Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 28 November 2014

TAUFIK HIDAYAT: SANG MASTER BACK HAND

Oleh: Rizki Dwi Rahayu

  

Taufik Hidayat adalah putra pasangan artis dari Aris Haris dan Enok Dartilah. Ia lahir di Bandung, Jawa Barat, pada tanggal 10 Agustus 1981, yang saat ini berumur 33 tahun. Ia adalah pemain bulu tangkis tunggal putra dari Indonesia yang berasal dari klub SGS Elektrik Bandung dengan tinggi badan 176 cm. 

Taufik Hidayat pernah meraih medali emas untuk Indonesia pada Olimpiade Athena 2004 dengan mengalahkan Seung Mo Shon dari Korea Selatan di babak final. Selain itu pada 21 Agustus 2005, dia menjadi juara dunia dengan mengalahkan permain peringkat 1. Ia juga menjadi pemain tunggal putra pertama yang memegang gelar Kejuaraan Dunia BWF dan Olimpiade. Kemudian ia memegang gelar juara tunggal putra Asian Games (2002, 2006). 

Taufik Hidayat telah membanggakan nama Indonesia, prestasi yang paling tinggi di capainya adalah Juara US Open, Juara Olimpiade, Juara Kejuaraan Dunia, BWF, dan masih banyak lagi prestasi yang di dapat, baik tingkat nasional maupun internasional.

Selain keberhasilan yang di raih Taufik Hidayat ada juga kegagalan yang di dapatnya. Yaitu ketika tampil di Olimpiade Beijing 2008, dia langsung kalah di pertandingan pertamanya melawan Wong Choong Hann di babak kedua.

Taufik Hidayat menikahi Ami Gumelar, putri Agum Gumelar dan Linda Amalia Sari. Mereka dikaruniai 2 orang anak, anak pertamanya seorang puteri yang bernama Alifah Hidayat yang lahir pada tanggal 3 agustus 2007, dan akan keduanya seorang putera yang bernama Nayutama Prawira Hidayat yang lahir pada tanggal 11 juni 2010.

Pada tahun 2013 Taufik Hidayat memilih untuk tidak menjadi pemain bulu tangkis, dan sekarang menjadi pebisnis dengan Yonex dalam pengadaan alat olah raga.

                          http://id.wikipedia.org/wiki/Taufik_Hidayat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar