Follow Us @literasi_smkn23jkt

Kamis, 27 November 2014

Alexander Graham Bell: Sang Penemu Telepon

Oleh : Dwi Lestari

Alexander Graham Bell adalah seorang pengajar bicara bagi orang yang tuli di Skotlandia. Beliau yang akrab disapa Bell ini dilahirkan pada 3 Maret 1847 di Brit Raya Edinburg-Skotlandia. Ayah Bell yang bernama Alexander Melville Bell adalah seorang psikolog dan elocution atau lebih sederhana adalah ahli dalam mengajari orang-orang tuli untuk berbicara. dan ibu Bell bernama Eliza Grace Symonds. Istri Bell bernama Mabel Gardiner Hubbard. Mereka menikah pada 11 Juli 1877. setelah menikah, mereka mempunyai dua putra (telah meninggal) yang bernama Robert Bell, Edward Bell, dan dua orang putri yang bernama Elsie Bell dan Marian Hubbard Bell.

Bell, dididik di Royal High School of Edinburgh, dia lulus pada usia tiga belas tahun. Pada usia enam belas dia mendapatkan posisi sebagai guru-murid dari seni deklamasi dan musik di Weston House Academy, di Elgin di Morayshire. Tahun berikutnya dia mengenyam pendidikan di Universitas Edinburgh. Dari 1866-1867 dia menjadi seorang instruktur di Somersetshire College di Bath, Inggris.

Selain mengajar, Alexander Graham Bell juga melakukan penelitian tentang telegraph, electric speaking dan photonograph. Selama melakukan penelitian dia dibantu oleh temannya yang bernama Thomas Watson. Impian Bell adalah menciptakan alat komunikasi khusus yang menggunakan transmisi gelombang listrik.

Alexander Graham Bell dan Thomas Watson melakukan penelitian ini dimulai tanggal 2 Juni 1875 dan berhasil dipatenkan pada dua tahun kemudian yaitu pada tanggal 7 Maret 1876. Titik sejarah telepon ini ditandai dengan kesuksesannya mengirimkan suara pada tanggal 10 Maret 1876.

Dia adalah penerima banyak penghargaan. Pemerintah Perancis memberikan dekorasi dari Legio d’Honneur (Legion of Honor), Academie Francaise menganugerahinya Hadiah Volta dari 50.000 Franc, Royal Society of Arts di London diberikan kepadanya mendali Albert pada tahun 1902, dan university of Wurzburg, Bavaria, diberikan kepadanya Derajat Ph.D.

Dia meninggal di Baddeck, Nova Scotia pada tanggal 2 Agustus 1922 (umur 75). Karena komplikasi akibat diabetes. Hingga saat ini namanya selalu dikenang sebagai orang yang telah berjasa menemukan alat yang sangat penting yaitu telepon.  Dan sampai sekarang msih digunakan.

Alexander Graham Bell adalah ilmuan hebat yang telah berjasa menemukan alat canggih yaitu telepon. Sudah sepantasnya sosok ini selalu dikenang. Dan pada tahun 2004, dinominasikan sebagai salah satu 10 top “Greatest Kanada” oleh pemirsa dari Broadcasting Corporation Kanada.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar