Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 13 Juni 2016

 Raih Kesuksesan Bersama

“MERRY RIANA : MIMPI SEJUTA DOLAR”
Disusun oleh : Sindi Prastika Sari



Judul Film     : Merry Riana Mimpi Sejuta Dolar
Tahun            : 2014
Sutradara     : 1. Celsea Islan berperan sebagai Merry Riana
                          2. Dion Wiyoko berperan sebagai Alva
                          3. Kimberly Ryder berperan sebagai Iren
                          4. Ferry Salim berperan sebagai ayah Merry Riana
                          5. Cyntia Lamusu berperan sebagai Ibu Merry Riana


Orientasi 1
Riana adalah salah seorang salah satu motivator terkenal di Indonesia saat ini. Hidupnya di Singapura yang tidak mudah untuk mendapatkan 1 juta dolar pertamanya di usia 26 tahun. Akhirnya itulah yang membuat MD Pictur sebagai production hous ingin menyajikan dari sosok Merry Riana kedalam film. MD Pictur merilis film Merry Riana (Mimpi Sejuta Dolar).

Orientasi 2
Film yang bertema inpiratif bagi banyak orang. Film yang dibuat adalah kisah nyata yang dialami Merry Riana yang menunjukkan betapa kerasnya hidup Merry Riana untuk meraih kesuksesan di Singapura setelah melalui banyak rintangan dan tantangan, Bersudut pandang orang pertama, Merry menceritakan apa yang dialaminya.

Taksiran 1
Kisah berawal di jakarta tahun 1998 terjadi kerusuhan, terpaksa Merry Riana yang diperankan oleh (Celsea Islan) diterbangkan ke negri Singapura oleh ayahnya untuk mencari om Hans dan tinggal disana sampai keadaan di jakarta membaik. Keluarganya tetap di Indonesia. Orang tua Merry Riana diperankan oleh (Ferry Salim & Cyntia Lamusu) menjual semua harta benda mereka dan hanya mampu membeli satu tiket saja untuk Merry Riana.

Taksiran 2
Ketika sampai di Singapura, Merry di suruh ayahnya untuk mencari alamat pamannya, namun alamat yang dia cari ternyata tidak ada. Merry yang sendirian di Singapura dengan bekal yang pas-pasan. Dari sinilah kisah perjuangan Merry Riana dimulai. Dia tidak putus asa, melalui media sosial dia temukan temannya sewaktu SMA yang bernama Iren diperankan oleh (Kimberly Ryder) yang memang kuliah di Singapura. Merry menginap di israma ilegal.

Taksiran 3
Dalam film Merry Riana (Mimpi Sejuta Dolar) sikap yang patut kita contoh kegigihan dan kepintaran Merry. Untuk bisa tinggal di asrama Merry harus menjadi mahasiswa di kampus tersebut karna kepintaran dan kegigihan Merry ia lulus tes ujian dan diterma di salah satu perguruan tinggi terbaik di singapura,tetapi Merry haruus membayar uang sebesar $40.000, Merry pun harus mencari mahasiswa senior kenalan irene mau menjadi penjamin merry setelah Merry berjuang agar Alva mempercayainya karna kegigihan Merry akhirnya Alva mau menolongnya.

Taksiran 4
Terdapat banyak kisah inspiratif dalam film Merry Riana. Merry yang pantang menyerah walaupun sudah jatuh bangun memperjuangkan kuliahnya membuat Alva jatuh cinta kepada Merry. Latar negeri Singapura yang indah membuat film ini juga mempunyai sensasi tersendiri ketika menontonnya. Seolah kita melihat atau menikmati film luar negeri. Di padukan dengan kisah cinta menambah kompit dan lengkapnya cerita film ini.

Taksiran 5
Film Merry Riana mengajarkan penonton untuk berjuang dalam menggapai kesuksesan. Merry yang kuliah dan berfikir keras untuk mendapatkan pekerjaan dan melipatgandakan uang yang ia miliki mulai dari bekerja menyebar brosur, bisnis online, bekerja di restoran dan bermain saham dengan resiko tinggi, bahkan Merry pernah menjadi korban penipuan berkedok multi level marketing sampai uangnya habis. Tetapi ia tetap semangat, pantang menyerah untuk memperjuangkanimpiannya sampai pada akhirnya bisa sukses. Chelsea yang memerankan sosok Merry Riana sangat menikmati perannya meskipun ada beberpa mimik wajahnya yang berlebihan.

Evaluasi 1
Walaupun film Merry Riana smakin “ Greget “, namun disini kurang selaras dengan kisah aslinya. Kisah Merry Riana itu tahun 1998, dan itu sangat berbeda dengan Singapura tahun 2014. Sayangnya sutradara Hestu Saputra tidak mengganti latar dan menyamakannya di tahun 1998. Hanya kerusuhan 98. Ini juga terbukti bahwa terdapat adegan penting percintaan Merry dan Alva yang berlatar belakang di gedung Singapura flyer yang memang belum ada di tahun 98.

Evaluasi 2
Tema dan alurnya, dengan judul Merry Riana Sejuta Dolar, harusnya film ini adalah film perjuangan hidup Merry menggapai sejuta dolarnya. Tapi pada film ini, yang lebih ditonjolkan adalah kisah percintaan antara Merry dan Alva. Penonton akan lebih cenderung melihat bahwa ini adalah film percintaan, buakan film inspirasi yang diharapkan.

Rangkuman
Dapat disimpulkan bahwa film Merry Riana sejuta dolar,meski masih ada kekurangan-kekurangan tetapi,pada akhirnya tetap saja film ini terlihat bagus untuk ditonton,karna dibungkus dengan rapih. Banyak yang dapat di ambil dari kisah Merry Riana, tentu tergantug siapa yang menontonnya dan bagaimana orang tersebut yang menyaksikannya.

Sumber :


1 komentar:

  1. Terima kasih ka untuk Backlinknya! :D
    tulisannya bagus aku suka. bener-bener di kupas habis dari semua sudut. TOP deh... aku bru nyadar klo thn '98 di singapura belum ada "Singapura flyer." hehe sukses ya! :D

    Salam hangat!

    BalasHapus