Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 10 Juni 2016

Teks Eksplanasi Pelangi

Teks Eksplanasi Kompleks
Pelangi

Disusun Oleh : Savela Balqis


*     Pernyataan Umum
Pelangi adalah sebuah fenomena optik dan meteorologi yang menyebabkan spektrum cahaya muncul dilangit ketika matahari bersinar pada tetesan untuk kelembaban diatmosfer bumi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak dilangit dan medium lainnya.
*     Urutan Sebab Akibat 1
Pelangi disebabkan oleh sinar matahari selalu muncul dibagian langit tepat seberang matahari. Pelangi ini juga disebabkan oleh cahaya yang dibiaskan saat memasuki droplet, kemudian tercermin dibagian dalam belakang dan dibiaskan saat memasuki tetesan itu. Pelangi dapat disebabkan oleh banyak bentuk air udara. Ini termasuk tidak hujan saja, tetapi juga kabut, semprotan dan embun udara.
*     Urutan Sebab Akibat 2
Pada pelangi, proses berurainya warna terjadi ketika cahaya matahari yang berwarna putih terurai menjadi spektrum warna melalu media air hujan. Adapun spektrum warna yang terjadi terdiri atas warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.
*     Urutan Sebab Akibat 3
Proses terjadinya pelangi :
Ø  Cahaya matahari adalah cahaya polikromatik (terdiri dari banyak warna). Warna putih cahaya matahari sebenarnya adalah gabungan dari berbagai cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda-beda.
Ø  Panjang gelombang cahaya ini membentuk pita garis-garis paralel, tiap warna bernuansa dengan warna disebelahnya.
Ø  Ketika cahaya matahari melewati butiran air, ia membias seperti ketika melalui prisma seperti kaca. Jadi dalam tetesan air, kita sudah mendapatkan warna yang berbeda memanjang dari satu sisi ke sisi tetesan air lainnya.
Ø  Cahaya keluar kembali dari tetesan air ke arah yang berbeda, tergantung pada panjang gelombangnya.
*     Urutan Sebab Akibat 4
Terjadinya pelangi menimbulkan warna-warna yang dihasilkan oleh pembiasan cahaya matahari melewati butiran air, warna yang dapat diserap oleh manusia ada 7 warna yang terlihat pada pelangi, yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar