Follow Us @literasi_smkn23jkt

Jumat, 28 November 2014

Adele : 1 dari 100 Orang Berpengaruh di Dunia

Oleh : Agustina Putri

Adele Laurie Blue Adkins lahir pada 05 mei 1988 di Tottenham, London, UK. Dia adalah anak tunggal pasangan Penny Adkins dan Mark Evans. Namun sang ayah telah pergi sejak Adele berusia 2 tahun. Ia pun sempat mengaku belum bisa memaafkan sikap ayahnya itu. Musik sudah menjadi kecintaan Adele sejak usia 4 tahun. Pada usia 11 tahun, Adele dan ibunya pindah ke Wesh Norwood, London Selatan. Ia sering tampil di pertunjukan yang digelar sang ibu dengan membawakan lagu-lagu milik Spice Girls. Adele pertama kali menulis lagu ciptaannya sendiri,”Hometown Glory” di usia 16 tahun.

Kecintaan Adele pada musik berlanjut hingga bangku kuliah. Selepas lulus dari The BRIT School for Performing Arts & Technology pada mei 2006, Adele merupakan penyanyi dan penulis lagu. Adele sering menggungah lagu ciptaanyadi situs PlatfromsMagazine.com dan MySpace. Ia mulai terkenal di media online menapaki babak baru dalam karier bermusik ketika lagunya menarik perhatian XL Recordings. Adele menikahi sang kekasih bernama Simon Konecki. Adele memulai karie profesionalnya dengan menyumbang suara di lagu “my yvone” milik Jack Penate setelah bergabung dengan September Management dan XL recordings di 2006. Ia kemudian merilis single perdananya,”Hometown Glory”, 22 Oktober 2007. Setahun kemudian, Adele berhasil merilis debut album”19” lagu andalannya,”Chasing Pavements”, yang dirilis pada 28 Januari 2008 berhasil meraih posisi puncak tangga lagu di Inggris dan Bilboard Hot 100.

Vocal  Adele sanggup membawa album perdananya itu masuk nominasi dan mendapatkan penghargaan “19” tercatat sebagai nominator ajang Mercury Prize 2008. Album berisi 12 lagu ini juga memborong 2 piala Grammy Awards 2009 untuk kategori Best Female Pop Vokal dan Best New Artist. Adele kembali hadir lewat album kedua,”21” di 2011. Album ini diakui Adele terinspirasi dari kisah cintanya. Di album tersebut, Adele mencoba mengusung genre musik country yang dipadukan blues. Lagu “someone like you” dari “rolling in the deep” yang juga termasuk dalam “21” berhasil meraih posisi di 5 besar tangga lagu Inggris. Pencapaian tersebut merupakan prestasi besar menyamai rekor The Beatles di 1964. Prestasi Adele di album kedua tak berhenti sampai disitu. Adele sukses mengalahkan catatan rekor album Back to Black” milik Amy Winehouse sebagia album paling laris di sepanjang abad ke-21 dengan terjual sebanyak 3,4 juta copy di Inggris. Adele merupakan penyanyi kedua setelah Beyonce Knowles yang membawa pulang 6 piala Grammy Awards sekaligus. Prestasi lainnya Adele yang disebut sebagai 1 dari 100 orang berpengaruh di dunia versi majalah Time. Ia juga mendapat penghargaan Diamond Cefications dari RIAA. Ia juga berhasil memenangkan piala Golden Globe Award (2013) dan Academy Awards (2013) kategori Best Original Song dan ditahun yang sama Adele kembali meraih Trofi Grammy Awards kategori Best Solo Pop Performance untuk lagu”Set Fire to the Rain”.

Adele memliki sifat yang baik dan tidak pernah menyerah untuk maju meskipun ia telah dikritik oleh Joan Rivers dan Lady Gaga yang menganggapnya terlalu gemuk. Namum kritikan membuat Adele tetap berkarya.

Seharusnya Adele pantas diidolakan karena ia pekerja keras, pantang menyerah, dan gigih dalam pekerjaannya walaupun ia telah dikritik oleh orang lain ia tetap tidak pernah menyerah untuk maju. Adele juga mempengaruhi artis Amerika, Demi Lovato mengatakan “Adele adalah penyanyi terbaik dan Adele menjadi inspirasi saya di album studio keempat saya”. Perjuangan Adele untuk mencapai kesuksesan cukup berat, hingga ia berhasil menjadi penyanyi yang terkenal didunia hingga ia mendapat sebutan sebagai 1 dari 100 orang berpengaruh di dunia musik.

Diadaptasi dari : 
http://id.wikipedia.org/wiki/Adele 
http://www.wowkeren.com/seleb/Adele/bio.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar