Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 13 Juni 2016

MERRY RIANA : MIMPI SEJUTA DOLAR



DISUSUN OLEH : ANDIS SETIA PUTRI

Judul                     : Merry Riana : Mimpi Sejuta Dollar
Tahun Rilis            : Desember 2014
Sutradara             : Hestu Saputra
Pemain                 : 1. Chelsea Islan sebagai Merry Riana
                              2. Dion Wiyoko sebagai Alva
                              3. Kimberly Ryder sebagai Irene
                              4. Ferry Salim sebagai Ayah Merry Riana
                              5. Chyntia Lamusu sebagai Mama Merry Riana
                               
Film Merry Riana(2014) merupakan film yang diproduksi oleh MD Pictures ditahun 2014 dimana film ini disutradarai oleh Hestu Saputra dan ditulis oleh Rahabi dan Titien Wattimena. Film “ Merry Riana”(2014) yang berdurasi 105 menit. Film tersebut bertajuk “ Merry Riana “ dibintangi oleh aktris dan aktor tanah air seperti Chelsea Islan, Dion Wiyoko, Kimberly Rider, Ferry Salim, Ninik L. Karim, Tuti Kembang, Sellen Fernandez, Mike Luccock, Cynthya Lamusu
Kisah berawal di Jakarta tahun 1998. Pada saat kisruh yang terjadi pada masa itu. Penjarahan dimana-mana dan yang menjadi sasaran ialah kaum etnis Cina. Memaksa seorang gadis yang bernama Merry Riana yang diperankan oleh (Chelsea Islan) yang baru saja lulus dari SMA terpaksa mengungsi ke negara Singapura Walau sebenarnya ingin tetap bertahan, namun kedua orang tua Merry Riana tetap memintanya untuk segera berangkat. Dalam perjalanan ke bandara, Sang ayah Merry sampai rela menyewa ambulans untuk dijadikanya tumpanganagar tidak diketahui oleh masa yang kisruh pada masa itu. Namun sialnya mereka sekeluarga malah dihadang kawanan penjarah dan mereka terpaksa harus melepaskan harta benda demi keselamatan mereka. Di bandara, orangtua Merry Riana diperankan oleh ( Ferry Salim dan Cyntia Lamusu ) menjual semua harta benda mereka dan hanya mampu mendapatkan satu tiket saja. Kedua orang tua Merry Riana berpikir untuk Merry saja yang berangkat ke singapura. Demi keselamatan putri mereka.
Ketika sampai di Singapura, Merry di suruh ayahnya untuk mencari alamat teman ayahnya yang tinggal disana. Namun ternyata alamat yang dia cari ternyata tidak ada.
melalui media social ia temukan seorang temanya sewaktu SMA bernama Irene yang memang kuliah di Singapura. Merry tidak mengenal begitu akrab dengan sosok Irene, tapi Merry yakin bahwa Irene adalah teman yang baik. Merry akhirnya menemukan tempat untuk dijadikan tinggal sementara. Merry menginap di asrama Irene secara ilegal. Karena perbuatanya itu melanggar aturan akhirnya Merry harus diusir dari asrama itu. Pihak kampus memberi syarat untuk tinggal disana harus menjadi mahasiswa di kampus tersebut.
Irene yang memiliki kenalan mahasiswa senior di kampus tersebut. meminta tolong kepada salah satu mahasiswa senior yang bernama Alva. Merry berpikir Alva mau menjadi penolongnya. Namun ternyata, Alva kurang begitu percaya karena belum pernah mengenal Merry sebelumnya. Alva ingin diberi jaminan bahwa Merry akan benar-benar sanggup membayar hutangnya. Dari situlah Merry berjuang untuk mendapatkan penghasilan. Agar Alva percaya dan mau menjadi penjamin Merry. Semua tempat-tempat usaha yang berada disekitar situ dicoba Merry untuk mendapatkan penghasilan. Namun tak satupun dari mereka yang mau menerima Merry bekerja di tempat-tempet itu. Merry yang tetap gigih walaupun banyak menerima penolakan, akhirnya menemukan pekerjaan dengan gaji yang sedikit. Karna kegigihan Merry pula yang akhirnya membuat Alva akhirnyaa mau menolongnya untuk menjadi penjamin hutangnya.

Ceritanya agak kompleks. Jadi, tidak hanya bercinta soal cinta saja. Melainkan juga tentang perjuangan hidup merry. Tentunya, hal tersebut akan membuatan film ini jadi tambah seru untuk diikuti.
Harusnya film ini adalah film perjuangan hidup Merry menggapai sejuta dolarnya. Tapi pada film ini, yang lebih ditonjolkan adalah kisah percintaan antara Merry dan Alva. Penonton akan lebih cenderung melihat bahwa ini adalah film percintaan, bukan film inspirasi yang diharapkan.
Penilaian ceritanya inspiratif dan romantis kisahnya membuat suasananya menjadi terharu melihat kisah perjalanan ceritaya dari awal sampai akhir. Dan cerita ini membawa dampak positif atau memiliki pesan-pesan moral yang baik.
Dalam film Merry Riana ini mengajarkan jangan pantang menyerah walaupun sudah jatuh bangun dalam hal apapun dan kamu  jangan pernah mengeluh akan kekurangan yang kamu miliki

 Sumber : http://syaifardhinata.blogspot.co.id/2015/04/sinopsis-mengenai-film-merry-riana.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Merry_Riana:_Mimpi_Sejuta_Dolar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar