Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 10 Juni 2016

Teks ulasan "Perjuangan DIBALIK 98"

Disusun oleh : Fajar Rakasandi

Judul Film                 : Dibalik ‘98
Tahun                        : 2015
Sutradara                  : Lukman Sardi
Pemain                      : Chelsea Islan         sebagai Diana
                                      Boy William          sebagai Daniel
                                      Dany Alamsyah    sebagai Bagus
                                      Ririn Ekawati        sebagai Salma

Orientasi 1 :
Filem  Dibalik ’98  ini mengisahkan tentang kisah perjuangan revulusi/kerusuhan di Indonesia pada tahun 1998, ini merukan salah satu pristiwa yang tidak akan di lupakan oleh segenap masyarakat Indonesia, mereka mendesak agar presiden soeharto harus lengser/turun yang telah menjadi presiden selama 32 tahun. Namun file mini tidak hanya mengisahkan tentang kerusuhan semata tetapi mengisahkan banyak cerita yang dapat kita petik nilai . filem ini di produksi oleh mnc pictures.

Orientasi 2 :
Terdapat aktor dan aktris dalam film ini. Dimana Chelsea Islan sebagai Diana adalah seorang mahasiswi Trisakti yang sudah sejak awal menjadi bagian dari gerakan gabungan seluruh mahasiswa Indonesia yang menuntut turunnya Presiden Soeharto. Boy William sebagai Daniel adalah kekasih Diana keturunan Tionghoa. Ririn Ekawati sebagai Salma adalah kakak dari Diana yang berkerja sebagai Pegawai Istana Negara dan Dony Alamsyah sebagai Bagus yang merupakan suami dari Salma.

Tafsiran Isi 1 :
Kisah perjuangan keluarga dan hunungan percintaan menyertai tragedi mei 199. Letnan dua bagus  dia bingung dan resah memikirkan keluarga dan tugas nya sebagai tentara Negara Indonesia, ketika sang istri hilang dalam kerusuhan tersebut yang sedang hamil besar, dan adik ipar nya ikut dalam demostrasi tersebut dan adik ipar nya ini meyalahkan heliangan kakak nya karena dia tidak menjaga kakanya. Dan pacar nya Diana danil yang kehilangan keluarganya dalam kerusuhan tersebut

Tafsiran Isi 2 :
Awal konflik yaitu pada saat Letnan Dua Bagus bimbang ketika harus berhadapan dengan situasi seperti ini, sebab ia harus bertanggung jawab dengan pekerjaannya dan disisi lain harus menjaga istrinya, Pegawai Istana Negara yang sedang hamil besar. Namun, Salma dinyatakan hilang ketika mencari adiknya Dianayang merupakan salah satu dari demonstran yang ingin menghentikan kekuasaan Presiden Soeharto. Dan kemudian Diana menyalahkan Bagus selaku suami Salma. Karena menurutnya Bagus hanya hanya mementingkan pekerjaannya saja.

Tafsiran Isi 3 :
Daniel adalah seorang keturunan Tionghoa dan juga sebagai kekasih dari Diana. Ia ikut berjuang menuntut perubahan dan bahkan Daniel hampir terjebak sweeping warga yang menyaring orang-orang non pribumi. Yang saat itu menjadi puncak issue rasial di Indonesia. Akhirnya, Daniel selamat dalam peristiwa itu dan menemui keluarganya lalu ikut exodus meninggalkan Indonesia. Dengan Salma, akhirnya Salma ditemukan dalam keadaan pingsan dan dibawa kerumah sakit. 17 tahun kemudian, Daniel kembali ke Jakarta dan membawa abu kremasi ayahnya. Daniel menemukan Diana keduanya masih memiliki semangat yang sama untuk melanjutkan semangat reformasi.

Tafsiran Isi 4 :
Film “Dibalik ‘98” pada adegan diskusi presiden Soeharto dengan Wapres BJ.HABIBIE atau dengan Mbak Tutut maupun Pak harmoko. Semua tersajikan secara detail, seolah pada adegan itu menjadi cerita utama. Menjadi kelebihan karena peristiwa-peristiwa itu dimainkan secara baik oleh para aktor yang memerankannya.

Tafsiran Isi 5 :
Film “dibalik ‘98” ada pada scoring film itu sendiri, beberapa lagu maupun musik yang dipilih terdengae tidak begitu sesuai dengan adegan yang sedang berlangsung. Adapula iringan yang terdengar terlalu menggebu sehingga menutup dialog dari pemain.

Evaluasi :
Film “dibalik ‘98” ini tidak hanya mengisahkan politik saja, namun film ini mengisahkan tentang keluarga dan percintaan. Dalam film ini memang tidak sama dengan kejadian sebenarnya pada tahun 1998. Ada banyak bumbu fiksi yang ditaburkan kedalam film ini, yang menjadikan lebih sempurna.

Rangkuman :
Filem Dibalik 98 ini merupakan sedikit jawaban bagi masyarakat yang belum mengatahui keadaan sesungguhnya pada tragedi itu, tragedi itu sendiri menghasilkan perubahan bagi warga ini Indonesia dan juga membuka awalan baru bagi revolusi bangsa Indonesia  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar