Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 10 Juni 2016

Teks Eksplanasi Narkoba

Disusun Oleh : Fitri Ari Lestari
a.      Pernyataan Umum
Narkoba adalah obat/bahan berbahaya atau zat aditif yang tergolong psikotropika yang berasal dari tanaman maupun non tanaman yang dapat menimbulkan perubahan kesadaran dan hilangnya rasa atau nyeri tang diderita oleh seseorang. Jenis-jenis narkoba seperti heroin, ganja, opium, sabu-sabu, dan lain-lain.
b.      Urutan Sebab Akibat 1
Menurut pakar kesehatan. Narkoba sebenarnya adalah senyawa-senyawa psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. Namun kini persepsi itu disalahartikan akibat pemakaian diluar peruntukan dan dosis semestinya.
c.       Urutan Sebab Akibat 2
Efek yang ditimbulkan terhadap pemakai narkoba yaitu halusinogen, stimulan, depresan, aditif. Hingga kini penyebaran penyalahgunaan narkoba sudah hampir tidak bisa dicegah mengingat hampir seluruh penduduk dunia dengan mudah mendapatkan narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Hingga saat ini upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan narkoba pada anak-anak adalah pendidikan keluarga.
d.      Urutan Sebab Akibat 3
Stres, kekacauan, kebingungan dan problematika lainnya menyebabkan seseorang akan kehilangan kesadaran dan biasanya hanya berfikir pendek untuk mencari ketenangan. Dan solusi tercepat bagi sebagia orang yaitu dengan mengkonsumsi narkoba tanpa mempertimbangkan akibat penggunaannya. Ketika seseorang telah mecobanya maka akan cenderung ketergantungan zat ini. Padahal efeknya buruk belum tentu dirasakan dalam jangka waktu yang pendek tetapi juga dapat mengakibatkan kontraksi yang membahayakan dan berkepanjangan bahkan bisa berujung kematian.
e.       Urutan Sebab Akibat 4
Tekanan jiwa seseorang yang telah menggunakan obat akan mendorong untuk agar senyawa tersbut harus dipenuhi tidak hanya orang dewasa tetapi juga anak-anak. Menurut hasil penelitian BNN kasus narkoba pada tahun 2014 meningkat hingga 4.986 kasus. Apabila narkoba akan terus disalahgunakan, maka harapan bangsa akan rusakdan hancur hanya karena narkoba. Oleh karena itu, harus ada sinergi antara masyarakat dengan pemerintah untuk menggalakan pencegahan dan pemberantasan masalah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar