Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 14 Juni 2016

The Karate Kid : Memilih terjatuh atau bangkit, lakukanlah!

disusun oleh : Riska Istiqomah
Judul Film : The Karate Kid
Tahun Rilis : 11 Juni 2010
Sutradara : Harald Zwart
Pemain : Jaden Smith sebagai Dre Parker
               Jackie Chen sebagai Mr.Han
               Zhenwei Wang sebagai Cheng
               Wenwen Han sebagai Meiying
               Yu Rongguang sebagai Master Li

Orientasi
Film The Karate Kid ini adalah film asal Amerika bergenre action yang dirilis tahun 2010 dan diproduksi oleh Columbia Pictures. Film ini disutradarai oleh Harald Zwart dan ditulis oleh Christopher Murphey. Film ini merupakan hasil remake atau pembuatan ulang pada trilogi film sebelumnya dengan judul yang sama pada tahun 1984, 1986 dan 1989. Pemain dalam film ini adalah Jaden Smith sebagai Dre Parker, Jackie Chan sebagai Mr.Han dan Zhenwei Wang sebagai Cheng. Film yang berdurasi 140 menit ini berkisah tentang perjuangan seorang anak berusia 12 tahun beradaptasi di lingkungan barunya.

Tafsiran Isi 1
Dre Parker yang berumur 12 tahun dan Sherry ibunya pindah ke Beijing dari Detroit setelah dia mendapat transfer pekerjaan. Dre menyukai seorang pemain biola muda, Mei Ying, yang membalas perhatiannya.Tetapi Cheng, seorang kung fu pemberontak ajaib yang keluarganya dekat dengan Mei Ying ini, mencoba untuk menjaga mereka terpisah dengan mengalahkan Dre, dan kemudian dia pengganggu Dre di sekolah. 

Tafsiran isi 2
Setelah kunjungan lapangan ke Kota Terlarang, Dre bertemu Cheng dan teman-temannya nongkrong dekat apartemennya. Dre mencoba untuk melewati tanpa mereka melihatnya. Ketika ia menemukan sebuah ember air  melimpah dari sebuah lubang uap, Dre membalas dendam dengan menjipratkan air kotor dengan Cheng. Cheng dan yang lain menangkap Dre dan memukulinya. Selama serangan itu, laki-laki misterius pemeliharaan bangunan Dre, Mr Han, datang membantu Dre, mengungkapkan dirinya sebagai master kung fu .

Tafsiran Isi 3
Setelah cedera Han mengobati Dre menggunakan api bekam. Dre bertanya apakah Mr Han bisa mengajarinya kung fu. Han menolak, mereka menemui guru Cheng, Master Li, untuk berdamai. Ketika Han ingin meninggalkan sekolah, Li mengatakan mereka tidak akan diizinkan untuk meninggalkan sekolahnya kecuali mengadu Dre atau Han. Han menerimanya, namun menegaskan pertarungan berlangsung di turnamen mendatang, dan bahwa siswa Li tidak boleh mengganggu Dre  sampai turnamen. Li setuju, tetapi mengatakan bahwa jika Han dan Dre tidak muncul selama turnamen ia secara pribadi akan menyakiti Han dan Dre.

Tafsiran Isi 4
Dre terkejut ketika Han mengatakan kepadanya bahwa ia akan bertarung di turnamen kung fu.Han berjanji untuk mengajarkan Dre  kung fu yang sesungguhnya. Han dimulai melatih Dre, tapi Dre frustrasi bahwa Han hanya menyuruh dia menghabiskan waktu berjam-jam untuk melepas jaketnya, menggantung , menjatuhkannya, dan meletakkannya lagi.Dre menolak untuk melanjutkan latihannya sampai Han menunjukkan bahwa gerakan lengan berulang-ulang adalah metode pengajaran bela diri teknik seni, yang menampilkan naluri ketika menyerang. 

Tafsiran Isi 5
Pada turnamen, Dre yang kurang percaya diri lambat dan membuat Ia terluka parah. Meskipun desakan Han bahwa ia telah menerima penghargaan untuk penampilannya, Dre meyakinkan Han untuk memperbaiki kakinya dengan menggunakan api cupping untuk melanjutkan. Dre kembali ke arena, menghadap Cheng. Dre memberikan pukulan mengesankan, namun counter Cheng dengan menyerang ke kaki Dre yang terluka. Dre berjuang untuk bangun, dan mencoba teknik refleksi untuk memanipulasi Cheng dalam mengubah sikap serangan. Cheng menyerang Dre, tapi Dre membalik dan menangkap Cheng dengan tendangan di kepala. Dengan begitu Dre dapat memenangkan turnamen.

Evaluasi
Film The Karate Kid berhasil menduduki peringkat 1 dalam deretan film-film box office. Film ini mengumpulkan pendapatan kotor sebesar lebih dari 77 juta dollar dan mengalahkan film The A-Team. Film ini tidak luput dari ulasan negatif dari kritikus film. Salah satu ulasannya adalah keselarasan antara judul film dengan isi cerita. Judul film adalah The Karate Kid tapi seni bela diri yang diajarkan dan yang dilombakan adalah Kung fu.  Berbeda dengan film aslinya (1984), pada film itu seni bela diri yang diajarkan dan yang dikompetisikan adalah Karate.


Rangkuman
Film The Karate Kid ini layak ditonton karena memotivasi kita untuk terus berusaha sampai puncak. Yaitu dengan rajin latihan dan berusaha. Di dalam film ini juga menyisipkan suatu nilai sosial dimana kita harus berani melawan rasa takut kita kepada siapapun. Agar tidak terus dibayangi oleh rasa ketakutan itu. Sang sutradara juga mengemas film ini dengan sangat apik dengan memberikan bumbu romantis antara Dre dengan Meiying. Selain itu ada sisi humor pada adegan Mr.Han menangkap lalat yang menggangunya saat makan menggunakan raket nyamuk. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar