Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 10 Juni 2016

Teks Ulasan Film


 KEBAHAGIAAN DI SEL NO.7 DARI “ MIRACLE IN CELL NO.7 “
DISUSUN OLEH : SITI NURUL AINI

Judul Film  : Miracle In Cell No.7
Tahun        : 23 Januari 2013
Sutradara  : Lee Hwan Kyung
Pemain      : Ryu Seung Ryong             Sebagai                 Lee Yong Go
                   Kal So Won                     Sebagai                Ye Sung Kecil
                   Park Shin Hye                  Sebagai                Ye Sung Dewasa
                   Jung Jin Young                 Sebagai                Jang Min Hwa
                   Oh Dal Su                        Sebagai                So Yang Ho
                   Park Won Sang                Sebagai                Choi Chun Ho
                   Kim Jung Tae                   Sebagai                Kang Man Beom
                   Jung Man Shik                 Sebagai                Shin Bong Shik  
                   Kim Gi Cheon                  Sebagai                Kakek Seo

ORIENTASI.
                Miracle In Cell No.7 adalah film korea selatan tahun 2013 yang dibintangi Ryu Seung Ryong, Kal So Won dan Park Shin Hye. Film ini adalah sebuah Komedi mengharukan dan melodrama keluarga tentang seorang laki-laki berusia 40 tahunan yang mengalami cacat mental yang secara tidak sah dipenjara karena pembunuhan. Ia mempunyai anak perempuan berusia 6 tahun yang cantik dan cerdas bernama Ye Sung.

TAFSIRAN 1
                Film ini adalah film drama korea berlatar belakang pada tahun 1997 yang menceritakan tentang seorang ayah bernama Lee Yong Go yang memiliki keterbelakangan mental, walaupun begitu, Ia mempunyai anak yang bernama Ye Sung. Lee Yong Go yang bekerja sebagai tukang parkir ini sangat sayang pada anak satu-satunya itu.

TAFSIRAN 2
                Suatu ketika terjadi peristiwa tragis yang membuat Lee Yong Go dipenjara. Peristiwa tragis itu diawali ketika Ye Sung Sangat Tertarik dengan tas kuning bergambar Sailor Moon disebuah toko. Karena belum gajian, Lee Yong Go dan Ye Sung hanya bisa melihat tas itu dari balik kaca etalase toko, Lee Yong Go berjanji akan membelikan tas itu setelah gajian. Tapi betapa kecewanya Lee Yong Go dan Ye Sung karena tas Sailor Moon itu dibeli orang lain. Karena sangat sayang pada anaknya dan ingin membelikan Ye Sung tas itu, Yong Go terjebak dalam kasus penculikan, pembunuhan dan pemerkosaan anak komisaris jendral, anak yang membeli tas terakhir di toko yang sering mereka kunjungi . Ketika di kantor polisi, Yong Go dipaksa untuk mengakui perbuatannya dan menandatangani berkas-berkas dengan iming-iming akan dipertemukan dengan putrinya Ye Sung.

TAFSIRAN 3
                Akhirnya Yong Go dipenjara di sel no.7, bersama tahanan lain dengan kasus-kasus berbeda, awalnya Yong Go menerima intimidasi, tapi karena kejujurannya dan beberapa insiden yang membuktikan kalau Yong Go adalah orang baik, penghuni penjara sekaligus kepala sipir mulai bersimpati padanya. Narapidana di sel itu membantunya kembali bertemu anak gadisnya, membawa Ye Sung secara diam-diam ke dalam sel, bahkan merekajuga mengajari Yong Go cara menjawab di persidangan. Tetapi semua jerih payah kepala sipir dan kelima temannya sia-sia karena sebelum pengadilan dimulai, komisaris jendral polisi berkonsp[irasi dengan pengacara Lee Yong Go . Lee Yong Go diancam oleh komisaris jendral polisi bahwa jika Ia tidak mau dihukum, maka Ye Sung akan dibunuh dan pengacara Lee Yong Go mengintimidasi agar Lee Yong Go tetap mengaku sebagai pembunuh dan pemerkosa Ji Yeong atau Ye Sung akan dibunuh. Karena khawatir dengan keselamatan Ye Sung , maka dipengadilan Yong Go terpaksa mengaku bahwa ia memang membunuh memperkosa Ji Yeong anak komisaris jendral. Akibatnya Yong Go tetap divonis hukuman mati dan eksekusinya akan dilaksanakan tanggal 23 Desember.

TAFSIRAN 4
                Dalam film ini mengingatkan kita pada potret negera kita, dimana penguasa bisa berbuat seenaknya, keadilan pun bisa dibeli dengan uang dan rakyat kecil menjadi korban. Walaupun ketika Ye Sung dewasa bekerja sebagai Pengacara dan berhasil membersihkan nama ayahnya. Akhirnya Ye Sung bisa membuktikan walaupun ayahnya itu bodoh tapi Ia bukan pembunuh dan pemerkosa anak-anak.

TAFSIRAN 5
                Film ini mempunyai plot yang tidak rumit dan jalan cerita yang cukup runtut. Dihias dengan adegan drama dan komedi khas korea yang membuatnya sangat menarik. Film ini juga mempunyai pesan yaitu sebagai pembelajaran kepada penonton. Terutama bagaimana perjuangan seorang ayah yang sangat menyayangi anaknya dan rela berkorban untuk anaknya, sebaliknya kasih sayang seorang anak kepada ayahnya, sebagai ungkapan rasa berterimakasihnya kepada orang tua yang telah merawatnya. Walaupun orang tuanya memiliki keterbelakangan mental tapi anaknya tetap menyayanginya setulus hati.

TAFSIRAN 6
                Dibeberapa bagian film ini cukup membinggungkan ketika flashback yang berasal dari kesaksian Ye Sung, tapi dalam flashback itu banyak ditemukan adegan dimana Ye Sung sebenarnya tidak ada disana sehingga seharusnya Ye Sung tidak tahu. Lalu banyaknya kejadian yang dilewat sehingga terlihat seperti tidak logis kejadiannya, seperti adegan penyembuhan, secara tiba-tiba Lee Yong Go sehat seolah-olah tidak terjadi apa-apa dan ada adegan kekerasan kepala sipir dan komisaris jendral kepada Yong Go.

EVALUASI
                Film ini menjadi film terlaris di Korea tahun 2013 karena cerita melodramanya yang kuat. Pembuatan film ini menelan biaya sebesar 3,5 miliar won, dalam sebulan penanyangan sejak perilisannya, film ini sukses menjaring 10 juta penonton lebih. menjadikan film Korea ke-8 yang memperoleh laba tertinggi, karena berhasil memperoleh 10 kali lipat dari biaya produksinya. Film ini begitu membuat terkesan dan menyentuh hati dikarenakan ceritanya yang sangat sedih, Film ini juga dihiasi dengan adegan drama dan komedi khas Korea yang membuatnya sangat menarik. Meskipun, ada dibeberapa bagian yang cukup membinggungkan ketika pola flashback dan tidak logis ketika adegan Yong Go terluka tetapi tidak ada adegan penyembuhan, secara tiba-tiba Yong Go sehat seolah tidak terjadi apa-apa. Dan seharusnya film ini menceritakan dimana ibu kandung Ye Sung agar menambah suasana dramanya.

RANGKUMAN
                Film ini merupakan sebagai pembelajaran bagaimana perjuangan seorang ayah yang sangat menyayangi anaknya dan rela berkorban untuk anaknya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar