Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 10 Juni 2016

PROSTITUSI

DISUSUN OLEH : ANDIS SETIA PUTRI


Pernyataan umum
            Prostitusi atau pelacuran adalah penjualan jasa seksual, seorang yang menjual jasa seksual disebut pelacur yang sering disebut dengan istilah pekerja seks komersial ( PSK ). Seperti seks oral atau hubungan seks untuk uang. Pelacur wanita disebut sundal, lonte, sedangkan pelacur pria disebut gigolo.

Urutan sebab-akibat
            Kecenderungan melacurkan diri pada banyak wanita untuk menghindari diri dari kesulitan hidup dan mendapatkan kesenangan melalui jalan pendek kurang pengertian, kurang pendidikan dan buta huruf, sehingga menghalalkan pelacuran adanya nafsu-nafsu seks abnormal, tekanan ekonomi, ajakan teman-teman yang sudah terjun terlebih dahulu dalam dunia pelacuran berikut ini adalah sebab sebab timbulnya prostitusi dipihak pria antara lain : nafsu kelamin laki-laki untuk menyalurkan kebutuhan seks tanpa satu ikatan, ditugaskan ditempat jauh pindah kerja ditempat lain dan belum sempat atau tidak dapat memboyong keluarga, tidak mendapatkan kepuasan dalam penyaluran kebutuhan seks dengan partnernya atau istrinya. Terjadi perubahan yang serba cepat dan perkembangan yang sama dalam kehidupan mengakibatkan ketidakmampuan banyak individu untuk menyesuaikan diri sehingga timbul konflik-konflik internal atau eksternal dalam masyarakat dan dalam diri pribadi manusia. 
            Peristiwa – peristiwa tersebut memudahkan individu menggunakan pola reaksi yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku dalam hal ini adalah pelacuran. Adapun beberapa faktor pendorong timbulnya pelacuran antara lain yaitu tingginya biaya hidup sering tidak diimbangi dengan pemasukan yang ada, adanya keinginan dan dorongan manusia untuk menyalurkan kebutuhan seks khususnya diluar ikatan perkawinan, merosotnya norma-norma asusila dan keagamaan pada saat orang-orang mengenyam kesejahteraan hidup, semakin besarnya penghinaan orang terhadap martabat kaum manusia dan hakikat manusia dan bertemunya macam-macam kebudayaan asing dan lokal didaerah perkotaan. Semua perilaku pasti memiliki efek positif maupun negatif begitupun pelacuran merupakan perilaku yang menyimpang dari norma masyarakat, antara lain merusak sendi-sendi moral, asusila, hukum menyebabkan penyakit herpes yang ditularkan melalui hubungan seks dan bisa menyebabkan HIV-AIDS virus ini menyerang sel darah putih. Prostitusi sebagai masalah sosial yang sejak dulu sampai sekarang belum dapat dihapuskan. 
           Usaha untuk menanggulangi pelacuran ini sangat sulit dan membutuhkan waktu yang relatif lama. Beberapa alternatif solusi untuk mengatasi masalah sosial sebagai berikut yaitu penyempurnaan undang-undang tentang larangan pelacuran, penutupan lokalisasi tetap perlu dilakukan kecenderungan untuk selalu bernegosiasi dengan para germo yang tidak akan terselesaikan karena selalu berujung sia-sia, melakukan bimbingan bahwa perilaku hubungan seks yang berganti-ganti pasangan bisa menyebabkan penularan penyakit seks seperti HIV/AIDS dan serta melakukan pemberdayaan pada PSK yaitu membuka kursus keterampilan singkat bagi para penghuni lokalisasi dan mengadakan acara bimbingan rohani untuk memperbaiki keimanan dan keyakinan mereka.

Sumber : http://ilham-koto.blogspot.co.id/2015/01/makalah-tentang-prostitusi.html
http://ayuhanpard.blogspot.co.id/2012/07/makalah-prostitusi-tugas-patologi.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar