Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 13 Juni 2016

KISAH DIBALIK 98



disusun oleh : AYU SILVANI

Judul Film                 : Dibalik ‘98

Tahun                         : 2015

Sutradara                  : Lukman Sardi

Pemain                      : Chelsea Islan              sebagai Diana

                                      Boy William                sebagai Daniel

                                      Dany Alamsyah         sebagai Bagus

                                      Ririn Ekawati             sebagai Salma


Orientasi 1 :

Dibalik ’98 adalah sebuah film produksi MNC pictures. Film ini merupakan karya yang disutradarai oleh Lukman Sardi. Dalam film ini diambil dari kejadian kerusuhan pada tahun 1998 oleh para mahasiswa Trisakti yang sangat ingin menurunkan tahta Soeharto pada masa orde baru. Namun dalam film ini tidak selamanya mengisahkan kerusuhan, namun terdapat beberapa pesan yang terkandung dalam film ini.


Orientasi 2 :

Terdapat aktor dan aktris dalam film ini. Dimana Chelsea Islan sebagai Diana adalah seorang mahasiswi Trisakti yang sudah sejak awal menjadi bagian dari gerakan gabungan seluruh mahasiswa Indonesia yang menuntut turunnya Presiden Soeharto. Boy William sebagai Daniel adalah kekasih Diana keturunan Tionghoa. Ririn Ekawati sebagai Salma adalah kakak dari Diana yang berkerja sebagai Pegawai Istana Negara dan Dony Alamsyah sebagai Bagus yang merupakan suami dari Salma.


Tafsiran Isi 1 :

Film ini menceritakan seorang mahasiswi yang ingin menjadi demonstran yaitu Diana. Menurutnya, masa kekuasaan Presiden Soeharto harus segera diakhiri. Namun, hal tersebut bertentangan dikarnakan kakaknya yang bernama Salma adalah seorang Pegawai Istana Negara dan suaminya adalah seorang Letnan Dua Angkatan Darat. Namun, hal ini menjadi membahayakan mereka semua, kekacauan yang terjadi sudah tidak terkontrol lagi dan banyak korban dalam kerusuhan tersebut. Selain itu banyak keluarga yang tidak mengetahui keberadaan anggota keluarganya hingga saat ini.



Tafsiran Isi 2 :

Awal konflik yaitu pada saat Letnan Dua Bagus bimbang ketika harus berhadapan dengan situasi seperti ini, sebab ia harus bertanggung jawab dengan pekerjaannya dan disisi lain harus menjaga istrinya, Pegawai Istana Negara yang sedang hamil besar. Namun, Salma dinyatakan hilang ketika mencari adiknya Dianayang merupakan salah satu dari demonstran yang ingin menghentikan kekuasaan Presiden Soeharto. Dan kemudian Diana menyalahkan Bagus selaku suami Salma. Karena menurutnya Bagus hanya hanya mementingkan pekerjaannya saja. 


Tafsiran Isi 3 :

Daniel adalah seorang keturunan Tionghoa dan juga sebagai kekasih dari Diana. Ia ikut berjuang menuntut perubahan dan bahkan Daniel hampir terjebak sweeping warga yang menyaring orang-orang non pribumi. Yang saat itu menjadi puncak issue rasial di Indonesia. Akhirnya, Daniel selamat dalam peristiwa itu dan menemui keluarganya lalu ikut exodus meninggalkan Indonesia. Dengan Salma, akhirnya Salma ditemukan dalam keadaan pingsan dan dibawa kerumah sakit. 17 tahun kemudian, Daniel kembali ke Jakarta dan membawa abu kremasi ayahnya. Daniel menemukan Diana keduanya masih memiliki semngat yang sama untuk melanjutkan semangat reformasi.


Tafsiran Isi 4 :

Film “Dibalik ‘98” pada adegan diskusi presiden Soeharto dengan Wapres BJ.HABIBIE atau dengan Mbak Tutut maupun Pak harmoko. Semua tersajikan secara detail, seolah pada adegan itu menjadi cerita utama. Menjadi kelebihan karena peristiwa-peristiwa itu dimainkan secara baik oleh para aktor yang memerankannya.


Tafsiran Isi 5 :

Film “dibalik ‘98” ada pada scoring film itu sendiri, beberapa lagu maupun musik yang dipilih terdengae tidak begitu sesuai dengan adegan yang sedang berlangsung. Adapula iringan yang terdengar terlalu menggebu sehingga menutup dialog dari pemain.


Evaluasi :

Film “dibalik ‘98” ini tidak hanya mengisahkan politik saja, namun film ini mengisahkan tentang keluarga dan percintaan. Dalam film ini memang tidak sama dengan kejadian sebenarnya pada tahun 1998. Ada banyak bumbu fiksi yang ditaburkan kedalam film ini, yang menjadikan lebih sempurna.


Rangkuman :

Dalam Film “dibalik ‘98” merupakan gambaran yang terjadi pada tahun 1998. Sebab, meskipun kisah dramanya yang cukup menonjol namun latar belakang politik yang ditampilkan dalam film ini dapat dipercaya demi keutuhan cerita.



Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar