Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 10 Juni 2016

Petualangan Alice di Dunia Khayal : Jabberwocky


Judul                : Alice in Wonderland
Tahun               : 2010
Sutradara          : Tim Burton
Pemain             :
1.     Mia Wasikowska sebagai Alice
2.     Johnny Depp sebagai Mad Hatter
3.     Helena Bonham sebagai Red Queen
4.     Anne Hathaway sebagai White Queen
5.     Michael Sheen sebagai White Rabbit
6.     Alan Rickman sebagai Absolem
Orientasi
            Alice in Wonderland adalah sebuah film fantasi yang disutradarai oleh Tim Burton. Berawal dari sebuah buku yang ditulis oleh Lewis Carrol yang berjudul Alice’s Adventure in Wonderland dan sekuelnya Alice Through The Looking Glass tahun 1865. Film ini ditayangkan di London di Odeon Leicester Square pada 25 Februari 2010, dan dirilis di Australia pada tanggal 4 Maret 2010 dan hari berikutnya di Inggris dan Amerika Serikat melalui IMAX 3D dan Disney Digital 3D.
Tafsiran Isi 1
            Bermasalah dengan mimpi aneh yang terus terulang dan berduka karena kehilangan seorang ayah tercinta. Alice Kingsleigh seorang putri yang harus menikah dengan seorang pangeran menghadiri pesta kebun di perkebunan Lord Ascot. Pesta ini adalah pesta kejutan untuk Alice, karena didalam pesta ini Alice akan dilamar oleh Hamish Scott. Saat dilamar, Alice melihat seekor kelinci yang memakai jas biru, tidak yakin untuk menjawab Hamish Scott akhirnya Alice memutuskan untuk mengejar kelinci berjas biru tersebut dan secara tidak sengaja jatuh kedalam lubang kelinci besar.
Tafsiran Isi 2
            Dia diangkut kedalam dunia Underland, dimana disambut oleh White Rabbit, Dormous, Dodo, Tall Flowers, Tweedledum dan Tweedledee. Saat Alice sampai, mereka memperdebatkan tentang Alice yang sesungguhnya untuk membunuh Jabberwocky milik Red Queen pada hari Frabjous dan mengembalikan kekuasaan White Queen seperti yang diceritakan Absolem. Tak lama alice sampai, mereka diserang oleh Bandersnatch dan tentara kartu milik Red Queen yang dipimpin oleh Knave of Hearts. Pasukan Red Queen menangkap White Rabbit dan Dodo. Alice dan Tweedledum, Tweedledee melarikan diri ke hutan, sementara Knave mencuri Oraculum (peta bersejarah hari Fabjous) yang terjatuh dan Darmouse si tikus menusuk mata Bandersnatch.
Tafsiran Isi 3
            Knave memberitahukan kepada Red Queen bahwa Alice telah kembali, dan mengancam pemerintahannya. Lalu dia menyuruh seluruh pasukannya untuk mencari Alice diseluruh Underland. Sementara itu, Alice bertemu dengan Chesire Cat yang membawa dia bertemu dengan Mad Hatter. Dalam perjalanan, Mad Hatter menceritakan tentang terror pemerintahan Red Queen dan berkata bahwa Alice yang sekarang berbeda dengan yang dulu. Tak sangka, bahwa prajurit merah mengetahui keberadaan mereka, sebagai gantinya Mad Hatterlah yang disandera oleh prajurit merah, dan Alice di lempar kan ke seberang danau dengan menggunakan topi. Karena posisinya badan Alice yang kecil. Setelah sampai diseberang danau, Alice bertemu dengan Bayard seekor anjing milik Red Queen, Bayard ingin mengantar Alice ke White Queen, namun Alice menolak, Alice ingin menyelamatkan Mad Hatter dan kawan kawan yang sudah disandera terlebih dahulu
Tafsiran Isi 4
            Red Queen tidak menyadari identitas Alice dan menganggap Alice sebagai tamu. Alice mengetahui bahwa yang bisa membunuh Jabberwocky satu-satunya hanyalah pedang vorpal. Namun kendalanya adalah pedang tersebut disimpan didalam kandang Bandersnatch, dan kunci petinya dikalungkan di Bandersnatch. Alice kemudian menuju ke kandang Bandersnatch dan mengambil pedang dengan mudah karena Alice memiliki satu mata Bandersnatch yang diambil oleh si Tikus. Knave menemukan Alice dengan memegang pedang, dan Knave menyadari bahwa itu adalah Alice. Alice berhasil lolos dan memberikan pedang tersebut kepada White Queen. Alice masih tidak yakin tentang harapan baginya untuk menjadi juara dari White Queen dan ia memutuskan untuk menemui Absolem. Dia mengingatkan Alice tentang kunjungan masa lalunya ke Wonderland tiga belas tahun sebelumnya dan hal itu membantu memberikan keberanian untuk melawan Jabberwocky dan mencapai "apa yang harus ia lakukan".
Tafsiran Isi 5
            Ketika hari Fabjous tiba, Red Queen dan White Queen membawa tentara-tentara mereka yang besar di medan perang seperti papan catur dan memancarkan juara pilihan mereka untuk menentukan nasib Wonderland. Saat Alice memulai perang dengan Jabberwocky, pasukan-pasukan yang lainnya mulai menyerang satu sama lain. Pasukan Red Queen mulai goyah, hampir semuanya mati dengan pasukan White Queen. Dan Alice berhasil memenggal kepala Jabberwocky dan mengakhiri pertempuran. Kemudian, White Queen mengusir kakaknya dan Knave ke Outland. Setelah Hatter melakukan tarian perayaan yang disebut Futterwacken, White Queen memberikan Alice botol darah ungu Jabberwocky, yang akan membawanya pulang. Hatter berkata padanya bahwa dia bisa tinggal di Wonderland, tapi Alice memutuskan bahwa dia harus pulang dan berjanji bahwa dia akan kembali ke Wonderland.
Tafsiran Isi 6
Alice kembali ke rumah, di mana ia berdiri untuk keluarganya dan berjanji untuk menjalani hidupnya sendiri. Terkesan, Lord Ascot membawanya sebagai muridnya dengan ide mendirikan jalur perdagangan laut ke China. Saat cerita menutup, Alice mempersiapkan untuk berangkat dengan kapal perdagangan. Seekor kupu-kupu berwarna biru cerah hinggap di bahunya, yang diakui Alice sebagai Absolem dan menyapa dia sebelum dia berdebar pergi.
Evaluasi
            Dalam Film ini, memakai tempat yang memang benar benar seperti wonderland. Dunia yang tidak nyata atau fiktif. Pengeditan dan dubbing suara yang klop dengan mulut karakter. Percampuran antara Manusia dan Animasi yang sangat bagus. Ceritanya membosankan diawal, namun akhir cerita mengesankan, karena memang dialah Alice yang sesungguhnya dan berhasil memenggal kepala Jabberwocky.
Rangkuman

            Film ini mengajarkan kita bahwa kita harus terus bermimpi, bermimpi di mimpi saja sungguh tinggi dan berhasil atau tercapai, bagaimana jika didunia nyata? Tidak ada yang mustahil jika memang kita ingin mewujudkan mimpi kita. Alice saja di dunia khayal bisa membunuh Jabberwocky. Bagaimana kita yang didunia nyata? Usaha  dan doa akan membuahkan hasil yang positif. 

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Alice_in_Wonderland_(film_2010)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar