Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 16 Juni 2016

TEKS EKSPLANASI : "FENOMENA SELFIE"


“Fenomena Selfie”
Disusun Oleh : Iis Ariska



Pertanyaan Umum :
            Selfie menurut Kamus Oxford adalah aktivitas seseorang yang memotret dirinya sendiri alias Self – Portrait, yang umumnya menggunakan ponsel atau Webcam, Kemudian mengunggahnya ke situs media sosial. Tujuan dari selfie adalah sekadar mengekspresikan diri atau ingin menginformasikan keberadaannya saat itu. Penggunaan kata selfie sendiri telah meningkat hingga mencapai 17 ribu persen, dalam kurun waktu setahun terakhir. Selfie tidak hanya dilakukan oleh anak muda saja tetapi juga dilakukan oleh para Pemimpin Negara.
Penyebab dari nasistik ini sampai kini belum diketahui. seperti gangguan mental lain,penyebabnya mungkin kompleks. bukti yang berkait adalah penyebab disfungsional di masa kanak-kanak, seperti sering memanjakan diri berlebihan, harapan yang sangat tinggi, penyalahgunaan atau kelalaian. bukti lain menunjukan bahwa genetika atau psychobiology- hubungan antara otak dan perilaku dan berpikir.


Urutan Sebab Akibat :
Selfie juga mempunyai dampak buruk karena terlalu keseringan selfie. Karena akan berdampak pada gangguan Psikologisnya. Orang terlalu sering ber- Selfie akan punya obsesi berlebihan dibanding yang lainnya. Berlebihan untuk ingin tampil lebih sempurna, dan gila akan pujian. Untuk itu kurangi selfie yang berlebihan. Selain itu selfie dapat menyebabkan mengundang kejahatan karena memposting foto selfie yang memamerkan aurat yang terbuka sehingga mempengaruhi orang lain untuk memanfaatkan peluang tersebut.


Urutan Sebab Akibat :
Remaja emang paling rentan untuk membentuk citra dirinya menjadi negatif. Karena kondisi dan emosi yang masih labil membuat remaja cenderung gampang dipengaruhi. Mungkin hal-hal yang selama ini kita anggap sebagai sesuatu yang keren dan disukai banyak orang ternyata malah membawa dampak buruk buat kita. Misalnya, sexy selfie dan berpakaian seksi. Kita bisa menghindari negative self-images dengan lebih mencintai diri sendiri dan mengubah beberapa kebiasaan buruk. Upaya yang yaitu latihan mawas diri, sweet selfie atau foto-foto yang lebih lucu atau kreatif,  dan selalu jaga penampilan.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar