Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 13 Juni 2016

Judul teks : “Berjuang Meraih Mimpi”




Di susun oleh  :  Feni Rizkyani





 
Judul Film          :  Merry Riana
Tahun                 :  24 Desember 2014
Sutradara           :  Hestu Saputra        
Pemain              :  1. Chelsea Islan Sebagai         :  Merry Riana
                              2.  Dian Wiyoko Sebagai          :  Alvan
                              3.  Kimberly Rayder Sebagai   :  Irene
                              4.  Ferry Salim Sebagai            :  Orang Tua Merry (Ayah)
                              5.  Cynthia Lamusu Sebagai    :  Orang Tua Merry (Ibu)

v  Orientasi 1
        Dalam filmnya Merry Riana : “ Berjuang Dalam Mimpi “  Adalah Film Indonesia yang di rilis pada 24 Desember 2014. Film ini terinspirasi dari kisah Merry Riana, Perempuan asal Indonesia yang berhasil neraih satu juta dollar pertamanya di Singapur pada usia 26 Tahun. Film ini di produseri oleh Mang Punjabi dan Dhamo Punjadi dan disutradari oleh Hestu Saputra

v  Orientasi 2
        Latar belakang film “ Merry Riana” adalah kisah nyata yamg dialami oleh merry. Sepertinya Sutradara film ini ingin menunjukkan berapa kerasnya hidup Merry riana untuk meraih kesuksesaan di Singapur setelah melalu banyak rintangan dan tantangan. Fil ini diperankan oleh Chelsea Islan, Dian Wiyoko, Kimberly Rayder, Ferry salim, Cynthia Lamusu

v  Tafsiran isi tahap 1
        Kerusuhan Tahun 1998, mengangkat sebuah film yang berjudul Merry Riana. Film ini mengisahkan sosok seorang Merry Riana yang baru saja lulus SMA terpaksa memngunsi ke Singapur karena kondisi di negaranya tidak stabil. Walaupun sebenarnya Merry (Chelsea Islan) ingin tetap bertahan. Namun kedua orang tua Merry memintanya agar segara berangkat dengan tujuan menyelamatkan anaknya.

v  Tafsiran isi Tahap 2
        Dalam perjalanan menuju Bandara tidak aman. Mereka di hadang oleh kawanan penjarah dan terpaksa melepas harta benda demi keselamatan. Di bandara, Orang tua Merry menjual apa yang menempel dibadannya  dan hanya mampu memebeli satu tiket, yang terpenting Merry selamat. Di singapur merry berniat menemui pamannya, namun Pamannya sudah tidak ada karena terbelit dan tidak mampu membayar hutang. Untungnya ia menemui Sahabatnya melalui media social yang bernama Irene, Ia adalah sahabat Merry sejak SMA, dengan bekal uang yang untuk beli makan lima kali saja akan habis, ia harus mencari tempat  tinggal, bertahan hidup, kuliah dan sukses.

v  Tafsiran isi tahap 3
       Dalam film ini “Merry Riana” menonjolkan bagaimana arti sebuah perjuangan untuk meraih cita-cita dan menjdi orang sukses. Meski Merry hidup sebatang kara di Singapur, ia tak putus asa. Dengan bantuan Irene, Merry mencari celah untuk  tinggal dii asrama, Merry pun lolos ujian seleksi dan di terima di salah satu perguruan tinggi disana. Tetpi, itu semua baru bisa di dapat bila ia membayar $40.000. satu-satunya harapan adalah mengambil student Loan, bisa di dapat jika Merry memiliki seorang penjamin. Karena, Merry tidak punya kerabat, dan Irene tidak bisa penjamin. Merry hrus mencari seorang mahasiswa yang mau menjadi penjamin. Maka Merry bertemu Alva, seorang senior tampan ia mau menjadi penjamin asalkan Merry mengikuti perintahnya. Merry pun bersedia, Ia sangat rajin berkerja mulai dari bekerja menyebar brosur, online business, sampai main saham beresiko tinggi,hal itu tidak sia-sia berkat bantuan dan bimbingan dari Alva, Merry berhasil mendapatkan sejuta dolarnya diusia Muda.

v  Tafsiran isi tahap 4
        Dalam sifat Merry  yang gigih dalah menjalankan tugas, pantang menyerah diam-diam alva menaruh hati kepada Merry. Alva cowo cuek dan angkuh memberanikan diri untuk mengungkapkan perasaannya. Namun Merry masih berfikir terlebih dahulu, karena Merry tahu bahwa Irene juga mencintai Alva. Ia tidak ingin merusak hubungan Persahabatannya. Dengan begitu, Merry menceritakan hal tersebut kepada Irene, Irene pun mengizinkan Merry berpacaran dengan alva.

v  Tafsiran isi tahap 5
        Chelsea Islan yang berperann sebagai Merry dalam filmini nampaknya sangat menikmati perannya, Ia tampil begitu natural dan aktingnya sangat bagus. Film ini sangat bagus ditonton oleh kalangan Remaja dan Dewasa karena mengajarkan bagaimana kerasnyahidup di Negri Orang dan mengapai cita-cita. Latar negri Singapur yang indah membuat sensai tersenderi ketika menontonnya. Seolah kita menikmati film Luar Negri. Dipadukan dengan kisah cinta, menambah komplit film ini.

v  Tafsiran isi tahap 6
        Dalam film mimpi sejuata dollar, juga terdpat satu Tokoh yang ktingnya sangat berlebihan. Namun, itu membuat Penonton menjadi tertawa, Ia adalah bos dari Alva. Secara keseluruhan semua Pemain dalam Film ini kelihatan sangat serius dan antusias dalam memainkan perannya masing-masing.



v  Evaluasi 1
        Film yang dibuat oleh Sutradara Hestu Saputra ini mempunyai kekurangagan di dalamnya yaitu terletak pada latarnya yang tidak selaras pada kisah aslinya. Hestu Saputra tidak mengganti latar dan menyamakannya di tahun 1998. Hanya pada kerusuhan tahun 98, dan itu hanya sebentar. Seharusnya, ada penyesuain yang lebih pas pada latar tersebu. Ini terbukti bahwa terdapat adegan penting  percintaan Merry dan alva yang berlatar di gedung Singapur Flayer yang memang gedung tersebut belum ada pada tahun 1998.

v  Evaluasi 2
        Dengan judu “Merry Riana” Mimpi Sejuta Dollar, harusnya Filmini adalah Film perjuangan hidup Merry menggapai cita-citanya. Tepi nyatanya, lebih menonjolkan kisah percintaan antara Merry dengan Alva. Penonton akan lebih cendrung melihat kisah percintaanny, bukan Film perjuangan dan kerja keras seorang Merry seperti yang diinginkan untuk menginspirasi banyak orang.

v  Rangkuman
        Dari Film “Merry Riana”,dapat disimpulkan bahwa suatu mimpi harus diraih setinggi mungkin dengan Semangat, Kerja Keras, dan Disipiln maka semua akan berhasil diraih. Dalam Film ini disajikan pula kisah percintaannya mungkin agar para penonton lebihtertari akan film ini, Sutradara dan semua Crew yang terlibat di dalam film ini sukses mengangkat satu kisah nyata sosok seorang Merry Riana.
     
Sumber : https://googleweblight.com/?lite_url=https://davidadinugroho.wordpress.com/2015/04/21/teks-ulasan-film-merry-riana-mimpi-sejuta-dolar/&ei=WrJfnapW&lc=id-ID&s=1&m=372&host=www.google.co.id&ts=1463463704&sig=APY536zanvj9ikiVdQ53wKd0b2IPjER85w

Tidak ada komentar:

Posting Komentar