Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 10 Juni 2016

TEKS EKSPLANASI “TSUNAMI”



Disusun oleh : AYU SILVANI


PERNYATAAN UMUM : 
Tsunami adalah sebuah ombak yang terjadi setelah sebuah gempa bumi, gempa laut, gunung berapi meletus atau hantaman meteor dilaut. Tsunami juga dapat diartikan sebagai sebuah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut secara vertical dengan tiba-tiba. Gelombang tersebut bergerak pada kelajuan tinggi, hampir tidak dapat dirasakan oleh kapal laut. Adapun beberapa ciri-ciri akan terjadinya tsunami yaitu :
 
1.    Kondisi air, biasanya jika tsunami akan datang kondisi air akan surut secara tiba-tiba.
2.    Terdengar suara gemuruh
3.    Banyak hewan hewan yang keluar
4.    Terdapat gempa pengiring
5.    Adanya gelombang yang tidak biasa
6.    Ada suara gemuruh yang menggelegar
7.    Keadaan awan langit
8.    Lampu tetap menyala
 


URUTAN SEBAB AKIBAT :

Tsunami dapat terjadi gangguan yang menyebabkan perpindahan sejumlah besar air, seperti letusan gunung api, gempa bumi, longsor maupun meteor yang jatuh ke bumi. 90% tsunami adalah akibat gempabumi bawah laut. Selain itu, Tsunami terjadi karena adanya gangguan implusif terhadap air laut akibat terjadinya perubahan bentuk dasar laut secara tiba-tiba.

Dampak yang diakibatkan tsunami adalah merusak apasaja yang dilaluinya. Bangunan, timbuh-tumbuhan dan mengakibatkan korban jiwa manusia serta menyebabkan genangan. Pencemaran air asin lahan pertanian, tanah dan air bersih. Tsunami akan diamati oleh berbagai instusi seismologi sekeliling dunia dan perkembangannya.


Upaya yang dilakukan adalah dengan adanya sistem peringatan dini. Upaya peringatan dini dengan cara adanya seismograf. Adapun hal yang harus dilakukan saat dan setelah terjadinya tsunami :

  1. Jangan panik
  2. Jangan jadikan gelombang tsunami sebagai tontonan
  3. Jika air laut surut dibatas normal, tsunami mungkin terjadi
  4. Pergilah ketempat evakuasi yang memungkinkan


Sumber :

https://mengepal.wordpress.com/2013/01/17/proses-terjadinya-tsunami/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar