Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 13 Juni 2016

Perjalanan Cinta dalam “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck” Disusun oleh: Sabrina Khadijah

Disusun oleh: Sabrina Khadijah





Judul              : Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck
Tahun Rilis   : 2013
Sutradara      : Sunil Soraya
Pemain          : 1. Herjunot Ali sebagai Zainuddin
                          2. Pevita Pearce sebagai Hayati
                          3. Reza Rahardian sebagai Aziz

Orientasi
Tenggelamnya kapal van der wijck adalah sebuah film yang diadaptasi dari buku karya Buya Hamka dengan judul yang sama dan di sutradarai Sunil Soraya. Pada tahun 2013 film yang di bintangi oleh Herjunot Ali, Pevita Pearce, Reza Rahardian, dan tokoh lainnya ini berhasil merebut perhatian bangsa. Tenggelamnya kapal van der wijck ini mengisahkan tentang kisah cinta sepasang kekasih yang memiliki latar belakang social yang sangat berbeda yang mengakibatkan kisah cinta mereka yang berakhir dengan kematian.
http://melinda-febrianti.blogspot.co.id/2015/09/teks-ulasan-film-tenggelamnya-kapal-van.html
Tafsiran Isi 1
Bermula, pada tahun 1930, seorang  pemuda  bertanah kelahiran Makassar  yaitu Zainuddin (Herjunot Ali) berlayar menuju kampung halaman ayahnya di tanah Batipuh, Padang Panjang. Disana, Ia bertemu pertama kali dengan Hayati (Pevita Pearce) saat sedang di surau dan ternyata Hayati yang merupakan bunga desa di kampung tersebut. Melihat hayati yang cantik Jelita, Zainuddin pun mulai memendam perasaan. Mulai dari peretemuan itu, Zainuddin mulai mengirim surat kepada Hayati dengan kata-kata puitisnya dan seiring berjalannya waktu mereka akhirnya menjalani hubungan.
Tafsiran 2
Setelah disuguhi  Romantisme percintaan Hayati dan Zainuddin. Penonton diajak untuk masuk kedalam konflik film. Dimana kisah percintaan Hayati dan Zainuddin Telah diketahui oleh penduduk tanah Batipuh. Hubungan ini ditentang oleh tetua kampung karena Zainuddin dianggap  bukan sebagai darah minang. Selain itu, Zainuddin dianggap sebagai pria yang tidak mapan dan tidak cocok sebagai pria sandaran Hayati yang seorang perempuan berketurunan bangsawan. Akhirnya, tetua kampung memutuskan untuk mengusir Zainuddin dari tanah batipuh agar mereka berdua tidak berhubungan. Sebelum Zainuddin pergi ke tanah Jawa, Zainuddin dan Hayati mengucap janji setia untuk tetap menjaga cinta mereka. Mereka mengucap ikrar dan mengukuhkan kesetiaan cinta mereka, meski semua orang menentang, cinta diantara keduanya tak goyah dan tetap kokoh, namun malang tak berkesudahan. Datanglah Aziz (Reza Rahardian) pemuda keturunan bangsawan yang juga jatuh hati kepada hayati dan mereka pun di jodohkan karena harta dan kecantikan.
Tafsiran 3
Akhirnya Zainuddin pun memilih untuk berangkat ke tanah jawa dan memulai lembaran baru, ia berjuang melawan keterpurukan cintanya. Inilah yang patut di contoh oleh para kaum muda, yaitu dengan rasa tidak menyerahnya Zainuddin yang ingin berjuang dan akhirnya sukses sebagai penulis Termashyur di masanya, dengan karya-karya hatinya tersebut dan menyebar luas ke nusantara.
Tafsiran 4
Unsur dramatis dikejutkan kembli pada kenyataan yang menghantam perasaan Zainuddinyang saat itu sudah bergelimang harta dan kemashyuran. Dalam sebuah pertunjukkan teater, Zainuddin bertemu dengan Hayati yang saat itu statusnya sudah menjadi Istri aziz. Pernikahan yang didasarkan harta dan status kasta bertemu dengan cinta suci yang tak pernah lekang oleh waktu akhirnya harus berakhir dengan tragedy pelayaran kapal Van Der Wijck.
Tafsiran 5
Film romantisme ini menyuguhkan adegan saat Kapal  Van Der Wijck tenggelam, namun effect yang diberikan kurang menarik dan terkesan benar-benar rekayasa dan di film pun tidak dijelaskan mengapa kapal tersebut tenggelam seharusnya lebih di perhatikan perihal yang membuat kapal tersebut tenggelam agar alur cerita lebih menarik dan klop.
Evaluasi
            Walaupun film ini ada kekurangan, namun film ini tetap memiliki daya tarik karena gaya bahasa yang dipergunakan di film tersebut menggunakan bahasa melayu yang membuat para penonton terbawa suasana tahun 1930an sebelum era kemerdekaan, dan sound effect yang digunakan sangat mendukung suasana film dan mebuat para penonton berlinangan air mata.
Rangkuman
            Dari ulasan diatas, dapat disimpulkan bahwa film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck telah merebut hati para penontonnya mulai dari pemainnya yang berperan sangat bagus sampai kisah cinta Zainuddin dan Hayati yang memiliki latar belakang perbedaan ekonomi dan status social yang mengharuskan mereka berpisah dan berujung dengan Tragedi tenggelamnya Kapal Van Der Wijck.
  


https://id.wikipedia.org/wiki/Tenggelamnya_Kapal_Van_der_Wijck_%28film%29






Tidak ada komentar:

Posting Komentar