Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 10 Juni 2016

Belajar bersyukur dari " ayah mengapa aku berbeda"

disusun oleh : Yulianingsih





Judul : Ayah, Mengapa Aku Berbeda
Tahun rilis : 17 november 2011
Sutradara : Findo Purwono Hw
Pemain :   1. Dinda Haow sebagai Angel
                  2. Surya Saputra sebagai Ayah Angel
                  3. Rima Jasmine sebagai Nenek Angel
                  4. Indra Sinaga " Lyla Band " sebagai Ferly
                  5. Chou Fendy sebagai Martin
                  6. Khazani sebagai Agnes
                  7. Rafi Cinau sebagai Hendra
                  8. Rhena ipeh sebagai Mrs. Katrina


Orientasi 1
Film " ayah, mengapa aku berbeda" adalah sebuah film yang dirilis pada tahun 2011. Film ini disutradarai oleh Findo Purwono Hw. Film tersebut diangkat dari novel yang mempunyai judul yang sama dan cerita online karya agnes dan teddy davonar.

Orientasi 2
Film ini mengisahkan kehidupan seorang gadis yang mengalami tunarungu bernama angel. Namun ibunya meninggal dunia ketika melahirkan angel. Angel tinggal bersama ayah dan neneknya. walaupun angel berbeda dengan anak lainnya. Ia memiliki sifat cerdas. Film ini sangat menyentuh membuat para penonton berderai air mata.

Tafsiran 1
Film ini mengisahkan tokoh angel yang cantik , pinter dan tidak mudah menyerah untuk membuktikan bahwa ia terlahir ke dunia dengan tujuan yang diberikan tuhan. Ia berjuang meraih mimpinya untuk membahagiakan sang ayah, setelah ibunya meninggal saat melahirkan dirinya walaupun ia memiliki kekurangan sebagai tunarungu.

Tafsiran 2
Perjalanan angel semakin rumit, ketika angel akan pindah ke sekolah baru ia mendapatkan penolakan, akhirnya ia dapat diterima di sekolah tersebut. Namun dunia ini berubah ketika teman-temannya menganggap angel cacat hanya satu teman yang mau berteman dengan dirinya yang bernama hendra sahabat masa kecilnya. Meskipun ia dihina, dicaci, dilukai baik secara fisik maupun psikisnya oleh anges tapi angel tetap tegar dan kuat.

Tafsiran 3
Sejak ayahnya sakit jantung. Angel terpaksa harus bekerja sebagai pianis di cafe lalu ia bertemu dengan ferly . Ia merajut cinta namun cinta mereka tentu saja tak biasa, karena bernuasa perbedaan yang tidak biasa. Ketika itu ia akan mengikuti konser namun ayahnya terbaring lemah dirumah sakit tapi ia tetap ikut serta dalam konser piano. Ia telah berjanji kepada ayahnya menampilkan yang terbaik. Setelah ia berhasil meraih gelar kompetisi piano angel kehilangan ayahnya karena serangan jantung. Ketika angel lulus smu kemudian ferly meninggal dunia akibat kecelakaan. setelah lulus angel membuka toko roti bersama neneknya kemudian bertemu dengan martin yang saat itu menjadi kekasihnya.

Tafsiran 4
Sayang film tersebut pada saat pengambilan waktu yang terkesan singkat sutradara film ini seakan ingin mengadopsi seluruh cerita dalam novel kesatu rangkaian film yang memiliki durasi terbatas. Alhasil, adegan yang lahir pun seolah serba kebetulan tidak lahir dari satu proses cerita yang utuh.

Tafsiran 5
Film ayah , mengapa aku berbeda sangat cocok untuk semua kalangan. Film ini menunjukkan, mereka yang dari sisi fisik tidak sempurna memiliki semangat yang tak kalah dengan yang tidak sempurna. Ini memberi ajaran kepada anak-anak agar hidup tak saling membedakan meski banyak adegan tangis didalam film tersebut, bukan berarti film tersebut karya cengeng.

Evaluasi 1
Film tersebut pada tokoh angel ini juga sangat mengerti tentang bahasa orang gagu ( menggunakan tangan atau bahasa tubuh ) sehingga penonton mengira bahwa tokoh angel dalam kenyataan juga gagu walaupun pada kenyataannya tidak. Demikian juga tokoh ayah angel juga berperan sangat baik, benar-benar mencerminkan atau terlihat sebagai ayah yang bijaksana. saat berakting marah ayah angel benar-benar seperti orang yang emosi.Akting batuk-batuk atau sakit-sakitanya seperti kebetulan.

Evaluasi 2
Film ini terletak pada jalan ceritanya yang tidak begitu jelas misalnya tiba-tiba sudah pagi lalu langsung malam sehingga penonton tidak bisa mengerti dengan jalan ceritanya. Tokoh ferly yang diperankan oleh naga lyla agak sedikit kaku dalam berakting dan terlihat sangat datar ekspresinya. Adegan saat ferly kecelakaan motor terlihat sangat dibuat-buat sehingga tidak seperti beneran kemudian banyak adegan yang diulang-ulang membuat penonton bosan padaa jalan ceritanya.

Rangkuman
Dari paparan tadi , dapat disimpulkan bahwa film" ayah , mengapa aku berbeda" meskipun angel ia terbilang berbeda dengan anak seusianya namun dalam dirinya begitu banyak tersimpan anugrah yang mungkin tidak orang lain dapatkan setiap manusiaa pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan maka gunakanlah dengan hal-hal yang positif dan jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada tuhan.

Sumber :
http://dyahdiandra97.blogspot.co.id/2014/01/makalah-karya-sastra-bahasa-indonesia.html
                        


Tidak ada komentar:

Posting Komentar