Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 10 Juni 2016

Gempa Bumi

Gempa Bumi
Disusun oleh : Nurlia Agustin



·         Definisi/Pengertian
    Gempa bumi adalah peristiwa bergetarnya bumi akibat pelepasan energi di dalam bumi secara tiba-tiba yang ditandai dengan patahnya lapisan batuan pada kerak bumi. Akumulasi energi penyebab terjadinya gempa bumi dihasilkan dari pergerakan lempeng-lempeng tektonik. Energi yang dihasilkan dipancarkan kesegala arah berupa gelombang gempa bumi sehingga efeknya dapat dirasakan sampai ke permukaan bumi.

·         Jenis-jenis/Penggolongan
   Menurut teori lempeng tektonik, permukaan bumi terpecah menjadi beberapa lempeng tektonik besar. Lempeng tektonik adalah segmen keras kerak bumi yang mengapung diatas astenosfer yang cair dan panas. Oleh karena itu, maka lempeng tektonik ini bebas untuk bergerak dan saling berinteraksi satu sama lain. Daerah perbatasan lempeng-lempeng tektonik, merupakan tempat-tempat yang memiliki kondisi tektonik yang aktif, yang menyebabkan gempa bumi, gunung berapi dan pembentukkan dataran tinggi. Teori lempeng tektonik merupakan kombinasi dari teori sebelumnya yaitu : Teori pergerakan benua (Continental Drif) dan pemekaran Dasar samudera (Sea floor spreading)

·         Proses Terjadinya/Penyebab
Penyebab terjadinya Gempa Bumi
     Penyebab utama dari gempa bumi adalah dari patahan pada kerak bumi. Titik asal gempa di dalam bumi dikenal dengan hiposenter. Ketika muncul gerakan tiba-tiba di berbagai lapisanm bumi, maka menghasilkan gelombang konsentris. Gelombang ini juga dikenal sebagai gelombang seismik yang terdiri dari tiga jenis, gelombang primer, gelombang sekunder dan gelombang permukan. Gelombang ini memiliki pola yang berbeda dengan gerakan. Gempa utama muncul dengan kekuatan yang sangat  besar. Intensitasnya dihitung sesuai besarnya gelombang seismik, yang diukur dengan bantuan seismograf. Pengukuran diambil berdasarkan pada skala richter.

·        Dampak Gempa Bumi
    Kehidupan Manusia, penyebab gempa bumi tampaknya wajar, tetapi kerugian terbesar gempa mengakibatkan hilangnya nyawa manusia. Dengan kerusakan bangunan, jalan, jembatan dan banjir menciptakan destabilisasi kehidupan manusia.

·         Upaya/Solusi Bencana Gempa Bumi
    Harus dibangun dengan kontruksi tahan getaran/gempa khususnya daerah rawan gempa. Perkuatan bangunan dengan mengikuti standar kualitas bangunan. Pembangunan fasilitas umum dengan standar kualitas yang tinggi.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar