Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 10 Juni 2016

Kebakaran Hutan

Disusun Oleh: Kartika Budiman

Kebakaran hutan adalah peristiwa dimana wilayah yang memiliki banyak tumbuhan lebat seperti pohon, semak belukar, paku-pakuan, rumput dan lain-lain atau yang dikenal hutan mengalami peubahan bentuk yang disebabkan oleh aktifitas negatif maupun positif. Namun berdasarkan fakta, dampak ngatif jauh lebih mendominasi daripada dampak positif.

Faktor penyebab terjadinya kebakaran hutan ada dua macam yaitu faktor alam dan faktor manusia. Kebakaran yang terjadi akibat faktor alam diantaranya karena petir, kemarau berkepanjangan sehingga matahari akan membakar tanaman yang kering dan aktifitas vulkanik yang mengeluarkan lahar serta awan panas. Sedangkan kebakaran oleh manusia misalnya hutan yang sengaja dibakar karena ingin membuka lahan. Kebakaran dibawah tanah (ground fire) juga termasuk faktor alam karena pada daerah pada daerah tanah gambut yang dapat menyulut kebakaran diatas tanah pada musim kemarau.

Hampir 95 persen kebakaran hutan disebabkan oleh ulah manusia. Seperti kelalaian membuang putung rokok, membakar hutan, api unggun yang lupa dimatikan dan pembakaran sampah . Kebakaran jenis ini sering terjadi di hutan yang sering di kunjungi  pendaki. Permasalahan kebakaran bukan hanya disebabkan oleh alam maupun human error tetapi banyak juga kepentingan yang terlibat didalamnya, seperti politik, ekonomi, konflik dan budaya. Semuanya terampur menjadi satu sehingga kebakaran hutan jenis ini sangat sulit dicegah dan ditanggulangi.

Kebakaran hutan menyebabkan kerusakan seperti kegundulan hutan yang bisa menyebabkan tanah longsor dan banjir, kematian flora dan fauna, asap yang mengganggu pernapasan serta terentinya siklus aktivitas manusia dan fungsi hutan itu sendiri. Asap yang ditimbulkan mengandung gas dan partikel kimia yang mengganggu pernapasan seperti sulfur dioksida (SO2), karbon dioksda (CO), formaldehida, akrelein, banzen, nitrigon aksida (Nox) dan ozon (O3).

Disisi lain, kebakaran hutan melepaskan emisi karbon ke atmosfer. Karbon yang semestinya tersimpan dalam bio massa hutan dilepaskan dengan tiba-tiba menjadi asap CO2. Pengaruh pelepasan emisi dalam jumlah banyak akn ikut andil memperburuk perubahan iklim, meningkatkan suhu rata-rata permukaan bumi atau sering disebut global warning.

Dengan kesadaran dari diri sendiri, kita harus menjaga agar tidak terjadi kebakaran hutan. Cara mencegah kebakaran hutan yaitu dengan tidak terjadi kebakan hutan yaitu dengan tidak membuang barag yang mudah terbakar di hutan seperti putung rokok, tidak membakar hutan untuk pembukaan lahan, dan segera mematikan api yang sudah tidak digunakan. Dengan demikian kita telah berpatisipasi dalam menjaga kelestarian hutan.


Sumber : 
http://chyrun.com/penyebab-dan-akibat-kebakaran-hutan/
http://manyunosd.blogspot.com/2016/02/contoh-teks-eksplanasi-kebakaran-hutan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar