Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 10 Juni 2016

Ayah Mengapa Aku Berbeda? : Keterbatatasan Fisik Bukan Hal Dari Segalanya

                                                   Disusun oleh : Putri Revina



Judul film        : Ayah Mengapa Aku Berbeda?
Tahun Rilis      : 17 November 2011
Sutradara         : Findo Purwono
Pemain            : - Surya Saputra sebagai ayah dari Angel
-           Dinda Hauw sebagai Angel  Damasuryo
Rumah Produksi LPH : Rafi Film
Durasi              : 90 menit
Adaptasi          :dari novel dan cerita online

Orientasi
Film Ayah Mengapa Aku Berbeda, merupakan sebuah film yang diadaptasi dari novel dan cerita online. Yang menceritakan tentang seorang gadis tuna rungu yang berhasil melewati masa kecilnya dengan penuh rintangan dan perjuangan. Film ini disutradarai oleh Findo Purwono yang berdurasi 90 menit.
Tafsiran Isi 1
Awal dari segalanya, Angel seorang gadis tuna rungu yang berhasil melewati masa kecilnya dengan penuh rintangan dan perjuangan. Angel pindah kesekolah swasta dan dipertemukan lagi dengan sahabat diwaktu kecil yang bernama Hendra. Musuh Angel sejak kecil bernama Agnes dan dia pindah kesekolah yang sama bahkan mereka satu kelas. Dendam yang sejak kecil terpendam akhirnya kembali terjadi ketika Martin, cowo yang dipuja Agnes ternyata menyukai Angel. Agnes pun tak habis habisnya menyiksa Angel namun Hendra selalu menghalangi segala kejahatan Agnes terhadap Angel.
Tafsiran Isi 2
Suatu ketika, Angel bertemu dengan cowo disebuah toko buku. Angel lupa membawa dompetnya untuk membeli beberapa buku, dan mencoba berbicara kepada kasir unruk membatalkan pembeliaanya. Tiba tiba seorang cowo datang dari belakang dan membayari semua buku yang dibeli Angel. Angel pun menolaknya, tetapi cowo itu tetap membayarinya lalu Angel mengucapkan terimakasih. Cowo itu bernama Ferly. Dan cowo itu berkata jika Angel ingin membayarnya ia harus mendatanginya ke café tempatnya bekerja.
Tafsiran Isi 3
Cinta pertama, suatu malam Ferly dan Angel terjebak dalam hujan. Hingga Angel kedinginan, tibs tibs Ferly memberikan memberikan jaketnya pada Angel. Pada saat itu juga Ferly mengungkapkan bahwa ia mencintai Angel dan Angel pun mengungkapkan hal yang sama dan mulai saat itu mereka berdua berpacaran.
Tafsiran Isi 4
Kenyataan yang tak indah, minggu pagi Ferly mengajakan Angel jalan jalan ke mall. Ferly ingin sekali membeli mainan tapi harganya mahal dan disitu ia bertemu dengan Agnes. Ini yang nantinya mebuat Angel disiksa Agnes. Dua hari lagi ulang tahun Ferly, Angel sudah mempersiapkan kado untuk Ferly.
Ketika segalanya berubah, disaat Angel ingin mengantar kado untuk Ferly ke café, Angel dicegah dan dimsukkan ke gedung yang tak berpakaian oleh Agnes dan teman temannya sambil berlalu meninggalkan Angel. Ferly tampak berharap kehadiran dan kedatangan Angel. Pesta tersebut Ferly merasa tak lengkap tanpa kehadiran Angel. Malam harinya Ferly mengirim sms namun tidak direspon dengan Angel hingga akhirnya Angel mengatakan bahwa hubungannya cukup sampai disini.
Tafsiran Isi 5
Bertahan dalam sunyi, akhirnya Ferly mengetahui semua dari Hendra dan memahami kondisi Angel saat ini. Ferly berpesan pada Hendra untuk mengabari Angel bahwa ia sudah diterima sekolah di Bali. Keberangkatannya beberapa minggu lagi. Namun Hendra tak mengabari langsung ke Angel.
Waktu istirahat, Hendra terceplos bahwa Ferly tidak jadian dengan Agnes, dan tentang keberangkatan ke Bali. Malam harinya Ferly meminta Angel untuk menuruti permintaan terakhir Ferly sebelum ke Bali. Ferly menjemput Angel dan berangkat ke café setelah itu Angel memainkan piano dengan memainkan jari jarinya. Ferly merasa terkesan dan memeluk Angel.
Tafsiran Isi 6
Pagi sangat tidak begitu baik, hujan begitu deras. Angel dan Hendra makan di kantin. Agnes melihat kejadian semalam dan langsung menghampiri hendak memarahi Angel bersama Ferly di café piano. Dikelas, Angel terus memandang hp dan membca sms dari Ferly yang mengatakan bahwa Ferly sedang membeli bunga mawar untuknya. Angel berseri seri membaca sms dari Ferly. Sementara itu, Agnes da teman teman mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi dan menabrak seorang pengendara motor, dan yang mengendarai motor tersebut adalah Ferly.
Akhirnya Pak Tony datang dan memberitahu Angel dan Hendra bahwa Ferly mengalami kecelakaan. Dan Angel langsung ke rumah sakit menemui jasad Ferly. Sebelum Ferly dikubur Angel meminta ibunya Ferly untuk memainkan alunan piano untuk yang terakhir kalinya. Hari berikutnya, Martin selalu menghibur dan menguatkan Angel dan Martin pun mengatakan bahwa ia mencintai Angel sejak lama. Kini akhirnya Angel bersama Martin.
Evaluasi
Film ini cukup bagus dan menarik untuk diresensi karena didalamnya banyak terdapat pelajaran yang dapat kita ambil. Novel yang berjudul Ayah Mengapa Aku Berbeda karya kakak beradik yang bernama Agnes dan Davonar ini sangat membuat terkesan dengan ceritanya yang telah menceritakan perjuangan hidup yang sangat sulit dn kisah hidup yang menjaalani kehidupan yang tidak mudah putus asa.
Evaluasi
Biarpun novel ini memiliki nilai nilai moral yang sangat mendidik bahkan nyaris tidak memiliki kekurangan, namun menurut kami ada beberapa kekurangan dalam novel. Dalam novel tersebut menceritakan seorang yang bernama Agnes memiliki sikap tidak terpuji padahal ia masih berada ditingkat sekolah dasar. Yang seharusnya sikap itu tidak ada pada siswa sekolah dasar.

Rangkuman
Film ini cukup mendidik, bagus untuk ditinton semua kalangan. Khususnya, remaja masa kini. Karena banyak sebagian dari para remaja tidak menghargai dan mengetahui arti sebuah kehidupan. Yang mereka tahu hanya kehidupan yang indah yang selalu mereka jalani, tanpa mengetahui banyak orang yang berjuang utnuk kehidupannya yang begitu sulit dan penuh perjuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar