Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 10 Juni 2016

TEKS EKSPLANASI "HUJAN SALJU"



Disusun oleh Widya Ayu Ningtyas



Pernyataan umum:
 Salju adalah air yang jatuh dari awan yang telah membeku menjadi padat dan seperti hujan. Salju terdiri atas partikel uap air yang kemudian mendingin di udara atas jatuh ke bumi sebagai kepingan empuk, putih dan seperti Kristal lembut.

Urutan sebab-akibat:
Penyebab terjadinya hujan salju, berawal dari uap air yang berkumpul di atmosfer bumi. Kumpulan uap air mendingin sampai pada titik kondensasi, kemudian menggumpal membentuk awan. Pada masa pembentukkan awan, massanya jauh lebih kecil daripada massa udara sehingga awan tersebut mengapung di udara persis seperti kayu balok yang mengapung di atas air. Namun, setelah kumpulan uap terus bertambah dan bergabung ke dalam awan tersebut, massanya juga bertambah, sehingga pada suatu ketika udara tidak sanggup lagi menahannya, awan tersebut pecah dan partikel air pun jatuh ke bumi.

Urutan sebab-akibat:
Partikel air yang jatuh itu adalah air murni. Air murni tidak langsung membeku pada temperatur 0 derajat Celsius. Tapi, temperatur yang rendah saja belum cukup untuk menciptakan salju. Ada partikel-partikel tertentu yang berfungsi sebagai pemercepat fase pembekuan, juga perekat antar uap air. Sehingga partikel air bergabung bersama dengan partikel air lainnya membentuk Kristal lebih besar.

Urutan sebab-akibat:
Pada kasus di dunia ini, proses turunnya hujan salju selalu dimulai dengan salju beberapa saat dia jatuh dari awan, tetapi kemudian mencair saat melintasi udara yang panas. Jadi, ini sebabnya kenapa salju sangat sulit turun secara alami di daerah tropik yang memiliki temperature udara relatif tinggi dibanding wilayah yang sedang megalami musim dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar