Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 13 Juni 2016

Teks Eksplanasi Kompleks Hujan Salju



 
"HUJAN SALJU"
Disusun Oleh : Niken Ayu Anggraini 




PERNYATAAN UMUM : 
                      Hujan salju ialah suatu hujan yang dimana salju yang terdapat bukan air,hujan salju dimulai dari adanya kristal-kristal es yang melalui dua cara yaitu deposit uap ( air super dingin ) atau penggabungan menjadi butiran es. Kristal-kristal salju memiliki struktur unik,tidak ada kristal salju yang memiliki bentuk yang sama,dan tidak ada satupun salju yang memiliki bentuk struktur yang sama.


URUTAN SEBAB-AKIBAT :
                      Hujan salju disebabkan oleh air yang menjadi dingin. Salju terbentuk dalam atmosfer atas suhunya dibawah titik beku. Sewaktu udara naik lebih tinggi ke atmosfer terbentuk titik air dan terbentuklah awan ketika sampai ketinggian tertentu titik air dalam awan membeku menjadi kristal es kecil udara sekelilingnya tidak begitu dingin membeku pada kristal tadi,kristal bertambah besar dan menjadi butir-butir salju. Bila menjadi terlalu berat, salju itu turun. Bila udara lebih hangat salju itu mencair menjadi hujan. Pada musim dingin salju jatuh tanpa mencair yang dinamakan hujan salju.


URUTAN SEBAB-AKIBAT :
                     Jika temperatur udara tidak sampai melelehkan kristal es tersebut, kristal-kristal es jatuh ke tanah. Jika tidak, kristal es tersebut meleleh dan sampai ke tanah dalam bentuk hujan air, akibat dari hujan salju inilah yang tidak semua daerah tropis bisa hujan salju dikarenakan sangat susah turun secara alami yang memiliki temperatur udara relatif tinggi, dibandingkan wilayah sedang mengalami musim dingin.

DAMPAK :
                     Turunnya salju memberikan dampak kehangatan. Ini bisa dipahami dari konsep temperatur efektif. Temperatur efektif biasanya dipakai untuk menentukan Zona Nyaman. Di pantai,temperatur terukur bisa tinggi,namun karena angin kencang kita masih merasa nyaman. Pada saat salju turun lebat,kelembapan udara naik dan ini mempengaruhi temperatur efektif sehingga pada suatu kondisi kita merasa hangat.

SUMBER :  
                     Http://widhiieaprilia.blogspot.co.id/p/bagaimana-proses-terjadinya-hujan-salju.html
                     Http://deebacalah.blogspot.co.id/2012/10/proses-terjadinya-hujan-salju.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar