan kepergian putri satu-satunya. Saat mamah Agi memasuki kamar Agi dan membuka laptop Agi beliau marah karena Agi aktif di sosial media, sekaligus sedih karena melihat tulisan di blog putrinya itu menandakan dia benar-benar kesepian. Mamah Agi merasa beliau belum bisa menjadi mamah yang baik untuk putrinya itu. Tidak lama setelah mereka memberitahukan tentang berita kehilangan Agi di televisi, akhirnya Agi kembali ke rumah.
Setelah kejadian itu, orangtua Agi lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan memperhatikan Agi. Agi senang karena keadaan keluarganya membaik. Tetapi kabahagiaan tersebut tidak bertahan lama karena ayah Agi dituduh melakukan korupsi di perusahaannya. Agi sedih karena sang ayah pergi untuk diperiksa polisi dan ditahan sementara. Identitas Agi sebagai Putri Senja pun ada yang membongkar. Tidak hanya disitu, luka lama Agi pun terbuka lagi saat identitas kakaknya yang sudah meninggal terbongkar juga di depan umum.
Agi mencari dalang dari kejadian ini semua dan mencari kebenaran tentang kasus yang menjerat ayahnya. Setelah kejadian identitas terbongkar, banyak penerbit buku menawarkan kerja sama dengannya. Dengan dorongan mamahnya, Agi menerima tawaran kerja sama tersebut dan berhasil menerbitkan sebuah buku karyanya. Ternyata dalang dibalik terbongkarnya identitas putri senja itu adalah mamahnya dan Marcel.
Hari sidang ayahnya pun datang. Ayah Agi dinyatakan tidak bersalah. Ayah Agi dituduh oleh teman lamanya yang memiliki dendam kepada ayah Agi. Setelah ayah Agi bebas dari penjara, Agi dan keluarganya hidup seperti biasa dengan kebahagiaan di dalamnya.
Kelebihan novel cybergirl runaway ini memiliki cover yang unik dan penulis menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Sehingga pembaca sangat tertarik untuk membaca novel ini hingga akhir. Tak hanya itu novel ini mengajarkan kita bahwa tidak ada orang tua yang tidak menyayangi anaknya walaupun tidak dinyatakannya secara langsung.
Kekurangan dalam novel ini adalah masih terdapat penulisan yang salah. Begitu pun dengan akhir cerita pada novel ini yang berakhir dengan happy ending tetapi masih sedikit menggantung dan terasa begitu dipaksakan.
Cerita pada novel ini dapat memberikan gambaran tentang pentingnya sebuah kasih sayang dari orang terdekat kita dan semangat yang luar biasa dalam menjalani hidup walaupun begitu banyak rintangan. Novel ini cocok untuk dikalangan remaja khususnya dikalangan anak SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) agar para remaja bisa termotivasi dan dapat mengambil hikmahnya dari novel ini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar