Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 10 Juni 2016

Belajar Berkorban dari “Pacific Rim”



Belajar Berkorban dari “Pacific Rim”
Disusun oleh : Hanny Nur Azizah


Judul film      : Pacific Rim
Tahun            : 2013
Sutradara     : Guillermo Del Toro
Pemain         : 1. Charlie Hunman >< Raleigh Becket
                         2. Idris Elba >< Stacker Pentecost
                         3. Rinka Kikuchi >< Mako Mori

1.    Orientasi 1
Pacific Rim adalah sebuah film sains fiksi America yang disutradarai oleh Guillermo Del Toro dan dibintangi oleh Charlie Hunman sebagai Raleigh Becket yang merupakan pilot Jeigers bersama saudaranya Yancy Becket dengan aksi keduannya yang terkenal karena berhasil melumpuhkan beberapa macam Kaiju yang sudah muncul di permukaan bumi. Idri Elba berperan sebagai Stacker Pentecost merupakan pimpinan militer yang menjadi pengendali Jeigers. Rinka Kikuchi sebagai Mako Mori yang merupakan pilot jeigers satu-satunya dan merupakan putri angkat dari Stacker Pentecost.

2.    Orientasi 2
Film Pacific Rim merupakan film yang mengambil ide cerita dari tokoh monster yang berasal dari mitos di Jepang, Kaiju atau yang dikenal juga dengan Godzila. Film tersebut berlatar pada tahun2020-an, ketika bumi sedang berperang melawan Kaiju yaitu monster raksasa yang muncul dari sebuah portal antar dimensi di dasar Samudera Pasifik. Film Pacific Rim diproduksi oleh Legendary Pictures dan didistribusikan oleh Warner Bros. film ini dirilis pada tanggal 12 Juli 2013.

3.    Tafsiran isi 1
Kota-kota yang berdekatan dengan pantai di Bumi berada dalam ancaman dari para Kaiju, binatang buas raksasa yang pada waktu-waktu tertentu muncul dari sebuah portal antar dimensi di dasar Samudera Pasifik yang disebut “The Breach”. Untuk melawan mereka, Negara-negara lingkar Pasifik membuat Jeigers, mesin tempur Humanoid raksasa.  Setiap Jeigers dikontrol oleh 2 orang pilot atau lebih yang otaknya dihubungkan. Yancy dan Rleigh Becket, merupakan Becket bersaudara yang menjadi pilot Jeigers. Aksi keduanya terkenal karena berhasil melumpuhkan beberapa macam Kaiju yang sudah muncul di permukaan bumi. Naasnya pada penyerangan Knifehead, Kaiju jenis 3 membuat sang kakak Yancy mati dan aksi mereka menjadi pilot Jeigers terhenti. Kalahnya Jeigers pada saat itumasuk dalam perhitungan beberapa kepalan Negara untuk menghentikan proyek Jeigers dan menggantinya.

4.    Tafsiran isi 2
Pentecost merekrut kembali pilot Jeigers yang pernah mengundurkan diri, Raleigh Becket yang berhenti menjadi pilot Jeigers karena kakaknya Yancy yang merupakan co-pilotnya mati terbunuh oleh seekor Kaiju saat masih terhubung secara mental dengan Raleigh Becket. Raleigh pergi ke Hongkong bersama Pentecost untuk mencari co-pilot untuk mempiloti Gipsy Danger. Raleigh memilih Mako Mori pengurus proyek pembaruan Jeigers dan anak perempuan adopsi Pentecost. Pentecost menganggap Mako Mori tidak cocok untuk berperang dan memerintahkan mereka untuk tidak mengendarai Jeigers. Ketika sepasang Kaiju menyerang Hongkong dan menghancurkan dua Jeigers lalu melumpuhkan Striker Eureka, Pentecost dipaksa untuk menjalankan Gipsy Danger melawan mereka. Raleigh dan Mako bertarung dengan baik bersama-sama dan berhasil membunuh kedua Kaiju.

5.    Tafsiran isi 3
Ilmuwan Newton Geiszler menciptakan sebuah alat yang bisa membuatnya terhubung dengan sebuah otak Kaiju yang rusak. Geiszler dan rekan lab-nya Hermann Gottlieb berhubungan dengan otak bayi Kaiju itu dan mempelajari kalau The Breach hanya terbuka oleh DNA Kaiju yang menjelaskan kenapa semua usaha sebelumnya untuk menghancurkan portal tersebut gagal. Dua Jeigers yang tersisa memulai rencana pengeboman mereka terhadap The Breach. Pentecost secara sukarelawan mempiloti Striker Eureka yang menjadi satu-satunya yang sanggup untuk membawa bomnya, karena Herc Hansen, co-pilot yang biasanya cedera di garis pesisir Hongkong sementara Raleigh dan Mako mempiloti Gipsy Danger setelah sampai di portal, mereka disergap oleh tiga Kaiju. Pertarungan sengit pun terjadi yeng berakhir dengan kematian Kaiju, tapi Gipsy Danger pincang dan Striker Eureka terlalu rusak untuk melepaskan bomnya.

6.    Tafsiran isi 4
Setelah berhasil melawan Kaiju yang menghadang ijalan menuju portal tadi, Pentecost dan co-pilot Herc Hansen meledakkan bomnya dengan tujuan membersihkan jalan keportalnya untuk Raleigh dan Mako. Karena Gipsy Danger ditenagai oleh sebuah inti reactor nuklir, itu dapat digunakan sebagai bom pengganti untuk emnghancurkan The Breach. Hasil dari ledakan itu menghancurka Striker Eureka dan membunuh Pentecost dan Hansen, juga salah-satu Kaiju tapi hanya melukai salah-satunya lagi. Gipsy Danger membunuh Kaiju terakhir dan menggunakan tubuh Kaiju tersebut untuk membuka The Breach. Saat di dalam, Raleigh mengeluarkan kapsul penyelamat milik Mako dan mengatur penghancuran diri sendiri Jeigers. Gipsy Danger meledak di sisi lain portal dan menghancurkan markas alien dan The Breach. Raleigh dan Mako berhasil melarikan diri dengan kapsul penyelamat dan kembali ke bumi sebelum portalnya runtuh.

7.    Tafsiran isi 5
Lain halnya dengan beberapa film bertema mirip dan sama-sama menggunakan robot sebagai penyelamat, Jeigers tidak terlalu mencolok ditunjukkan sebagai pahlawan atau penyelamat. Dalam film Pacific Rim menunjukan bahwa robot hanyalah robot, secara teknologi ia bergantung pada manusia, sebagai pilot yang mengendarai mereka. Hal tersebut menunjukkan sisi yang lebih rasional dan humanis dari sebuah robot. Pacific Rim meneguhkan bagaimana manusia itu harus menepikan ego untuk bisa sedikit lebih memahami satu-sama lain, membentuk kekuatan yang lebih utuh dengan berpartner dan bukan bekerja sendiri.

8.    Tafsiran isi 6
Dalam film Pacific Rim ingin memberikan kesan senatural mungkin, tetapi disalah-satu sceen masih terlihat efek yang dibuat meggunakan kompter dan film Pacific Rim bila dicerna tidak dapat diterima oleh logika manusia, dimana terdapat monster di dalam perut bumi.

9.    Evaluasi
Film Pacific Rim mendapat keuntungan total lebih dari $411 juta, termasuk $114 juta di Cina yang menjadi pasar terbesarnya. Sebuah sekuel yang diusung berjudul Maelstrom diumumkan pada 2014 dan dijadwalkan akan dirilis oleh Universal Pictures pada 4 Agustus 2017. Pada 28 November 2012, situs resmi film tersebut meluncurkan secara bersamaan 2 video trailer Pacific Rim. Aksi-aksi dal film Pacific Rim dan tiadanya adegan seksual di dalamnya membuat film tersebut lebih aman untuk ditonton oleh anak-anak.

10. Rangkuman
Film Pacific Rim merupakan film fiksi/khayalan yang merupakan mitos orang-orang Jepang yang berlatar pada tahun 2020-an yang berteknologi tinggi untuk menciptakan robot-robot yang dikendalikan oleh dua orang pilot untuk melawan para kaiju/monster. Pada akhirnya ilmuwan Newton menemukan cara untuk memusnahkan Kaiju yang ada di Samudera Pasifik, yaitu dengan membuka The Breach tempat berkumpulnya Kaiju menggunakan DNA Kaiju dan melakukan pengeboman menggunakan nuklir di dalam The Breach yang ada dalam Jeigers Gipsy Danger yang mampu meledakan sisi portal dan menghancurkan markas alien dan The Breach. Dalam film Pacific Rim dapat diambil kesimpulan bahwa dalam melaksanakan tugas untuk menyelamatkan dunia dari bencana harus menyampingkan ego dan harus bekerja sama.

                 http://id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar