Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 16 Juni 2016

Teks Eksplanasi- Bencana Alam Tornado

Disusun oleh: Tina Maudina


PERNYATAAN UMUM
Tornado adalah suatu kolom udara yang beputar dengan kencang yang timbul dari dasar awan comulunimbus atau cumulus (dalam beberapa kejadian) dan sering (tidak terlalu) tampak seperti “Corong Awan”. Sebuah pusaran angin dapat dianggap sebagai Tornado jika pusaran angin tersebut menyentuh tanah dari dasar awan Comolunimbus. Tornado muncul dalam banyak bentuk,tetapi pada umumnya berbentuk corong kondensasi dengan ujung Tornado yang menyempit dan menyentuh tanah. Seringkali terdapar gumpalan-gumpalan awan yang mengelilingi Tornado yangmenyempit atau hampir menyentuh tanah. Tornado sangat membahayakan dank arena dapat meluluhlantahkan semua yang dilewatinya,mulai dari pohon,bahkan gedung. Akan tetapi sebagian besar angin Tornado dapat mencapai kecepatan lebih dari 300mph (480km/jam), yang jangkauan anginnya lebih dari 1 mil (1,6 km) dan dapat melaju dipermukaan tanah hingga 100km. Hal ini tentu saja merusak banyak sekali benda dan menelan banyak korban jiwa yang tidak sedikit. Tornado paling sering terjadi di Ameriks Serikat,India,dan Bangladesh.


URUTAN SEBAB-AKIBAT
Tornado terjadi karena udara hangat semakin tersedot ke awan. Kemudian,akan terbentuk sel badai pada awan Comulunimbus. Terkadang,didalam sel badai bisa berbentuk putaran udara yangcepat akibat arah pergerakan angin yang  berbeda dan kecepatan angin yang berbeda pula. Putaran udara ini yang sering disebut Vorteks akan mencapai tanah dan terjadilah Tornado. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya Tornado dapat bisa merusak apa pun termasuk menghilangkan nyawa manusia. Cara untuk menghindari tornado,sering-seringlah memperhatikan ramalan cuaca sehingga bisa mengevakuasi diri terlebih dahulu dan simpanlah lilin atau senter untuk penerangan apabila listrik padam.Selain itu,pelajarilah banayk hal mengenai Tornado. Misalnya tanda-tandanya bagaimana suaranya,dan bagaiamana keadaan angin disekitar.
Saat sedang terjadi Tornado,jangan terlalu panik. Pakailah helm atau segala sesuatu yang bisa melindungi kepala dari benda-benda yang jatuh. Kemudian,dengarkanlah sirine yang ada dan segera berlindung  dibangunan kokoh atau bunker bawah tanah. Terakhir,banyak berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar senantiasa mendapat perlindungannya.


http://supriyati2009.blogspot.co.id/2009/12/angin-tornado17.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar