Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 28 November 2014

WRIGHT BROTHERS : Penemu Pesawat Terbang

Oleh : RERE SELVY

Wilbur Wright dan Orville Wright yang lebih dikenal dengan nama Wright Brothers (Wright Bersaudara) adalah dua anak temuda dari tujuh bersaudara yang lahir dari pasangan Milton Wright dan Susan Catherine Koerner.

Pada tahun 1878, ayahnya membelikan sebuah helipkopter mainan untuk dua anak mereka yang termuda. Wilbur dan Orville memainkannya hingga rusak, kemudian mereka memperbaiki mainan itu sendiri. Pada tahun-tahun pencetus untuk minat mereka terhadap penerbangan.

Wright Bersaudara pada awalnya mengelola sebuah toko di Dayton, Ohio. Toko tersebut menjual dan memperbaiki segala macam bentuk alat mekanik seperti sepeda, mobil, dll. Mereka mulai mempelajari masalah penerbangan pada tahun 1889.
Pemikiran Wright Bersaudara sangat dipengaruhi oleh kematian Lilienthal dan Perecy Pilcher, mereka berpendapat bahwa suatu kaedah kawalan uru terbang yang boleh diharap, bukannya kestabilannya terbina, tetapi jawaban untuk penerbangan yang selamat dan berjaya.

Pada tahun 1900, mereka pergi ke Kitty Hawk, Carolina Utara untuk meneruskan kerja penerbangan mereka. Mereka membuat tiga pesawat terbang layang bersayap kembar dan ketiganya dites di Pantai Kitty Hawk, Carolina Utara sebanyak 1000 kali penerbangan dan ternyata berhasil dengan sukses. Kemudian mereka membuat mesin motor ringan dan dipasangkan dipesawatnya yang keemapat, yang dinamakan Wright Flyer

Dalam cuaca dingin yang mendung pada tanggal 17 Desember 1903 tepatnya pada pukul 9.30 pagi hari waktu setempat, Wright Bersaudara menerbangkan untuk pertama kalinya pesawat udara berkendali sejauh empat mil yang mengangkasa selama 12 detik yang dikemudikan oleh Orville. Penerbangan tersebut pada awalnya dinamai Wright Flyer, tetapi sekarang lebih dikenal dengan nama Kitty Hawk. Penerbangan tersebut merupakan penerbangan pesawat yang pertama dalam sejarah.

Institusi Smithson kemudian mempamerkan mesin :"Aerodrome" sebagai kapal terbang yang lebih berat daripada uadara yang "berupaya" membuat penerbangan berkuasa yang dianggotai dan dengan itu, mengetepikan dan meletakkan pencapaian Wright Bersaudara pada taraf sekunder. Oleh karena itu, Orville membalas dengan meminjam Flyer kepada Muzium Sains London. Beliau menyatakan bahwa Flyer itu tidak akan diderma oleh Institusi Smithson sehingga Wilbur Wright meninggal dunia pada tahun 1912 dan diperakui sebagai "Bapa-bapa Penerbangan Berkuasa".
Ohio menggunakan kata "Tempat Kelahiran" yang tidak resmi dan Carolina Utara menggunakan kata "Pertama Untuk Penerbangan". Kedudukan negeri ini dapat dipertahankan melalui fakta telah memainkan peranan yang penting dalam sejarah penerbangan dan kedua negeri ini tidak dapat membuat tuntutan yang sepenuhnya terhadap pencapaian Wright Bersaudara.
Sudah sepantasnya meereka dihargai atas desain dan perancangan pesawat terbang efektif yang pertama dan membuat penerbangan terkendali pertama menggunakan pesawat terbang bermesin yang lebih berat daripada udara dan bersama dengan pendiri tonggak sejarah lainnya dalam bidang era dirgantara.

Sumber :
Buku "Jalan Menuju Sukses"
http://id.wikipedia.org/wiki/Wright_Bersaudara
http://penemu-ilmuwan.blogspot.com/2013/04/mengenal-wright-bersaudara-si-penemu.html
http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/01/biografi-wright-bersaudara.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar