Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 10 Juni 2016

Teks Eksplanasi “Tsunami”

Disusun Oleh: Bunga Pitaloka



Pernyataan Umum :
          Tsunami adalah gelombang ombak raksasa yang timbul karena adanya pergeseran lempeng, tanah longsor, erupsi gunung api, dan jatuhnya meteor. Tsunami berasal dari Bahasa Jepang, tsu artinya lautan, dan name berarti gelombang ombak. Gelombang ombak yang ditimbulkan dari bencana ini memiliki kecepatan 600mil/jam dan ketinggian gelombang mencapai 30 meter. Gelombang tsunami bisa menghantam daratan selama 5-30menit.

Urutan Sebab Akibat :
        Tsunami dapat terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor, seperti gempa bumi yang berpusat di bawah laut, letusan gunung berapi, longsor bawah laut yang terjadi akibat adanya tabrakan antara lempeng samudera dan lempeng benua, dan hantaman meteor di laut. Namun, tidak semua gempa bumi di bawah laut berpotensi menimbulkan tsunami, hanya gempa bumi yang memiliki kriteria seperti gempa bumi yang terjadi di dasar laut dan yang memiliki magnitudo gempa lebih besar dari 6,0 SR yang berpotensi menimbulkan tsunami. Peristiwa bencana alam ini juga bisa terjadi dengan tanda tanda seperti air laut yang surut secara tiba tiba, bau asin yang sangat menyengat, dan dari kejauhan tampak gelombang putih dan suara gemuruh yang sangat keras. Bencana alam tsunami ini dapat memberikan dampak yang sangat merugikan bagi manusia, seperti rusaknya infrastruktur akibat terjangan air yang besar dan korban jiwa yang tidak sedikit.
Manusia dapat melakukan upaya sebelum dan saat terjadinya tsunami dengan cara bergerak ke arah daratan yang lebih tinggi, menjauhi daerah pantai, dan jangan panik. Ada juga upaya yang dapat dilakukan saat setelah terjadinya tsunami seperti menjauhi area yang tergenang dan rusak sampai semua kembali aman, menjauhi reruntuhan di dalam air, dan mengutamakan keselamatan diri sendiri dibandingkan harta benda yang dimiliki



Sumber :

http://cahyocenok.blogspot.co.id/2012/11/makalah-tentang-tsunami.html
http://ilmuumum.blogspot.co.id/2013/05/tentang-tsunami.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar