Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 13 Juni 2016

Perjuangan Hidup dalam Film "The Shawshank Redemption"

Disusun Oleh Shelma Sabrina

 

Judul               : The  Shawshank  Redemption
Tahun              : 1944
Sutradara        : Frank Darabont
Pemain            : 1. Tim Robbins (Andy Dufresne)
                          2. Morgan Freeman (Ellis Boyd “Red”)

Orientasi
The Shawshank Redemption adalah film drama Amerika Serikat tahun 1994 yang ditulis dan disutradarai Frank Darabont dan dibintangi Tim Robbins dan Morgan Freeman. Film ini diangkat dari novel The Shawshank Redemption karangan Stephen King. Berkisah tentang Andy Dufresne, seorang bankir, dalam menjalani masa tahanan untuk kejahatan yang tidak dia lakukan di rumah tahanan Shawshank Redemption.

Tafsiran Isi 1
Pada tahun 1947, bankir Andy Dufresne (Tim Robbins) dituduh membunuh istri dan selingkuhannya berdasarkan bukti kejadian dan dihukum penjara dua kali seumur hidup di Shawshank State Penitentiary. Andy langsung berteman dengan penyelundup barang Ellis "Red" Redding (Morgan Freeman), seorang tahanan yang dipenjara seumur hidup. Red menyelundupkan palu batu untuk Andy agar ia bisa membuat pion-pion catur. Red kemudian membawakannya poster Rita Hayworth berukuran besar, kemudian poster Marilyn Monroe dan Raquel Welch. Andy bekerja di binatu penjara, namun sering dipukuli geng homoseks "the Sisters" dan pemimpinnya, Bogs (Mark Rolston).

Tafsiran Isi 2
Dengan kecerdasannya, ia mampu membangun perpustakaan di Shawshank menjadi yang terbaik daripada penjara lain. Warden kemudian memindahkan Andy ke bagian perpustakaan penjara untuk membantu seorang narapidana tua bernama Brokks Hatlen, dengan tujuan agar Andy dapat juga melakukan pembukuan keuangan penjara. Kemampuannya dalam keuangan dan pajak, membuat Andy sering dikunjungi para penjaga tahanan di Shawshank dan lingkungan sekitar penjara.  Andy kemudian mulai menulis surat setiap ke pemerintah setempat yang isinya meminta bantuan tambahan buku untuk perpustakaan di Shawshank.

Tafsiran Isi 3
Kecerdasannya itulah yang menarik perhatian kepala penjara, Norton (Bob Gunton). Andy yang aslinya adalah seorang pegawai bank yang cerdas diminta membantu bisnis kotor sang kepala penjara. Tapi hal itu ternyata dilakukan Andy tidak hanya untuk membina hubungan baik tapi juga karena dia mempunyai sebuah rencana. Rencana rahasia yang bahkan Red sang sahabat tidak mengetahuinya hingga rencana tersebut terlaksana.

Tafsiran Isi 4
Bagaimana film ini disuguhkan sangatlah luar biasa. Sebuah film bagus yang menggunakan tempo plot yang sedang dimana didalamnya menggunakan dialog yang sebenarnya ringan tetapi sangat bermakna. Tidak perlu menggunakan dialog yang kadang berkesan menggurui, film ini memakai dialog yang bisa dibilang sederhana tetapi mampu memberikan makna dan kesan yang dalam.

Tafsiran Isi 5
Adegan-adegan yang ada disini mampu ditampilkan secara tepat. Keputusan untuk tidak menonjolkan kekerasan berlebih dalam penjara mempunyai sisi positif. Positifnya, film ini menjadi tidak menjurus kearah menampilkan penderitaan karakternya secara langsung tetapi lebih secara sisi psikologis dimana kita akan lebih merasakan makna yang mendalam.

Evaluasi
Keterikatan penonton dengan cerita dan karakter di film ini mampu dijalin dengan baik. Kita akan merasa kehilangan dan merasakan perasaan sama bila ada karakter yang pergi. Semisal saat karakter Brooks bebas, kita juga akan dibawa merasa kehilangan dan sekaligus merasakan kesepian yang sama dengan yang Brooks alami. Dalam film ini juga diperlihatkan bahwa kebebasan itu relatif. Bisa jadi seseorang justru merasa bebas dan berharga di sebuah tempat yang tidak memberi kebebasan macam di penjara. Tetapi  orang justru bisa merasa terkekang dan merasa kesepian sekaligus gagal di dunia luar dimana seharusnya mereka bisa menghirup udara bebas. Tergantung bagaimana orang tersebut mampu memaknai dan memanfaatkan kebebasan yang dia dapat. Dan tentunya ada juga pelajaran jangan takut untuk menaruh harapan dan mimpi yang tinggi.

Rangkuman
Film ini sangat layak untuk ditonton karena di dalamnya terdapat banyak sekali pelajaran yang dapat diambil. Diakhiri dengan sebuah ending yang menyentuh tanpa harus bermelodrama dan menyuguhkan sebuah adegan klimaks yang menggugah, "The Shawshank Redemption" berhasil menampilkan gambaran pemaknaan hidup yang menyentuh.


Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar