Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 10 Juni 2016

Teks ulasan : Gita Mendapatkan Mas Gagah yang Baru

Disusun oleh          : Ika Kartika





Judul film               : Ketika Mas Gagah Pergi
Tahun rilis             : Januari 2016
Sutradara              : Firman Syah
Pemain                  : Hamas Syahid (mas Gagah), Aquino Umar ( Gita ), Wijayanto, Izzah Ajrina
Diadaptasi dari      : Novel karangan Helvy Tiana Rosa
Rumah produksi    : IndoBroadCast
Durasi                       : 96 menit

Orientasi 
Film "Ketika Mas GagahPergiThe Movie" ini bercerita tentang seorang pria cerdas dan tampan yang kuliah di FakultasTeknik Sipil bernama Mas Gagah (Hamas      Syahid).Dia memiliki seorang adik yang sangat cantik bernama Gita (Aquino Umar) yang masih sekolah dibangku SMA.

Tafsiran isi 
Suatu ketika Mas Gagah seperti mendapatkan hidayah dari tuhan, yang menyebabkan dia sangat fanatik dan senang sekali mempelajari dunia agama. Tak sedikit warga yang tinggal di dekat rumahnya juga sedikit demi sedikit mulai suka mempelajari tetang agama, begitu pula dengan para preman yang juga ikut mendapatkan hidayah.

Akan tetapi sang adik Mas Gagah awalnya sedikit menolak perubahan yang diaalami kakaknya, namun dengan seiring waktu berjalan Gita sedikit demi sedikit mau mengikuti perintah kakaknya dan juga mau mempelajari tentang agama, yang berdampak iya sekarang sudah menggunakan pakaian yang sopan dan berjilbab.

Suatu hari timbullah suatu kerusuhan di salah satu tempat ibadah yang berada dekat di kediaman Mas Gagah. Mas Gagah mencoba untuk menenangkan keributan tersebut, akan tetapi dia tidak bisa menghadapinya sendiri dan menyebabkan dia harus dibawa ke rumah sakit, akbibat terluka parah. Mas Gagah meninggal dunia.

Selang tahun berlalu, Gita sudah beranjak dewasa dan dia sekarang sudah kuliah di Universitas Indonesia, ketika pulang kuliah, ia melihat seorang pria berbaju kotak-kotak sedang ceramah di angkutan umum yang dia tumpangi. Ceramah yang disampaikan adalah ceramah gratis. Nama pria itu adalah Abdullah.  Dan dari situlah Gita dan Abdullah mulai dekat.

Akan tetapi nasib sial harus menimpa Abdullah ketika ada tawuran pelajar SMA dan dia berusaha untuk melindungi Gita. Dan darah pun mulai bercucunan. Seketika  itu Gita langsung membawa Abdullah ke rumah sakit.

Keduanya kembali di pertemukan setelah inside ntawuran perlajar tersebut. Yaitu ketika Gita sudah lulus kuliah dan melamar di sebuah persusahaan.  Di situ Gita sempat kaget karena yang menguji interview  yaitu sosok yang telah menyelamatkan hidupnya "Abdullah". Muncul rasa sengang dalam hati Gita karena ada sosok pengganti Mas Gagah.

Kelebihan ( pujian ) :
Drama di atas sangat bermanfaat untuk semua orang karena drama tersebut mengajarkan kita agar membela dan mengambil kebaikan di kehidupan sosial dan masyarakat.
Pemain juga sangat menguasai peran sehingga film menjadi seru karena kesungguhan para pemain sampai penonton terbawa pada film tersebut.
Alur ceritanya cukup jelas dan mudah dipahami walaupun singkat dan sederhana
Kekurangan ( Kritik ):
Dalam film tersebut, terdapat sosok Gita yang diperankan oleh Aquino Umar yang mempunyai sifat keras kepala.

Evaluasi
Jumlah  penonton yang sangat banyak dan sangat tertarik dengan film ini. Respon dari masyarakat semua berkata bahwa film ini baik untuk ditayangkan bahkan sampai ingin diputar kembali. 

Rangkuman 
pesan yang terdapat pada film ini adalah kita diajarkan untuk melakukan kebaikan seperti yang dilakukan mas gaga dakam membela kebenaran sampai nyawa taruhannya san membuat adiknya lebih dekat dengan agama.

http://movie.co.id/ketika-mas-gagah-pergi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar