Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 16 Juni 2016

Belajar Ikhlas Dari Film “Surga Yang Tak Dirindukan”


Disusun Oleh : Ida Farida Mardiana 



Judul              : Surga Yang Tak Dirindukan
Tahun             : 2015
Sutradara      : Kuntz Agus
Pemain                      :
1. Fedi Nuril (Prasetya),
2. Laudya Synthia Bella (Arini),
3. Raline Shah (Mei Rose),
4. Sandrina Michelle (Nadia),
5. Kemal Palevi (Amran),
6. Tanta Ginting (Hartono),
7. Zaskia Adya Mecca (Sita),
8. Landung Simatupang (Sutejo, Ayah Arini),
9. Ray Sitoresmi (Sulasti, Ibu Arini),
10. Vitta Mariana (Lia)


Orientasi
Surga yang Tak Dirindukan merupakan film terlaris 2015. Film Surga Yang Tak Dirindukan merupakan film drama yang diadaptasi dari sebuah novel karya Asma Nadia dengan judul sama. Film ini dibintangi oleh Fedi Nuril, Laudya Cynthia Bella, Raline Shah, Zaskia Adya Mecca, Sandrina Michelle, dan  lain-lain. Diproduseri oleh Manoj Punjabi dan sutradara Kuntz Agus.. Skenarionya ditulis Alim Sudio dan diproduksi MD Pictures.

Tafsiran Isi 1
Difilm ini, pertemuan Pras dan Arini bagai sebuah dongeng. Pras jatuh hati pada sosok keibuan Arini. Arini pun tak dapat menolak keinginan hati ketika Pras meminangnya. Kehidupan rumah tangga keduanya berjalan mulus tanpa masalah. Kisah cinta pada pandangan pertama mereka begitu indah. Pernikahan yang kemudian terwujud mendatangkan kebahagiaan lain dengan hadirnya Nadia (buah cinta keduanya). Namun, semuanya berubah ketika hadirnya Mei Rose dikehidupan mereka.

Tafsiran Isi 2
     Suatu hari, dalam perjalanan menuju kantor, Pras harus menolong sebuah mobil yang mengalami kecelakaan. Alangkah kagetnya Pras saat mengetahui korbannya adalah seorang perempuan dalam balutan baju pengantin Mei Rose (Raline Shah) yang sedang dalam kondisi mengandung dan ia berusaha bunuh diri karena dikhianati oleh laki-laki yang ingin menikahinya. Dengan sangat terpaksa, Pras akhirnya menikah dengan Mei Rose tanpa sepengetahuan Arini. 

Tafsiran Isi 3
Awalnya, Arini yang mengetahui berita tersebut sangat terpukul dan tidak terima. Ia merasa sangat kecewa, surga yang dibangun bersama oleh Pras sudah tidak dirindukannya lagi. Namun, dengan kesabaran dan semangat yang terus diberikan Ibundanya, Arini pun dapat menerimanya dengan ikhlas. Arini sadar, bahwa Pras menikahi Mei Rose hanya untuk menolongnya. Arini pun tidak ingin buah hatinya, Nadia menjadi korban dari kejadian ini.

Tafsiran Isi 4
Film ini sangat bagus, kita dapat mengambil hikmah dibalik kisahnya. Film ini mengajarkan kita agar menjadi orang yang kuat, sabar, ikhlas dan tidak terburu-buru dalam mengambil sebuah keputusan. Akting dari setiap pemain sangat optimal, terlebih Fedi Nuril sebagai Prasetya, untuk mengungkapkan kesedihan Ia tak ragu untuk mengeluarkan air matanya. Begitupun dengan Laudya Chinthya Bella sebagai Arini yang emosi saat ia mengetahui bahwa Pras menikah lagi sangat membuat penonton ikut larut didalamnya.

Tafsiran Isi 5
Kritik untuk film Surga Yang Tak Dirindukan dari segi penokohan yaitu  Arini yang dibilang memiliki sifat keibuan, justru kalah dengan Mei Rose. Dapat terlihat saat Arini melabrak Mei Rose kerumahnya. Dari segi alurnya, penggambaran latar belakang Pras hanya bisa dilihat sekilas dan itu hanya dari mimpi Pras didalam sebuah mobil yang sedang berhenti. Penggambarannya masih kurang dalam dan belum begitu dapat dimengerti, karena kejadian diletakkan diawal film.

Evaluasi
Film ini tergolong kurang spektakuler penjualannya dalam pekan-pekan awal. Namun, dengan dibantu dengan promosi gencar dan respon yang baik dari penontonnya, film ini sanggup bertahan lebih dari satu bulan di bioskop. Pada akhirnya, film keluaran MD Pictures ini jadi film Indonesia dengan penjualan tiket terbanyak di tahun 2015 , yaitu sebanyak 1.523.570 tiket.

Rangkuman
Perlu diakui, pengemasan film 'Surga yang Tak Dirindukan' lebih baik dari film drama umumnya. Pasalnya, efek suara dan visual film benar-benar dibuat hidup, sehingga penonton seperti masuk dalam cerita pada film tersebut. Alur cerita dan titik klimaks film pun dibuat teratur. Film ini sangat cocok dinikmati bagi kita yang ingin tahu sisi berbeda dari poligami.

Sumber :
yadi82.blogspot.com/2016/01/ulasan-film-surga-yang-tak-dirindukan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar