Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 10 Juni 2016

Pergaulan Bebas

Pergaulan Bebas
Disusun Oleh : Putri Revina



Pernyataan umum

Pergaulan merupakan proses interaksi yang dilakukan oleh individu dengan individu, dapat juga oleh individu dengan kelompok. Pergaulan ada 3 yaitu pergaulan yang bersifat positif dan negatif. Sedangkan bebas adalah terlepas dari kewajiban, aturan, norma agama dan norma kesusilaan. Pergaulan bebas adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang yang mana “bebas” yang dimaksud adalah melewati batas batas norma ketimuran yang ada.
Ciri ciri pergaulan bebas diantara lain yaitu perilaku yang tidak baik, mudah mengalami kegelisahan, terjadi perubahan perubahan emosi, penghambatan harta untuk memenuhi keinginan seks bebas, rasa ingin tau sangat besar, berpakaian terbukadan terjerat dalam pesta hura hura dengan menggunakan obat obat terlarang seperti ganja, putau, dan pil pil lainnya.

Urutan sebab akibat
Penyebab dari pergaulan bebas ada beberapa faktor Antara lain adanya faktor dari orang tua yaitu rendahnya tarah pendidikan keluarga, broken home, orang tua kurang memperhatikan, dan keadaan ekonomi keluarga. Selain itu ada faktor agama dan iman serta faktor perubahan zaman.

Akibat dari pergaulan bebas memberikan pengaruh besar baik dari diri sendiri, orang tua, masyarakat, dan juga negara. Dampak yang ditimbulkan yaitu menurunnya tingkat kesehatan, ketergantungan obat, meningkat kriminalitas, menyebarkan penyakit, menurunnya prestasi dan berdosa.

Cara mengatasi pergaulan bebas dengan cara memperbaiki cara pandang, jujur pada diri sendiri,banyak kreativitas secara positif, selalu membaca buku, berkomunikasi dengan baik dan menegakkan aturan hukum. Untuk menumbuhkan kesadaran akan bahaya pergaulan bebas maka para remaja haruslah diberi pendidikan mengenai dampak pergaulan bebas dan memberikan pendidikan kerohanian agar mereka sadar tentang apa yang saat ini sedang terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar