Follow Us @literasi_smkn23jkt

Sabtu, 11 Juni 2016

Balasa kepada Orangtua "Baghban"

Disusun oleh : Chynthya Charthika

 

Judul              : Baghban
Tahun             : 2003
Sutradara      : Ravi Chopra
Pemain          : 1. Amitabh Bachan (Raj Malhotra)
                          2. Hema Malini (Pooja Malhotra)
                          3. Salman Khan (Alok)
Orientasi
Baghban adalah sebuah film drama Bollywood 2003 yang diproduksi oleh B.R Chopra dan disutradarai oleh Ravi Chopra. Film tersebut merupakan sebuah adaptasi dari film Make Way for Tomorrow (1937) dan alurnya terinpirasi dari film Marathi 1954 Oon Paoos dan film Kannada 1958 School Master.

Tafsiran 1
            Film Baghban menceritakan tentang keluarga Raj Malhotra dan isterinya Pooja Malhotra yang hidup sangat bahagia. Akan tetapi semua itu berubah setelah Raj Malhotra pensiun dari pekerjaannya. Kemudian mereka berdua meminta bantuan untuk masa depannya kepada anak-anak mereka. Namun anak dan menantu mereka terpaksa merawat kedua orangtuanya di masing-masing rumah mereka. Anak mereka berpikir untuk apa merawat orang tua yang tidak bisa dibanggakan dan tidak punya apa-apa lagi setelah pensiun dari pekerjaannya.

Tafsiran 2
Menurut Raj dan Pooja mereka sangat tidak suka dengan keputusan anak-anaknya karena telah memisahkan kedua orang tua sendiri. Selama tinggal bersama anak menantu mereka raj dan pooja diabaikan bahkan sejak pertama turun dari mobil. Ia dibiarkan membawa sendiri kopernya, betapa sang anak sama sekali tak menghargainya. Sementara Pooja ditolak untuk tinggal sekamar bersama cucunya karena alasan privasi. Akhirnya Pooja tinggal dikamar pembantu menantunya, sang pembantu pun tidak senang dan berkata kasar pada Pooja lalu hal itu dibiarkan saja oleh menantunya. Pooja sama sekali tidak dianggap ibu dan mertua dirumah tersebut. Kejadian demi kejadian yang sangat menyakitkan diterima Raj dan Pooja setiap harinya. Suatu pagi raj sedang berjalan santai, tiba-tiba ada seorang pria dikejar oleh anjing lalu raj menolong pria itu. Berterimakasih atas pertolongannya pria yang bernama hemant Bhai Patel itu langsung menjadikan Raj sebagai abang dengan panggilan Mota Bhai. Hemant Bhai merupakan pemilik kafe music yang tak jauh dari perumahan putra Raj.
 
Tafsiran 3
            Karena Raj sering diabaikan dirumah anaknya, iapun sering berkunjung ke kafe Hemant Bhai. Hemant Bhai dan isteri bahkan beberapa pengunjung remaja yang dudah dianggap oleh anak Hemant Bahi pun tahu kisah cinta Raj dan pooja. Lalu seorang gadis menyarankan pada Raj untuk menuliskan kisah cintanya dengan Pooja. Saran ini tak disia-siakan oleh raj, ia mulai menulis. Menulis menggunakan mesin tik tua membuat sang anak dan menantu merasa gaduh dan tak dpaat tidur, lagi lagi raj dimarahi. Akhirnya Raj memutuskan untuk menghabiskan waktunya menulis kisah hidupnya di kafe milik Hemant Bhai. Ternyata tanpa sepengetahuan Raj, tulisan yang tak sadar tertinggaldi kafe Hemant Bhai diterbitkan oleh sebuah perusahaan penerbitan. Raj menjadi terkenal, kemudian ia diundang untuk memperkenalakan dan memberikan sebuah sambutan mengenai tulisan yang dibukukan dengan judul “Baghban“ ke-empat anaknya Raj pun tahu mengenai hal ini. Mereka pun menghadiri acara tersebut, akakn tatapi Raj da Pooja mengabaikan mereka.

Tafsiran 4
            Salah satu kelebihan dalam film Baghban ini yaitu temannya yang mengisahkan tentang romantika kehidupan keluarga yang diwarnai berbagai macam masalah dalam kehidupan. Dan dalam film ini meyajikan unsur pendidikan daripada menampilkan adegan kekerasan.

Tafsiran 5
            Dalam film ini terdapat beberapa kelemahan seperti durasi yang lama sehinnga menyita waktu, karena film India maka sangat berbeda dengan budaya Indonesia baik dari segi busana sehinga kadang mempertontonkan auratnya begitu pula, bahasa yang digunakan sehingga sulit untuk dipahami. Pada ending film ini sang ayah bersifat arogan yang tidak mau memaafkan atas kesalahan anak-anaknya.

Evaluasi
Sepanjang film, penonton hanya dihadapkan oleh masalah-masalah tentang perteng;karan antara anak dan orangtua. Saat itulah tampilan film tersebut memberikan kebosanan dan ritme yang biasa  serta tidak memberikan letupan perasaan yang menggebu-gebu. Banyaknya tokoh dan para pendamping merupakan salah satu alasan dari hilangnya perasaan itu. Sebagaiman film India yang lain, film ini juga disertai oleh beberapa lagu dan tarian yang menjadi penguat dalam alur cerita ini dan menjadi daya Tarik  tersendiri, serta menujukkan khas budaya India.

Rangkuman
Secara keseluruhan, film ini sangat terasa begitu akrab bagi penonton film Indonesia. Tentunya dengan menginspirasi banyak orang mengenai bagaimana perlakuan yang seharusnya dilakukan pada kedua orangtua dan seperti apa keikhlasan orangtua dalam membesarkan anak yang sesungguhya. Selain itu, juga cinta sejati yang dalam kisah cinta Raj dan Pooja sangat menginspirasi.





Sumber  :

 (Diakses pada tanggal 16 Mei 2016)

(Diakses pada tanggal 16 Mei 2016)


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar