Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 10 Juni 2016

TEKS EKSPLANASI KOMPELKS


GEMPA BUMI 
DISUSUN OLEH : UMMU KULTSUM ROIHAANAH



Pernyataan umum

Gempa bumi adalah salah satu bencana alam yang paling merusak dan tak terduga yang telah terbukti berakibat fatal bagi jutaan makhluk. Gempa bumi merupakan bencana alam yang dapat membunuh ribuan orang dalam sekejap dan dapat menghancurkan banyak kota bahkan negara. Getaran yang terjadi selama gempa bumi memiliki potensi untuk menyebabkan kerusakan berat karena tidak dapat diprediksi. Gempa bumi juga sering diikuti oleh gempa susulan dengan magnitude rendah , dan juga sama-sama merusak.

Urutan sebab akibat 

Gempa bumi ini disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik , yaitu pergeseran lempeng-lempeng tektonik secara mendadak yang mempunyai kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar. Seperti diketahui bahwa kulit bumi terdiri dari lempeng-lempeng tektonik yang terdiri dari lapisan-lapisan buatan. Tiap-tiap lapisan memiliki kekerasan dan massa jenis yang berbeda satu sama lain. Lapisan kulit bumi tersebut mengalami pergeserab akibat arus konveksi yang terjadi didalam bumi.
Penyebab utama dari gempa bumi adalah dari patahan pada kerak bumi. Titik asal gempa di dalam bumi dikenal dengan hiposenter. Ketika muncul gerakan tiba-tiba diberbagai lapisan bumi. Maka menghasilkan gelombang konsentris , gelombang ini juga dikenal sebagai gelombang seismik yang terdiri dari tiga jenis. Gelombang primer , gelombang sekunder , dan gelombang permukaan. Gelombang ini memiliki pola yang berbeda dengan gerakan , gempa utama muncul dengan kekuataan yang sangat besar. Intensitasnya dihitung sesuai besarnya gelombang seismik , yang diukur dengan bantuan seismograf. Pengukuran diambil berdasarkan pada skala richter.

Dampak gempa bumi yaitu goncangan gempa bumi bisa sangat hebat dan dampak yang ditimbulkannya juga tidak kalah dahsyat. Dilihat dari efek atau akibat yang ditimbulkan. Kejadian-kejadian yang mungkin terjadi mengiringi peristiwa gempa bumi yaitu. Gempa bumi , kerusakan bangunan , mengubah topografi atau bentuk muka bumi , menyebabkan keretakan permukaan bumi , mengakibatkan trauma psikis atau mental.

Oleh karena membawa dampak bagi kehidupan khususnya kehidupan manusia maka diperlukan upaya-upaya antisipasi baik sebelum terjadi gempa , saat terjadi gempa , dan setelah terjadi gempa. Upaya tersebut diperlukan mengingat letak indonesia yang berada pada zona utama gempa bumi. Upaya penanggulangan sebelum terjadi gempa : mengetahui pintu-pintu keluar masuk untuk keadaan darurat , barang atau benda yang berbobot berat disimpan ditempat yang kokoh dan stabil terhadap goncangan , pipa saluran gas dan pipa saluran air dipastikan tidak bocor dan tertutup baik , dan kabel-kabel listrik ditata rapih. Upaya penanggulangan saat terjadi gempa : jika berada di dalam bangunan , usahakan tetap tenang dan tidak panik , jika berada diluar bangunan carilah tanah lapang , dan  jangan berlindung dibawah pohon atau di tempat dekat tiang atau gardu listrik , jika sedangan mengemudikan kendaraan hentikan perjalanan dan segera menepi. Upaya penanggulangan setelah terjadi gempa : periksa diri anda dan orang di sekeliling anda apakah baik-baik saja atau mengalami luka-luka , jika terdapat korban yang mengalami luka-luka , gunakan kotak P3K sebagai pertolongan pertama , nyalakan radio atau televisi untuk mengetahui informasi dan periksa keadaan rumah dan sekeliling rumah anda.




sumber : http://www.wedaran.com/7736/gempa-bumi/ 
               http://indonesiaberbagia.blogspot.co.id/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar