Follow Us @literasi_smkn23jkt

Selasa, 14 Juni 2016

Belajar kesederhanaan dalam Film Jokowi

Disusun Oleh : Rezky Fimansyah


Judul Film  : Jokowi
Tahun Rilis : 20 Juni 2013
Sutradara   : Azhar Kinoi Lubis
Pemain      : 1. Teuku Rifnu Wikana sebagai Jokowi
                   2. Prisia Nasution sebagai Iriana
                   3. Ratna Riantiarno sebagai Ibu Jokowi

Struktur Teks Ulasan dari Film Jokowi

ORIENTASI 1
      Jokowi adalah film drama indonesia tahun 2013. Film ini dibintangi oleh Teuku Rifnu wikana dan Prisia Nasution. Film ini dirilis pada haris Kamis tanggal 20 Juni 2013 untuk menyambut hari ulang tahun Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang ke-52.Pada tanggal hari Jum'at, 21 Juni 2013 bersamaan dengan perayaan ulang tahun Daerah Khusus Ibukota Jakarta yang ke-486 pada tanggal hari Sabtu, 22 Juni 2013

ORIENTASI 2
     Film Jokowi ini yang berdurasi 90 menit berkisah tentang seorang anak tukang kayu bernama Joko Widodo, yang tinggal dan hidup di rumah kecil pinggiran sungai. Film ini di produksi oleh K2K Pictures Produksi dan di adaptasi dari pengalaman nyata. Joko Widodo yang mempunyai sifat pemalu hingga mampu menjadi pemimpin besar yaitu menjadi presiden ke-7 Republik Indonesia.

TAFSIRAN ISI 1
     Perjuangan dari tokoh yang berusaha untuk mempunyai masa depan yang baik. Terdapat pada tokoh ayah yang memiliki profesi dengan penghasilan tidak tetap untuk mencukupi hidup keluarganya. Dan tidak lupa selalu memberikan pelajaran hidup pada anaknya, serta kedisplinan yang di terapkan dalam kehiduan sehari-hari yaitu pengajaran atas perilaku saat Jokowi marah dan saat itu juga ayahnya memberikan pelajaran dengan memberitahu Jokowi betapa kecewanya seorang Ayah melihat anak yang di didiknya dengan benar sedang melakukan kesalahan serta menasihati tentang pentingnya harga diri dan menjaga perilaku agar dihargai orang lain.

TAFSIRAN ISI 2
     Usahanya untuk membuktikan semua pelajaran dari sang ayah, makin keras ia lakukan. Dan waktu mengatarkan anak bantaran kali ini menjadi sosok yang bukan hanya besar di mata orang-orang disekitarnya namun juga  rendah hati dan selalu memanusiakan sesamanya. Dari pinggiran Sungai di Desa kecil yang bernama Srambatan, Joko telah mampu tampil menjadi pemimpin Kota Solo yang menulis lembaran baru.

TAFSIRAN ISI 3
     Bekerja keras dalam mencapai impian karena setiap kesuksesan tidak ada yang sia-sia. Apa yang kita usahan akan sebanding dengan hasil yang kita peroleh.Seperti Jokowi yang bekerja keras dari kecil hingga besar untuk menjadi seseorang yang sukses.

TAFSIRAN ISI 4
     Jokowi kecil yang berjanji pada Ayahnya untuk tidak bertengkar dengan temannya. Yang kemudian memberikan nasihat untuk jangan pernah membuat janji yang mungkin tidak bisa kita tepati. Nasihat atau petuah dalam film ini banyak disampaikan dari dialog antar tokoh, kebiasaan hidup tokoh dan lain sebagainya.

TAFSIRAN ISI 5
     Latar tempat dan suasana jaman dahulu digambarkan dengans angat bagus dan mirip dalam film ini. Seperti Pencahayaan, perabotan rumah, bentuk rumah, adat istiadat jaman dahulu, efek kamera dan hal tersebut menambah hidupnya latar yang ingin digambarkan atau disampaikan oleh film ini.

TAFSIRAN ISI 6
     Film Jokowi ini banyak menggunakan bahasa Jawa yang tidak semua orang penonton mengetahu arti atau makna dari bahasa tersebut karena itu dappat menyebabkan adanya kesalahpahaman penafsiran seperti pada pembukaan film tokoh Ayah Jokowi banyak menggunakan bahasa jawa dalam dialognya

TAFSIRAN ISI 7
     Dalam film ini digambarkan kisah hidup Jokowi dari bayi hingga dewasa, namun dalam film ini kenakalah atau kejahilan anak kecil yang sewajarnya tidak di perlihatkan. Film ini hanya menampilkan sisi baik dan kelebihan Jokowi tanpa di imbangi dengan beberapa kenakalan atau kejelekan yang mungkin atau wajar di miliki oleh seseorang.

EVALUASI 1
     Saat proses syuting film Jokowi yang melibatkan 990 orang figuran itu imbuhnya, 95% di Solo dan 5% di Jogja.Beberapa wilayah Solo yang di pakai lokasi syuting yaitu Kali Anyar, Keraton, Kauman, Pasar Gede dan Laweyan. Proses syuting total ada 98 scene, untuk pengambilan gambar di solo dilaksanakan selama 6 hari. Sisanya di Jogja dan lokasi lain.

EVALUASI 2
     Pada 4 hari pertama setelah film Jokowi Rilis, bahwa film ini meraih sejumlah penonton sebanyak 64.446 Ribu penonton yang bergenre drama ini. Pembuatan Film Jokowi ini menghabiskan ratusan jutaan rupiah saat proses syutingnya.

RANGKUMAN
     Bahwa Film Jokowi memungkinkan kita bicara mengenai perjuangan hidup tokoh jokowi melalui model film dramatikal. Film ini menawarkan perjalanan hidup tokoh yang mengalami berbagai rintangan dalam meraih mimpi. Namun pada akhirnya mimpi itu akan terwujud jika disertai dengan doa dan usaha yang keras. Jadi Film Jokowi ini layak di tonton karena mengandung hal positif dan pembelajaraan yang bayak dari tokoh film tersebut.

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Jokowi_(film)
http://www.slideshare.net/InneMoella/struktur-teks-ulasan-film-jokowi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar