Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 10 Juni 2016

Angin puting beliung

Angin puting beliung
(Sitinadilah)



                                                 
(Pernyataan umum)

Angin puting beliung adalah angin yang berputar dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam yang bergerak secara garis lurus dengan lama kejadian maksimum 5 menit. Orang awam menyebut angin puting beliung adalah angin Leysus, di daerah Sumatera disebut Angin Bohorok dan masih ada sebutan lainnya. Angin jenis ini yang ada di Amerika yaitu Tornado. Angin puting beliung sering terjadi pada siang hari atau sore hari pada musim pacaroba, angin puting beliung terlihat dari adanya awan putih menjulang tinggi seperti bunga kol/dampak ikutan awan cumulonimbus.kemudian berkembang menjadi awan gelap yang disertai hembusan udara dingin dan angin mulai menggoyangkan pepohonan kekiri dan kekanan tidak lama kemudian, angin semakin cepat dan diikuti hujan lebat dan terkadang disertai hujan es. Terlihat diawan hitam pusaran angin berbentuk seperti kerucut turun menuju tanah (bumi).Proses terjadinya angin puting beliung, biasanya terjadi pada musim pancaroba pada siang hari suhu udara panas, pengap, dan awan hitam mengumpul, akibat radiasi matahari di siang hari tumbuh awan secara vertikal, selanjutnya di dalam awan tersebut terjadi pergolakan arus udara naik dan turun dengan kecepatan yang cukup tinggi. Arus udara yang turun dengan kecepatan yang tinggi menghembus ke permukaan bumi secara tiba-tiba dan berjalan secara acak.

(Urutan sebab akibat)

(Sebab)
Penyebab Terjadinya Angin Puting Beliung disebabkan karena Udara panas dan dingin bertemu, sehingga saling bentrok dan terbentuklah puting beliung. Selain itu juga karena Dalam awan terjadi arus udara naik ke atas yang kuat. Hujan belum turun, titik-titik air maupun Kristal es masih tertahan oleh arus udara yang naik ke atas puncak awan.

(Akibat)
Dampak terjadinya puting beliung antara lain:1. Rusaknya rumah dan infrastruktur suatu daerah2. Dapat menimbulkan korban jiwa.3. Rusaknya kebun-kebun warga4. Kerugian Material.5. banyak puing-puing dan sampah yang terbawa puting beliung dan berserakan. Terganggunya kegiatan-kegiatan ekonomi.

Antisipasi .Kenali bulan-bulan pancaroba di tempat anda. Mengadakan penghijauan karena dengan adanya penghijauan udara tidak terlalau panas sehingga tidak terjadi perbedaan panas yang dapat menimbulkan adanya angin puting beliung.Apabila terjadi angin puting beliung menghindar dari pepohonan tinggi yang sudah rapuh karena bisa tertimpa pohon, cari tempat yang aman dan kuat atau menghindar jauh. Membuat rumah yang permanen dan kuat. Membuat tempat perlindungan di bawah tanah apabila tempat tinggal sering terjadi angin puting beliung.

http://idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU.KU/edukasi.net/Fenomena.Alam/Angin.Puting.Beliung/all.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar