Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 13 Juni 2016

Gunung Merapi

Disusun oleh: Ferdian Adhi Pradana


Gunung merapi adalah gunung yang memiliki dapur magma yang masih aktif. Magma adalah cairan pijar yang memiliki suhu sangat tinggi, cairan magma yang keluar dari dalam bumi disebut larva. Suhu larva yag dikeluarkan bisa mencapai 700-1200`C Gunung meletus biasanya bisa diprediksi waktunya sehingga korban jiwa dan harta benda bisa diminimalisir, letusan gunung merapi bisa mempengaruhi putara iklim dibumi ini, letusannya yang membawa abu dan batu menyembur dengan keras sejauh radius 18km atau lebih.

Gunung berapi yang akan meletus dapat iketahui melalui beberapa tanda yakni, suhu sekitar gunung naik, tumbuhan disekitar layu, binatang disekitar gunung berimigrasi dan lain-lain. Terjadinya gunung meletus akibat endapan magma didalam perut bumi yang didorong oleh gas yang bertekanan tinggi.

Penyebab gunung meletus ialah peningkatan kegempaan vulkanik yang ditandai dengan terjadinya aktivitas yang tidak biasa pada gunung berapi, suhu kawah meningkat secara signifikan, terjadinya deformasi badan gunung, lempeng-lempeng bumi yang saling berdekatan, akibat tekanan yang sangat tinggi semakin besar tekanan dan volume magmanya maka semakin kuat ledakan yang terjadi.

Dampak negatif dari abu gunung berapi yaitu, berbagai jenis gas seperti sulfur, dioksida,gas hidrogen sulfida, hidrogen dioksida, serta debu dalam bentuk partikel. Dampak positif dari abu gunung berapi yaitu hasil muntahan vulkanik bagilahan pertanian dapat menyuburkan tanah, bahan material vulkanik berupa pasir dan batu dapat digunkan sebagai bahan material yang berfungsi untukbahan bangunan.

Selama letusan, ikuti perintah pengungsiaan yang diperintahkan oleh yang berwenang. Hindari melewati searah dengan arah angin dan sungai-sungai yang berhulu dipuncak gunung yang sedang meletus. Hindari daerah berbahaya yang telah ditetapkan oleh pemerintah atau lembaga ynag berwenang, apabila anda melihat permukaan aliran air sungai naik, cepat-cepat cari daerah yang lebih tinggi, dan hindari daerah-daerah zona hujan debu.






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar