Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 10 Juni 2016

DIBALIK 98: Perjuangan Dibalik Kesulitan

DISUSUN OLEH : DAVID JUNIOR







Sutradara:
Lukman Sardi

Produser:
Affandi Abdul Rahman

Penulis Skenario:
Syamsul Hadi, Han Ismail

Pemain:
-Chelsea Islan
-Boy William
-Donny Alamsyah
-Ririn Ekawati

> Orientasi 1
Film Dibalik 98’ yang telah tayang sejak 15 Januari lalu pada bioskop-bioskop di seluruh Indonesia ini, merupakan sebuah karya yang disutradarai oleh Lukman Sardi. Belakangan ini semakin banyak saja film produksi Indonesia yang mengangkat sejarah di balik berbagai peristiwa dan tokoh penting di negeri ini. Di awal tahun 2015 ini, muncul lagi sebuah film karya anak bangsa yang mengangkat tema yang sama, yaitu film Dibalik 98. Film ini mengisahkan tentang runtuhnya pemerintahan Orde Baru dengan ditandai mundurnya Presiden Soeharto. Pendekatannya sendiri bukan sudut pandang politis, melainkan soal kemanusiaan. 



> Orientasi 2

Film dengan judul “Di Balik 98” merupakan sebuah karya produksi MNC Pictures, sebuah kisah yang mengilas balik peristiwa sejarah di tahun 1998. Kejadian yang berlangsung pada Mei 1998 ini merupakan satu peristiwa yang tidak akan pernah dilupakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Masa tersebut adalah masa dimana kerusuhan terjadi di setiap sudut negeri ini, memaksa presiden yang menjabat saat itu untuk segera turun tahta, dan tandai dimulainya masa Orde Baru. Namun, film “Di Balik 98” ini tidak hanya mengisahkan segala bentuk kerusuhan yang terjadi, namun juga banyak menyisipkan kisah atau cerita tentang nilai-nilai kemanusiaan yang bisa menjadi bahan renungan kita semua.



> Tafsiran 1

Film ini mengisahkan tentang seorang mahasiswi Trisakti bernama Diana (Chelsea Islan), yang berniat untuk menjadi seorang demonstran. Menurutnya, masa kekuasaan presiden Soeharto sangat perlu untuk segera diakhiri. Ironisnya, Diana hidup dengan seorang kakak bernama Salma (Ririn Ekawati) yang bekerja di Istana Negara, dan kakak ipar yang merupakan seorang Letnan Dua, Angkatan Darat.




> Tafsiran 2
Diana memang sejak dulu telah aktif melibatkan diri dalam berbagai gerakan gabungan seluruh mahasiswa Indonesia yang memiliki tujuan sama, yaitu memaksa presiden Soeharta melepaskan jabatannya. Perilaku seperti itu tentu menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi masyarakat, sampai suatu ketika, tepatnya pada tanggal 13-14 Mei, peristiwa buruk pun terjadi, dikabarkan empat orang mahasiswa tewas akibat tembakan oleh aparat.



> Tafsiran 3

Peristiwa tersebut membuat kondisi negeri semakin kacau, hingga akhirnya presiden Soeharto (Amoro Katamsi) mengambil keputusan untuk menghadiri KTT G-15 yang berlangsung di Kairo. Sementara itu wakil presiden, B.J. Habibie terkejut dengan peristiwa penembakan mahasiswa Trisakti yang kemudian berakhir dengan kerusuhan besar.



> Tafsiran 4

Diana beserta dengan mahasiswa lainnya pun seketika meluap amarahnya, begitu halnya dengan Bagus, kakak ipar Diana yang merupakan Letnan Dua, Angkatan Darat. Namun Bagus saat itu mengetahui bahwa istrinya sedang mengandung, sehingga Bagus secara terpaksa harus terus mematuhi segala perintah atasan guna menjaga keamanan wilayah pada berbagai titik di Jakarta.


 > Tafsiran 5
Cerita semakin pelik ketika kekasih Diana, Daniel (Boy William), yang merupakan seorang keturunan Tionghoa ikut terseret dalam kerusuhan tersebut. Ayah beserta dengan adiknya tidak diketahui jejaknya, menghilang tanpa kabar dalam kerusuhan 14 Mei. Daniel pun hampir saja menjadi korban dari orang-orang yang melakukan penyaringan terhadap warga-warga non pribumi.


> Evaluasi

Film “Di Balik 98” ini tidak hanya menitik beratkan pada kisah politik saja, tetapi mengulas juga kisah tentang keluarga dan percintaan, yang dibungkus dengan latar belakang kekisruhan Mei 1998. Dan mengingat bahwa ini adalah sebuah karya film, maka paradigmanya berbeda dengan peristiwa asli dari kerusuhan Mei ’98. Ada banyak bumbu fiksi yang ditaburkan ke dalam film ini, yang menjadikannya lebih sempurna.

Kejadian 1998 memang masih menyisakan perih hingga saat ini, terutama bagi para korban yang secara langsung merasakan penderitaan tersebut. Namun sang sutradara, berusaha mencoba untuk memaparkan konflik lainnya dalam peristiwa tersebut yang patut untuk diketahui masyarakat.


> Rangkuman

Jika Anda tidak tahu sama sekali gambarang tentang situasi dalam tragedi kerusuhan yang terjadi pada tahun 1998, film “Dibalik 98” ini merupakan suatu pilihan yang tepat. Walaupun film ini lebih banyak mengkisahkan dramanya yang cukup menonjol, namun latar belakang politik pada film ini ditampilkan dalam film ini dapat dipercaya demi keutuhan cerita yang disampaikan bagi masyarakat.Satu hal yang juga tidak kalah menarik adalah bahwa dalam film ini, juga terdapat pemeran tokoh-tokoh politik diperankan oleh aktor-aktor yang bisa jadi tidak pernah anda duga sebelumnya. Ini tentu menjadi salah satu poin lebih untuk hasil karya dari MNC Pictures. Secara harfiah film ini bisa dikatakan cocok untuk ditonton oleh semua umur.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar