Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 13 Juni 2016

Senandung “Ayat-Ayat Cinta”

 
Disusun Oleh : Kartika Budiman

Orientasi:
Film Ayat-Ayat  Cinta adalah sebuah film Indonesia yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo, yang rilis pada 28 Februari 2008. Film ini diangkat dari sebuah novel  best seller karya Habiburahman El Shirazy, dengan judul yang sama. Film yang berdurasi lebih dari 2 jam ini di produksi oleh Md Pictures, yang berkisah tentang menghadapi persoalan hidup yang dijalani oleh Fahri, seorang mahasiswa Al-Ahzar yang diperankan oleh Fedi Nuril. Adapun tokoh-tokoh lainnya yaitu Aisha Greimas yang diperankan oleh Rianti Cartwraight, Maria Kirgz di perankan oleh Carissa Putri, Noura Bahadur di perankan oleh Zaskia Adya Mecca, dan Nurul Azkiya di perankan oleh Melanie Putria.

Tafsiran isi (1) :
Film fenomenal ini dimulai dengan opening yang menjajikan suasana berbeda, yaitu padang pasir. Dimulai dengan fahri mengetuk pintu flat Maria, untuk meminta tolong karena komputernya terkena virus. Maria adalah gadis mesir beragama kristen koptik yang mengagumi Al-Quran dan juga diam-diam mengagumi Fahri. Lalu ada Nurul Azkiya Anak seorang kyai terkenal yang juga mengeruk ilmu di Al-Azhar yang mencintai Fahri. Setelah itu ada Noura, juga tetangga yang selalu disiksa Ayahnya sendiri. Fahri berempati penuh dengan Noura dan ingin menolongnya. Sayang hanya empati saja. Tidak lebih. Namun Noura yang mengharap lebih. Akhirnya Fahri bertemu dengan Aisha. Si mata indah yang menyihir Fahri.Sejak sebuah kejadian di metro, saat Fahri membela Islam dari tuduhan kolot dan kaku, Aisha jatuh cinta pada Fahri. Dan Fahri juga tidak bisa membohongi hatinya. Merekapun akhirnya menikah.

Tafsiran isi (2) :
Maria, Nurul dan Noura yang mengetahui bahwa Fahri telah menikah, mereka sangat terpukul. Terutama dengan Maria, ia benar-benar kehilangan semangat hidupnya. Permasalahan lain pun bermunculan. Fahri ditangkap  oleh pihak kepolisian dengan tuduhan telah memperkosa Noura, gadis yang pernah ia tolong.

Tafsiran isi (3):
Tibalah di pengadilan. Saksi dari pihak Noura semuanya berbohong. Sebenarnya ada saksi yang mengetahui semuanya yaitu Maria. Tapi Maria sedang dalam keadaan koma. Tak ada cara lain membangunkannya dari koma kecuali dengan cara fahri menyentuhnya, karena sakit yang diderita Maria adalah penyakit cinta. Tentu saja fahri tidak bisa karena Maria bukan mukhrim baginya. Dengan persetujan dari Aisha, Fahri dan Maria pun menikah dan Maria menjadi saksi dipengadilan. Akhirnya fahri terbebas dari segala tuduhan. Fahri, Aisha dan Maria pun akhirnya menjalani hidup bersama setelah akhirnya Maria meninggal.

Tafsiran isi (4):
Kelebihannya yaitu pedoman dalam ajaran Islam dalam film Ayat-ayat Cinta ini dikedepankan dengan tidak boleh berpacaran dalam Islam, yang ada hanya ta’aruf dan juga mencontohkan bagaimana seorang laki-laki membolehkan mempunyai istri lebih dari satu atau berpoligami dengan syarat harus adil terhadap istri-istrinya serta larangan menyentuh wanita yang bukan mukhrimnya. Fedi Nuril sangat menjiwai perannya sebagai Fahri. Lagu “ayat ayat cinta” yang di nyanyikan oleh Rosa, sangat pas sebagai soundtrack film ini.

Tafsiran isi (5):
Kekurangan dalam film ini, cerita yang diangkat awalnya membingungkan karena konflik ringan terjadi begitu cepat di awal masa perkuliahan Fachri di Kairo Mesir,  sedangkan sosok seorang Fahri adalah pemuda sholeh yang pintar, cerdas dan agamanya kuat. Lalu di beberapa adegan Fahri (Fedi Nuril) tampaknya lupa bahwa dia tidak boleh bertatapan mata dengan lawan jenisnya, kecuali adegan sewaktu dia selesai berdiskusi dengan Alicia dan Aisha. Kemudian Eksplorasi karakter Aisha. pada awal-awal pertemuan Aisha dan Fahri, karakter Aisha tampak sedikit kalah dengan Maria. khususnya pada adegan pernikahan.

Evaluasi:

Film ini sangat sesuai dengan genre film, ditambah lagi dengan unsur keagamaan yang sangat kuat. Proses syuting dilakukan di Indonesia dan Mesir. Termasuk kedalam 5 flm yang paling banyak penonton dengan jumlah 3.581.947 penonton setelah Laskar Pelangi dan Habibie % Ainun serta  dengan pendapatan sejumlah Rp 107 miliar. Film ini sangat menginspirasi karena mengandung unsur agama yang kuat.

http://exoticinhere.blogspot.com/2014/05/resensi-film-ayat-ayat-cinta.html
http://ayobuka.com/2015/04/08/inilah-5-film-indonesia-terlaris-dengan-jumlah-penonton-yang-luar-biasa/
http://seviwudyah.blogspot.com/2015/11/pendalaman-film-ayat-ayat-cinta.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar