Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 27 November 2014

Isaac Newton : Si jenius Penemu sistem dunia


 Oleh : Rahayu Laraswati



Sir Isaac Newton adalah seorang fisikiawan Matematika, ahli astronomi dan juga ahli kimia yang berasal dari inggris, ia juga ilmuan paling besar dan paling berpengaruh yang pernah hidup di dunia, lahir di Woolsthrope inggris tepat pada hari Natal tahun 1642 bertepatan tahun dengan meninggalnya Galilleo.
Newton lahir secara prematur, Ayahnya Isaac meninggal tiga bulan sebelum kelahiran Newton, dan dua tahun kemudian Ibunya Hannah Ayscough Newton menikah dengan lelaki lain dan meninggal.

Dimasa bocah dia sudah menunjukan kecakapan yang nyata dibidang mekanika dan teramat cekatan menggunakan tangannya. Sejak usai 12 hingga 17 tahun, Newton mengenyam pendidikan di sekolah The King School yang terletak di Granha, keluarganya megeluarkan Newton dari sekolah dengan alasan agar dia menjadi petani, bagaimana pun  Newton tidak menyukai pekerjaaan barunya, tapi pada akhirnya setelah meyakinkan Ibunya dan keluarganya dengan bantuan Paman dan Gurunya.Newton dapat menamatkan sekolah pada usia 18 tahun dengan nilainya yang memuaskan, pada umur 18 tahun dia masuk Universitas Combridge. Disinilah newton secara kilat menyerap apa yang kemudian terkenal dengan Ilmu pengetahuan Matematika dan dengan cepat dan dengan cepat mulai melakukan penyelidikan sendiri. Antara usia 21 dan 27 tahun, dia sudah meletakan dasar-dasar teori Ilmu Pengetahuan yang pada gilirannya kemudian mengubah dunia.

Dengan berbagai hasil karya ilmiahnya yang dicapai Newton menulis sebuah buku Philosophiae Naturalis Principia Mathematica, pada buku tersebut dideskripsikan mengenai teori Gravitasi secara umum berdasarkan hukum gerak yang ditemukannya, dimana benda akan tertarik kebawah karena Gaya Gravitasi. Newton menegmbangkan teori kalkulus, Newton merupakan orang pertama yang menjelaskan tentan teori gerak dan berperan penting dalam merumuskan gerakan melingkar dari hukum kepler.

Tak lain dari Isaac Newton orangnya yang sanggup menyuguhkan kumpulan teori yang terangkum rapi dan meletakan batu pertama ilmu pengetahuan modern yang kini harusnya jadi panutan orang. Newton sendiri tidak ingin menerbitkan dan mengumumkan penemuan-penemuannya.Newton menemukan fakta bahwa apa yang lazim disebut orang “Cahaya Putih” sebenarnya tak lain dari campuran semua warna yang terkandung dalam pelangi.

Keberhasilan Newton dibidang optik saja mungkin sudah memadai untuk mendudukan Newton ada urutan daftar buku ini, penemuan penemuan ini yang terpenting adalah dibidang Mekanika, pengetahuan sekitar tergeraknya suatu benda

Hukum Newton sudah dipergunakan dalam skala luas bidang ilmiah serta bidang perancangan bebrbagai peralatan teknis. Dalam masa hidupnya, pemraktekan yang paling dramatis adalah dibidang Astronomi. Disektor inipun Newton berdiri paling depan. Tahun 1678 Newton menerbitkan buku karyanya yang mashyur didalam buku ini newton mengemukakakn teori tentang gaya berat dan hukum gerak, dia menunjukan bagaimana hukum-hukum itu dapat dipergunakan untuk memperkirakan secara tepat gerakan-gerakan planet-planet seputar matahari, Isaac Newton meninggal pada 31 Maret 1727 di Kensington, London Britania Raya


Pendapat kepala Akademi Ilmiah Berlin tentang Newton : “ Newton ialah seorang jenius besar yang pernah ada dan paling beruntung, yang tak bisa kita temukan lebih dari seratus sistem dunia untuk didirikan “.

Referensi  :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar