Follow Us @literasi_smkn23jkt

Senin, 13 Juni 2016

Judul : Teks eksplanasi “ Gerhana Bulan “




Disusun oleh : Feni Rizkyani




Pernyataan Umum
Gerhana bulan adalah peristiwa ketika Matahari – Bumi – Bulan terletak pada satu garis lurus di bidang tata surya sehingga bayangan bumi menutupi sebagian atau keseluruhan. Proses terjadinya gerhana bulan adalah saat bumi berada diantara matahari dan bulan pada satu garis yang sama. Adapun penumbra adalah bayangan kabur yang terjadi pada saat gerhana atau terjadinya bayangan pada benda gelap (tidak tembus pandang) pada bulan.
Jenis jenis gerhana bulan terdiri dari :
1)    Gerhana bulan total dibagi menjadi 2 :
·         Gerhana bulan total negative : bulan akan tepat berada pada daerah NTT dan warna bulan menjadi merah tetapi tidak rata
·         Gerhana bulan positif : Bulan melalui titik pusat daerah Umbra dan warna bulan menjadi merah merata
2)    Gerhana bulan sebagian adalah bumi seluruhnya menghalangi bulan dari sinar matahari
3)    Gerhana bulan penumbra adalah seluruh bagian bulan berada di penumbra
Urutan sebab akibat
            Saat bumi berada diantara matahari dan bulan pada satu garis yang sama. Akibatnya sinar matahari tidak sampai ke bulan karena terhalang oleh bumi. Itulah sebabnya pada saat gerhana blan,akan tampak berwarna gelap, biasa berwarna merah tembaga, jingga, ataupun coklat.
            Ketika gerhana bulan sedang berlangsung, upaya umat Islam yang melihat atau mengetahui gerhana tersebut disunahkan untuk melakkan shalat gerhana atau shalat khusuf. Gerhana bulan terjadi karena sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Hal itu terjadibila bumi terjadi diantara matahari dan bulanpada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi.
            BMKG mneyebutkan tidak ada dampak khusus akibat gerhana bulan, hanya saja kemungkinan besar air laut dan gelombang pasang akan ssedikit mengalami peninggian, tetapi masih dalam batas normal


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar