Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 10 Juni 2016

HABIBIE & AINUN : CINTA SEJATI, SELAMANYA TINGGAL DIHATI

DISUSUN OLEH : ERNI KARTIKAWATI

Judul film  : Habibie dan Ainun
Tahun rilis : 2012
Sutradara : Faozan Rizal
Pemain    : 1. Reza Rahadian sebagai Habibie
                 2. Bunga Citra Lestari sebagai Ainun

Orientasi 
Film Habibie dan Ainun merupakan sebuah film otobiografi yang diadaptasi dari buku yang ditulis langsung oleh Bapak BJ. Habibie untuk mengenang almarhumah istrinya ibu Ainun. Film yang diproduksi oleh MD Pictures dan disutradarai oleh Faozan Rizal. Film ini dibintangi oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari sebagai Habibie&Ainun. Film yang berdurasi 2 jam ini bercerita tentang perjalanan cinta Habibie&Ainun.

Tafsiran isi 1
Perjalanan cinta Presiden ketiga Indonesia dan Ibu Negara. Kisah tentang Habibie&Ainun. Habibie seorang jenius ahli pesawat terbang yang punya mimpi besar, sedangkan Ainun adalah seorang dokter muda cerdas yang dengan jalur karir terbuka lebar untuknya. Tahun 1962 Habibie & Ainun yang merupakan kawan SMP bertemu kembali di Kota Bandung. Pada waktu itu seketika Habibie jatuh cinta kepada Ainun. Cinta Habibie tersebut dibalas manis oleh Ainun, akhirnya mereka menikah dan ternag ke Jerman. Iman Ainun kepada visi misi sang suamilah yang membuat Ainun tulus untuk selalu mendampingi sang suami. Banyak rintangan yang mereka lalui agar mimpi mereka bisa tercapai. Godaan akan harta dan kekuasaan pun mengiringi langkah mereka ketika kembali ke tanah air. Bagi Habibie, Ainun adalah mata untuk melihat hidupnya. Bagi Ainun, Habibie adalah sosok yang mengisi kasih dalam hatinya. Namun pada akhirnya setiap kisah pasti memiliki akhir dan setiap mimpi yang ingin di capai pasti ada batasnya.

Tafsiran isi 2
Setelah menikah, mereka pergi ke Jerman. Disana Habibie menyelesaikan studi S3-nya dan berharap bisa kembali ke Indonesia untuk bisa membuat sebuah pesawat anak bangsa seperti janji yang pernah diucapkan olehnya ketika sakit. Di Negri Orang di Puji Di Negri sendiri Dicaci, mungkin itulah kalimat yang pantas untuk Habibie saat itu karena dia bisa membuat kereta api di Jerman tetapi ketika Habibie ingin bekerja di Indonesia Habibie ditolak, otomatis Habibie kecewa tetapi Ainun memberi suatu motivasi semangat kepada Habibie.

Tafsiran isi 3
Sampai akhirnya, Habibie memiliki kesempatan untuk bisa mewujudkan mimpinya. Ia di beri kesempatan untuk membuat pesawat terbang di negerinya sendiri. Setelah menjadi wakil dirut IPTN, kemudian ia diangkat menjadi menteri, kemudian menjadi wakil presiden dan akhirnya menjadi presiden menggantikan Soeharto yang lengser dari jabatannya. Menjadi presiden memang memiliki suatu tanggung jawab yang besar sehingga Habibie pun sering begadang untuk bekerja demi Negara dan Rakyat Indonesia. Ainun pun memarahi Habibie dan mengatakan “kamu itu bukan superman”. Itulah kata yang Habibie ingat ketika Ainun memarahinya. Masa jabatan Habibie pun telah usai, ia menolak mencalonkan diri lagi sebagai presiden. Habibie dan Ainun pun akhirnya berbulan madu kembali ke Jerman. Setelah pulang tak lama penyakit Ainun yang disembunyikannya dari Habibie terkuak, Habibie pun langsung menyiapkan segala sesuatu untuk pemberangkatan Ainun ke Jerman untuk di rawat dirumah sakit, berhari-hari Habibie menjaga Ainun dirumah sakit. Akhitnya Ainun pun di panggil Tuhan Yang Maha Esa, Ainun pun di pulangkan ke Indonesia untuk dikuburkan.

Tafsiran isi 4 
Film ini mengajarkan kepada penonton akan pentingnya kesetiaan yang digambarkan oleh sosok Habibie dan Ainun. Sikap nasionalisme, kerja keras dan semangat membangun bangsa semua dirangkum menjadi satu kesatuan yang sangat baik. Kisah cinta yang nyata, ketulusan, pengorbanan, rasa sakit, serta kesetiaan mewarnai alur film ini dari awal hingga akhir. Meskipun film ini sudah tayang tahun 2012, film ini masih sangat layak untuk ditonton karena isi dan makna cerita merupakan pelajaran hidup yang nyata dan akan selamanya menjadi sebuah kisah cinta terbaik sepanjang masa.

Tafsiran isi 5
Sangat disesali film sebagus ini harus dirusak dengan iklan produk yang diletakkan secara tidak estetis. Meski kehadiran produk-produk iklan tersebut hanya ada sekian detik di dalam cerita, namun tetap saja rasnaya tak elok jika film sebaik ini harus dikotori oleh produk-produk iklan tersebut. Promo iklan yang ditampilkan menghabiskan waktu kurang lebih 15 menit. Waktu yang digunakan untuk layanan promo ini merugikan bagi penonton karena telah membeli tiket dengan seharusnya penayangan film durasi 2 jam tetapi justru dihabiskan waktu 15 menit hanya untuk menyaksikan iklan.

Evaluasi
Secara umum, “Habibie & Ainun” besutan sutradara Faozan Rizal serta dibintangi oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari berhasil mengaduk emosi penonton, khususnya menjelang bagian akhir film. Aransemen musiknya juga memperkuat atmosfer film. Penggunaan footage rekaman asli di beberapa bagian film seolah mengingatkan kembali sejarah sebagai bangsa Indonesia. Setting Jerman meski penempatannya digunakan seperlunya. Serta munculnya footage penerbangan perdana N-250 Gatot Kaca yang dihadiri Bapak Soeharto dan Ibu Tien, hingga tragedi Mei 1998 yang membuat film ini semakin believable. Namun alur yang ditawarkan film ini terkesan dipaksakan. Mungkin ini memang karena tuntutan durasi, tapi tetap saja kesan tergesa-gesanya kurang sedap.

Rangkuman 
Habibie & Ainun mengisahkan perjalanan Pak Habibie ketika dirinya masih kecil hingga bertemu dengan cinta sejatinya, mendiang ibu Hasri Ainun. Selain perjalanan cinta mereka, kita juga akan dihadapkan pda intrik politik dan cikal bakal mimpi dari pemilik nama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie ini. ‘Ini adalah sepenggal kisah saat kau menemukan cinta sejatimu’, kalimat itu cukup menggambarkan isi dan seluk beluk cerita dalam film ini, pesan moral ini adalah bagian terpenting yang didapat saat menyaksikan film ini. Tidak hanya tentang cinta akan pasangan hidupnya, Habibie menunjukkan kecintaannya pada tanah air yang tak kalah besar. Beliau menunjukkan kesetiaan yang luar biasa akan Indonesia dengan memilih untuk pulang. Mengabdikan ilmunya untuk membangun bangsa meski sebenarnya ia sudah mapan di Jerman sana. Disisi lain, Ainun menggambarkan seorang wanita tangguh yang selalu setia mendampingi suaminya dalam kondisi dan keadaan apapun. Bahkan masih sempat-sempatnya mengkhawatirkan kesehatan Habibie saat ia sendiri tengah terbaring tidak berdaya dirumah sakit karena menderita kanker ovarium. Ini adalah perwujudan cinta. Jadi melalui film ini kita dapat mencontoh pesan moral yang terdapat dalam film ini, seperti sikap nasionalisme dan kesetiaan serta perwujudan cinta. Film ini sangat layak untuk ditonton karena terdapat cita-cita untuk membangun bangsa dan negara serta kesetiaan yang luar biasa.

Sumber: 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar