Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 14 Juni 2016

Bangkit dalam kekurangan di Film Ayah, mengapa aku berbeda?

Disusun Oleh : Muhayar


Judul Film   : Ayah, mengapa aku berbeda?
Tahun Rilis  : 17 November 2011
Sutradara    : Findo Purwono
Pemain        : 1. Surya Saputra ( Ayah Angel )
                     2. Dinda Hauw ( Angel )
                     3. Rima Melati ( Nenek Angel )
                     4. Rheina Ipeh ( Bu Kathrina )
                     5. Ferly ( Indra Lyla )
                     6. Hendra ( Rafi Cinoun )
                     7. Martin ( Fendy Chow )
                     8. Agnes ( Kiki Azhari )
                     9. Jonathan ( Richard Kevin )
                    10. Steve ( Ricky Martin )

Struktur Teks Ulasan dalam film Ayah, mengapa aku berbeda?

ORIENTASI 1

Ayah, Mengapa Aku Berbeda? merupakan film drama indonesia terakhir sejak tahun 2011 yang dirilis pada 17 November 2011. Ayah Mengapa Aku Berbeda adalah kisah adaptasi novel dan cerita online karya Agnes Davonar yang telah di baca oleh lebih dari 2 juta pembaca online , dan telah banyak di adaptasi salah satu nya menjadi serial tv berseri di salah satu tv swasta terkenal di Indonesia.

ORIENTASI 2

Film Ayah, mengapa aku berbeda ini berdurasi 90 menit berkisah tentang Gadis remaja bernama Angel, seorang tunarungu yang tidak pernah menyerah untuk membuktikan bahwa ia terlahir ke dunia ini dengan tujuan yang diberikan Tuhan.Film ini di produksi oleh Rapi Film.

TAFSIRAN 1

Gadis remaja Angel, seorang tunarungu yang tidak pernah menyerah untuk membuktikan bahwa ia terlahir ke dunia ini dengan tujuan yang diberikan Tuhan. Ia terus berjuang meraih impiannya untuk membahagiakan sang ayah, setelah ibunya meninggal saat melahirkan dirinya.

TAFSIRAN 2

Mula-mula Angel harus berjuang untuk belajar bahasa tangan yang juga dengan susah payah bisa dikuasai oleh ayah dan neneknya. Setelah neneknya meninggal. Angel hanya memiliki ayahnya sebagai teman bicara. Karena pintar, guru-guru sekolah luar biasa menyarankan Angel untuk sekolah umum. Ayah memutuskan pindah ke kota besar sehingga Angel kelak dapat tumbuh di lingkungan yang lebih terbuka.

TAFSIRAN 3

Diawali dengan penolakan, akhirnya ada sekolah yang mau menerima Angel sebagai murid. Dunia berubah ketika ia harus bergaul dan hidup dengan orang-orang normal di sekolahnya. Ia tidak diterima oleh sebagian teman-temannya karena di anggap cacat. Ia hanya memiliki satu orang sahabat bernama Hendra.

TAFSIRAN 4

Suatu ketika , Angel melihat tim musik sekolahnya dan menawarkan diri sebagai anggota kelompok musik. Angel ditolak , ia menangis di samping sang ayah yang memberitahu bahwa ia terlahir dari seorang ibu yang pianis.Ayahnya pun mengajarkan dia bermain piano dan terbukti walaupun tidak bisa mendengarkan suara piano, ia bisa bermain piano dengan hati, hingga bisa masuk tim musik sekolah, tapi tidak di terima oleh kelompok yang di ketuai Agnes. 

TAFRIRAN 5

Angel ingin keluar. Keputusan Angel keluar menjadi dilema karena ayahnya yang sedang sakit ingin melihat Angel di konser nanti. Keputusan Angel kembali ke kelompok musik membuat Agnes marah dan menyiksanya hingga tangannya terluka parah. Angel pun tidak putus asa , ia yakin bisa membuat ayahnya senang , yang pada saat itu wajah Angel sangat kotor seperti badut dan sesegera mungkin harus tampil menghibur penonton dengan permainan piano Angel yang mirip dengan ibu nya dan membuat penonton sangat terhibur dengan penampilannya.

EVALUASI 1

Film Ayah Mengapa Aku Berbeda ini diangkat dari novel dan cerita online karya Agnes Danovar. Didunia maya, karya Agnes ini dibaca hampir 2 juta orang. Sebagian dari pembaca novel ini menilai kisah kehidupan Angel ini cukup menyentuh, bahkan terkesan cerita ini yang kaya dengan derai air mata. Namun , cerita yang menyentuh di novel tersebut menjadi terkesan datar saat dipindah ke media layar lebar. Secara kualitas gambar, film ini sangat baik.

EVALUASI 2

Daya kritik film ini terletak pada pengambilan waktu yang terkesan singkat. Sutradara film ini seakan ingin mengadopsi seluruh cerita dalam novel ke satu rangkaian film yang memiliki durasi terbatas. Alhasil , adegan yang lahir pun seolah serba kebetulan, tidak lahir dari satu proses cerita yang utuh. Akan tetapi, pesan moral yang di bawa film ini cukup kuat. Mengajak penonton menghargai perbedaan, saat seorang yang berkebutuhan khusus dapat hidup setara dengan orang normal lainnya.

EVALUASI 3

Head of Market Management Allianz Indonesia Alan Darmawan menilai film ini mengajarkan masyarakat tentang semangat untuk memiliki harapan di setiap orang, meski dia memiliki keterbatasan fisik.

RANGKUMAN

Film ini menunjukan, mereka yang dari sisi fisik tidak sempurna memiliki semangat yang tak kalah dengan yang sempurna. Ini memberi ajaran kepada anak-anak agar hidup tak saling membedakan. Meski banyak adegan tangis didalam film ini , bukan berarti film Ayah Mengapa Aku Berbeda ini menjadi karya cengeng yang sekedar menjual penderitaan.tetapi isi yang ada di film yang banyak akan nilai moral yang patut kita lakukan di kehidupan kita sehari-hari dan yang pasti layak untuk di tonton karena banyak mengandung hal positif yang membangun karakter. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar